6 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Posted on

Menjaga kesehatan mata memang sangat perlu dilakukan, terlebih lagi dengan perkembangan teknologi dan beragam aktivitas yang Anda jalani seperti sekarang. Ya, aktivitas dan perkembangan teknologi bisa saja membuat Anda menderita penyakit mata. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk merawat kondisi mata secara rutin dan teratur.

Tips Menjaga Kesehatan Mata
Tips Menjaga Kesehatan Mata

Aktivitas seperti membaca buku, bermain game, menatap layar monitor, dan berbagai kegiatan yang serupa bisa saja membuat Anda terserang penyakit mata. Miopi misalnya. Penyakit ini merupakan disfungsi mata yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat objek jauh. Selain miopi, masih banyak lagi gangguan mata lainnya yang bisa sewaktu-waktu Anda derita.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut adalah kumpulan tips yang berguna untuk merawat dan menjaga kesehatan mata Anda:


 

  1. Mengatur jarak pandang

    Mengatur jarak pandang untuk beberapa aktivitas seperti membaca, menonton TV, dan menatap monitor adalah cara paling mudah untuk merawat mata. Dengan begitu, mata pun akan lebih terjaga kesehatannya.

    Idealnya, jarak aman melihat layar monitor dan TV sendiri sekitar 50 – 100 cm, itu pun tergantung dari lebarnya layar. Semakin lebar layar, maka semakin jauh juga jarak amannya. Sedangkan untuk membaca buku, Anda dianjurkan untuk membaca dengan jarak 30 – 40 cm.


     

  2. Perbanyak konsumsi buah
    Menjaga kesehatan dengan buah
    Menjaga kesehatan dengan buah

    Menjaga kesehatan dengan buah sendiri sudah cukup sering digunakan. Selain mudah, cara ini juga cenderung cocok untuk semua kalangan. Buah sendiri memang tergolong ke dalam makanan yang baik untuk mata, apalagi jika buah tersebut kaya akan vitamin A.

    Nah, di antara semua jenis buah, berikut adalah beberapa jenis buah yang bagus untuk kesehatan mata:

    1. melon
    2. nangka
    3. aprikot
    4. tomat
    5. mangga


  3. Istirahatlah yang cukup
    cara efektif menjaga kesehatan mata
    cara efektif menjaga kesehatan mata

    Melakukan istirahat sedikitnya 7 jam per hari akan membuat mata Anda lebih sehat dan terawat. Dengan cara ini, kondisi mata Anda akan lebih segar dan sehat. Kendati sederhana, namun cara efektif menjaga kesehatan mata ini sangatlah ampuh membuat mata menjadi lebih sehat dan terawat.


     

  4. Hilangkanlah kebiasaan mengucek mata
    Tips menjaga kesehatan mata
    Tips menjaga kesehatan mata

    Mengucek mata memang dinilai mampu mengurangi rasa gatal pada mata. Tapi tahukah Anda, ternyata kegiatan ini justru akan membawa pengaruh buruk pada mata. Ya, saat Anda melakukan kegiatan ini, mata Anda akan menderita iritasi.

    Saat Anda mengucek mata, maka iritasi tersebut akan semakin parah dan membuat mata Anda memerah. Bahkan jika terus dilakukan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami infeksi akibat kegiatan ini.


  5. Gunakan pelindung mata

    Tips menjaga kesehatan mata ini umumnya digunakan oleh pengendara sepeda motor, sepeda, dan olahragawan. Dengan cara ini, mata mereka akan lebih terjaga dari debu dan kotoran saat berkendara. Dengan begitu, mata Anda pun akan lebih sehat dan terawat.


     

  6. Periksakan kondisi mata secara rutin

    Baik Anda menderita penyakit mata atau pun tidak, memeriksakan kondisi mata adalah perkara yang sangat dianjurkan. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui kondisi mata Anda dengan baik. Jadi, saat terindikasi menderita sebuah penyakit, Anda akan lebih mudah dalam hal penanggulangan atau semacamnya.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga kondisi mata Anda. Umumnya, kegiatan menjaga kesehatan mata di atas haruslah diimbangi dengan asupan makanan bernutrisi dan kebiasaan baik untuk menjaga kondisi mata, seperti membaca dan melihat layar monitor dengan jarak ideal.