3 Makanan Sehat Wanita Hamil Pada Trisemester Ketiga

Posted on

Nurulku.com – Memenuhi makanan sehat wanita hamil pada trisemester ketiga harus diperhatikan baik-baik. Karena pada saat tersebut wanita hamil ini sudah mulai mempersiapkan proses persalinan. Sehingga asupan nutrisi yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhannya. Sebab hal ini bisa mempengaruhi perkembangan otak dan bagian organ tubuh janin (perkembangan janin trimester 3). Oleh karena itu Anda harus memperhatikan betul menu makanan ibu hamil trimester 3 serta nutrisi makanan yang harus ibu hamil tersebut konsumsi pada saat trisemester ketiga.

Makanan Sehat Wanita Hamil Pada Trisemester Ketiga
Makanan Sehat Wanita Hamil Pada Trisemester Ketiga

Lalu, makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi wanita hamil pada trisemester ketiga ini pada menu makanan ibu hamil trimester 3 nya? Yuk, simak ulasan informasinya.

Ini beberapa makanan sehat wanita hamil pada trisemester ketiga

  • Kalori

Makanan sehat wanita hamil pada trisemester ketiga yang dibutuhkan adalah kalori. Mengapa? karena makanan berkalori bisa membantu proses persalinan. Pasalnya kebutuhan kalori pada wanita hamil ini bisa mencapai 70.000 sampai 80.000 per harinya. Terutama pada saat memasuki minggu-minggu yang terakhir. Hemmm…. kebutuhan kalori ini bertambah sebanyak 285 sampai 300 kalori setiap harinya. Adapun kalori yang dibutuhkan wanita hamil untuk membantu pertumbuhan plasenta, menambah besarnya volume darah serta cairan didalam ketuban.

  • Vitamin B6

Bahwasannya menu makanan sehat wanita hamil pada trisemester ketiga adalah vitamin B6. Pasalnya vitamin tersebut bisa membantu sistem metabolisme pada tubuh yakni dengan memproduksi lemak, asam amino, karbohidrat dan sel darah merah. Kebutuhan vitamin B6 pada saat hamil bisa mencapai 2,2 miligram setiap harinya. Anda bisa menemukan vitamin B6 di buah-buahan, seperti alpukat, pisang, semangka, tomat dan melon. Sedangkan untuk sayurannya, yaitu kentang, bayam, kembang kol, paprika, sawi, brokoli,lobak dan asparagus. Selain bisa Anda temukan di buah dan sayur, ternyata vitamin B6 bisa ditemukan pada daging, ikan dan gandum.

  • Yodium

Perlu Anda ketahui bahwa makanan sehat ibu hamil pada trisemester ketiga adalah yodium. Kebutuhan akan yodium pada trisemester ketiga sangat penting karena untuk membentuk senyawa tiroksin. Manfaat senyawa ini bisa mengontrol metabolisme proses pembentukan sel yang baru. Namun jika mengkonsumsi yodium terlalu berlebihan juga bisa berakibat janin berukuran besar. Sedangkan batas ideal konsumsinya sekitar 175 mikrogram per hari. Anda bisa menemukan yodium pada rumput laut, ikan tuna, ikan salmon, garam yodium dan ikan kering.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai makanan sehat wanita hamil pada trisemester ketiga yang harus terdapat pada menu makanan ibu hamil.

Baca juga: Tanda – tanda Keguguran Hamil Muda