8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Apakah Anda tidak menyukai bau bawang putih? Walau bawang putih mempunyai bau yang tidak enak, ternyata sejak dulu bawang putih dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Bawang putih mempunyai berbagai manfaat tak hanya untuk kesehatan namun juga kecantikan. Bawang putih adalah obat dan termasuk rempah-rempah yang banyak sekali digunakan masyarakat Indonesia, India, dan negara-negara yang lainnya.

Makanan akan dianggap tidak lengkap jika tidak ditambahkan bawang putih di dalamnya. Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih mempunyai berbagai manfaat lainnya. Berikut ini adalah manfaat bawang putih :

bawang putih dimanfaatkan untuk mengobati

Bawang Putih dan Manfaatnya

  1. Mengobati Asma

Ternyata bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit Asma. Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati asma pun cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur 10 tetes jus bawang putih dengan 2 sendok makan madu dalam segelas air. Minumlah setiap hari untuk bisa mengontrol serangan asma.

  1. Bawang putih obat alami sakit tenggorokan

Selain dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma, bawang putih dapat kamu gunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggoraokan. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan jus bawang putih dengan air panas kemudian berkumurlah dengn campuran tersebut. Lakukan selama beberapa kali untuk bisa mengobati sakit tenggorokan.

  1. Bawang putih atasi batuk

Untuk mengatasi penyakit batuk, kamu juga bisa menggunakan bawang putih. Caranya pun mudah yaitu cukup Tambahkan 20 tetes jus bawang putih dengan segelas jus delima. Hal ini bisa membantu menyembuhkan segala macam batuk kamu.

  1. Bawang putih bisa menghilangkan jerawat

Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, bawang putih juga dapat kamu gunakan untuk kecantikan yaitu menghilangkan jerawat. Cukup Oleskan jus bawang putih ke jerawat selama 5 menit. Jangan mengoleskan ke jerawat dalam jangka waktu lama seperti dioleskan ketika mau tidur dan dibiarkan hingga bangun tidur, 5 menit saja sudah lebih dari cukup. Lakukan dengan teratur dan lihat perubahan nya.

  1. Mengobati Kebotakan

Untuk yang satu ini, mungkin belum banyak yang tahu kalau Bawang Putih juga bisa digunakan untuk mengobati kebotakan. Bawang putih bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk bisa mengobati kebotakan. Cara menggunakan untuk mengatasi kebotakan pun terbilang mudah. Yaitu Oleskan jus bawang putih tersebut ke titik-titik rambut. Lakukan dua kali dalam sehari dan hindari terkena mata. Lakukan secara rutin ya agar terasa efeknya

  1. Menghilangkan Kutu Rambut

Tak hanya untuk kebotakan, ternyata bawang putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Dengan Jus bawang putih kamu juga bisa menghilangkan kutu yang ada di rambut. Tapi bukan dengan meminum jus itu, namun dengan cara mencampurkan jus bawang putih dengan jus lemon kemudian pijat rambut kamu. Lakukan ketika malam hari dan cuci ketika pagi hari.

  1. Mengobati Gigitan Serangga

Pernah mengalami gigitan serangga dan membuat bagian tubuh mu yang tergigit serangga itu menjadi bengkak? Gunakan bawang putih untuk mengobatinya. Kamu cukup siapkan jus bawang putih kemudian oleskan dan pijat jus bawang putih ke area kulit yang terkena gigitan serangga. Memakai jus bawang putih untuk mengobati gigitan serangga adalah salah satu pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

  1. Menurunkan Kolesterol

Selain dari 7 cara diatas, ternyata Jus bawang putih bisa dijadikan obat yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengkonsumsi jus bawang putih bisa mengurangi penebalan dan juga pengerasan pembuluh arteri. Selain menggunakan bawang putih untuk menurunkan kolesterol kamu juga bisa membaca artikel sebelumnya Cara Mudah dan Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Nah itu dia 8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan, semoga bermanfaat untuk kamu semua 🙂