3 Keluhan Ibu Hamil Pada Trisemester Pertama

Posted on

Nurulku.com – Mengenali apa saja keluhan ibu hamil pada trisemester pertama sangat penting sekali. Mengapa? karena pada umumnya ibu hamil di trisemester pertama mengalami perubahan yang cukup drastis. Sehingga menimbulkan gejala keluhan-keluhan ibu hamil trimester 1 yang diderita namun jika belum terbiasa akan cemas dan panik. Pasalnya semua keluhan yang diderita bersifat wajar dan normal.Sama halnya seperti pada Keluhan Ibu Hamil Trimester 2  maupun Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3. Keluhan-keluhan pada ibu hamil trimester 1 2 3 itu adalah umum dan wajar terjadi, jadi bagi anda yang sedang hamil dan mengalami keluhan kehamilan jangan sampai panik!

Keluhan pada ibu hamil trimester 1
Keluhan pada ibu hamil trimester 1

Lantas, apa saja keluhan ibu hamil pada trisemester pertama ini? Yuk, simak ulasan informasinya dibawah ini.

Ini keluhan ibu hamil pada trisemester pertama

  • Mual

Keluhan pada ibu hamil trimester 1 yang paling sering terjadi ialah mengalami Mual. Umumnya keluhan ibu hamil pada trisemester pertama ini adalah sering merasa mual. Penyebabnya adalah karena hormon yang ada didalam tubuh tidak stabil. Iya, memang keluhan ini tidak membahayakan namun bisa menyebabkan nafsu makan menurun. Seiring dengan bertambahnya usia kandungan akan berkurang sendiri. Jadi, Anda jangan cemas dan khawatir seandainya mengalami keluhan-keluhan saat hamil. Semuanya bisa diatasi dengan cara mengatur pola makan sedikit tetapi berkali-kali, minum air putih banyak, istirahat cukup dan menghindari makanan yang berlemak.

  • Nyeri punggung

Selanjutnya keluhan ibu hamil pada trisemester pertama adalah nyeri punggung. Keluhan nyeri punggung ini biasanya disertai dengan pembengkakan di area kaki dan pegal-pegal di leher. Nah, jika saat hamil mengalami keluhan tersebut cara mengatasinya yakni dengan istirahat cukup atau bisa juga berendam air hangat. Dengan istirahat cukup atau berendam dengan air hangat rasa nyeri yang dirasakan akan terasa sedikit berkurang. Ingat ya! Jangan melakukan tindakan memijat. Jika Anda ingin pijat sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter dan gunakan jasa pijat tenaga ahli.

  • Perubahan mood dan mudah lelah

Adapun salah satu keluhan ibu hamil pada trisemester pertama yaitu mudah lelah dan terjadi perubahan mood. Penyebabnya adalah ibu hamil mengalami perubahan hormon pada tubuhnya. Akibatnya ibu hamil ini sering emosional serta malas untuk melakukan aktivitas. Semua keluhan tersebut bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih. Dengan begitu keluhan mudah emosional serta malas melakukan aktivitas bisa teratasi.

Nah, itulah tadi keluhan ibu hamil pada trisemester pertama. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai keluhan ibu hamil pada trisemester pertama bermanfaat.

Baca juga: Promavit dan Folamil Genio: Mana yang Lebih Baik?