5 Jenis Makanan yang Tepat untuk Meredakan Panas Dalam

Posted on
5 Jenis Makanan yang Tepat untuk Meredakan Panas Dalam
5 Jenis Makanan yang Tepat untuk Meredakan Panas Dalam

Istilah ‘PANAS DALAM‘ di dunia medis sebenarnya tidak dikenal, namun kebanyakan orang menganggap bahwa panas dalam termasuk jenis penyakit, padahal sebenarnya panas dalam hanyalah sebuah kondisi tubuh yang mengalami panas berlebihan. Selain itu, sebenarnya panas dalam itu sendiri adalah suatu indikator bahwa tubuh akan terkena penyakit tertentu yang lebih serius, contohnya seperti demam berdarah, paru-paru dan juga TBC.

Ada beberapa faktor penyebab panas dalam, biasanya yang paling sering terjadi adalah panas dalam yang disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak yang terlalu berlebihan, salah satu contohnya adalah makanan-makanan yang penuh minyak seperti gorengan. Selain itu, ada juga panas dalam yang disebabkan oleh pergantian cuaca yang drastis, kekurangan vitamin C hingga karena dehidrasi. Biasanya, dibanding orang dewasa, anak-anak lebih sering terkena panas dalam, sebab pada dasarnya daya tahan tubuh anak-anak relatif lebih lemah daripada orang dewasa.

Sementara itu, bila berbicara mengenai panas dalam, maka hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah mengenai gejalanya. Gejala panas dalam dapat dilihat dari berbagai aspek, mulai dari bibir pecah-pecah, sariawan, bau mulut yang tidak sedap, radang tenggorokan yang mengakibatkan seseorang merasa kesulitan untuk menelan makanan hingga kondisi tubuh yang merasa meriang/demam dan bahkan ada juga mengalami gejala susah tidur.

Gejala-gejala yang seperti itu tentunya sangat mengganggu, namun untungnya, panas dalam tergolong cukup mudah untuk diredakan, sebab hanya dengan mengkonsumsi makanan tertentu maka anda akan segera terbebas dari gangguan panas dalam. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat meredakan panas dalam :

  • Air Kelapa Muda

    Seperti yang sudah disebutkan diatas, salah satu penyebab panas dalam adalah dehidrasi. Oleh sebab itu, untuk meredakannya maka anda perlu minum air yang cukup banyak untuk meredakannya. Namun, agar dehidrasi tersebut segera ditanggulangi, maka air kelapa muda merupakan minuman yang paling tepat ketika sedang mengalami panas dalam. Selain sebagai pengganti cairan tubuh, air kelapa muda juga mengandung beragam komponen penting yang memang berguna untuk meredakan panas dalam. Komponen-komponen tersebut diantaranya seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, ribotflavin, asam folat, potasium (kalsium), kalsium, magnesium dan klorida.

  • Kacang Hijau

    Kacang hijau adalah salah satu jenis makanan bernutrisi lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Ada beragam nutrisi penting yang dikandung kacang hijau, diantaranya seperti protein, asam amino, mineral, vitamin A, B1 serta lemak. Untuk meredakan panas dalam dengan menggunakan cara ini maka anda perlu merebus kacang hijau bersama dengan jahe dan gula batu.

  • Kencur

    Kebanyakan orang biasanya hanya mengetahui bahwa kencur dapat digunakan sebagai obat batuk, padahal sebenarnya salah satu rempah yang umumnya dijadikan sebagai bumbu dapur ini dapat juga dijadikan sebagai pereda panas dalam. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu memarut sebuah kencur yang besarnya seruas ibu jari. Setelah itu, tambahkan air hangat dan satu sendok makan madu. Minum ramuan ini ketika panas dalam, minimal dua kali dalam sehari.

  • Telur Ayam Kampung

    Seperti yang kita ketahui, telur ayam kampung merupakan salah satu jenis makanan yang kaya gizi, mulai dari asam amio, omega3 hingga vitamin E. Untuk meredakan panas dalam dengan telur ayam kampung, anda hanya membutuhkan telur ayam kampung yang direbus setengah matang lalu campurkan dengan satu sendok makan madu dan sari kunyit.

  • Cincau

    Cincau merupakan salah satu jenis makanan kaya serat dan bersifat mendinginkan, sehingga sudah pasti akan efektif untuk meredakan panas dalam. Konsumsi cincau minimal dua kali dalam sehari bila anda sedang mengalami panas dalam.

Itulah beberapa jenis makanan yang cukup efektif untuk mengatasi panas dalam yang mengganggu. Rata-rata jenis makanan tersebut memang cukup enak untuk dikonsumsi, sehingga anak-anak atau balita sekalipun dapat meredakan panas dalam yang mereka alami dengan cara tersebut.