6 Cara Merawat Celana Jeans Supaya Awet

Posted on

Ada banyak sekali rahasia di balik awetnya celana jeans yang kita punyai itu. Salah satunya yaitu dengan merawatnya dengan baik dengan cara menyuci, menyeterika, dan juga menyimpannya. tetapi bagaimana cara Merawat Celana Jeans Supaya Awet ?

6 Cara Merawat Celana Jeans Supaya Awet

Dan perlu diketahui sebenarnya, semakin kita rajin dalam merawat celana jeans, maka semakin nyaman pula kita untuk memakainya. Makin penasaran kan gimana caranya? yuk,langsung dibaca deh dibawah ini 🙂

 

  1. Sebelum Mencuci

-Perhatikan pula label dalam perawatan celana jeans. Setiap jeans mempunyai ketentuan perawatan yang sangat berbeda, tergantung pada bagian serat bahan dan juga campuran warnanya.

-Pisahkan celana jeans dari pakaian lainnya sebelum anda merendam dan menyucinya. Jika ingin segera memasukkan celana jeans ke dalam mesin cuci, pastikan anda tak mencampurnya dengan pakaian yang lain.

 

  1. Saat Mencuci

-Rendam dan cuci celana jeans dengan banyak air hangat. Hindari dengan air yang dingin atau terlalu panas karena bisa saja akan memudarkan warna asli pada celana jeans.

– Jika memakai mesin cuci, pergunakan temperatur ke suhu 40 derajat untuk celana jeans berwarna gelap dan suhu 60 derajat untuk warna yang lebih muda. Sementara itu pula, jika manual, kucek ataupun sikat saja secara perlahan-lahan celana jeans anda tersebut.

-Hindari cara pemakaian deterjen yang banyak mengandung fluorescent karena bisa untuk mengubah warna asli celana jeans tersebut.

 

  1. Saat Mengeringkan

-Keringkan celana jeans secara alami ataupun peras secara perlahan-lahan, jangan terlalu keras.

-Jemur dan juga atur celana jeans tersebut supaya jatuhnya cahaya matahari mengarah miring ataupun diagonal ke posisi celana jeans yang menggantung. Ini untuk bisa menghindari cahaya matahari yang panas yang bisa untuk memudarkan warna asli celana jeans.

-Jika ingin mencoba mengeringkan dengan sebuah mesin cuci, pisahkan celana jeans dari pakaian lainnya dan pergunakan temperatur suhu 60 derajat.

 

  1. Saat Menyeterika

Setrika celana jeans anda dengan membalikkan sisi dalamnya ke bagian luar, lalu anda coba untuk menyetrika. Segera hindari suhu yang terlalu panas.

 

  1. Saat Menyimpan

Untuk bagian jaket, kemeja, rompi, ataupun rok, maka sebaiknya gantung ke dalam tempat lemari supaya lebih rapi. Sementara untuk celana boleh saja memilih cara melipat supaya lebih hemat tempat di dalam lemari.

 

  1. Seberapa Sering ?

-Sesuaikan juga kondisi celana jeans anda dengan tempat dan aktivitas pada saat kita juga memakainya. Jika dalam sekali pakai celana jeans telah terlihat sangat kotor, maka jangan ragu untuk segera anda untuk menyucinya.

-Untuk kemeja dan juga blus, coba sebaiknya anda cuci setiap kali selesai dalam beraktivitas.

-Jaket dan rompi cukup anda jemur atau dianginkan saja setiap kali selesai dipakai. Cuci setelah 3 sampai 4 kali pemakaian.

 

Dengan cara seperti itu, celana jeans kesayangan Anda akan nampak selalu bersih dan juga terlihat awet. Ditambah lagi, Anda akan nampak selalu gaya dengan balutan celana jeans yang selalu menjadi tren sepanjang Zaman ini.