Apa Saja Dampak Buruk Rokok Bagi Wanita Hamil?

Posted on

Nurulku.com – Bunda, dampak buruk rokok bagi wanita hamil perlu sekali Anda ketahui. Pasalnya dengan Anda  mengetahui akibat ibu hamil merokok maka anda tentu saja akan menjauhi kebiasaan tidak sehat tersebut. Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok bukan hanya dialami oleh perokok aktif saja lho! Tetapi seorang perokok pasif juga merasakan bahaya dari rokok. Untuk itu sebaiknya Anda jauh-jauh dari barang tersebut agar kesehatannya terjaga. Bahaya asap rokok bagi ibu hamil muda maupun bahaya asap rokok bagi ibu hamil janin dan bayi tentulah sangat buruk sekali. Jadi jika ada pertanyaan bolehkah merokok saat hamil muda? Tentu sudah jelas jawabannya tidak boleh! Karena memang efek samping ibu hamil merokok itu sangat-sangat berbahaya sekali baik untuk si ibu yang sedang hamil tersebut maupun bayi yang ada dalam kandungannya.

efek samping dan akibat ibu hamil merokok
efek samping dan akibat ibu hamil merokok

 

Lalu, apa saja dampak buruk/bahaya asap rokok bagi wanita hamil ini? Penasaran kan apa sajakah efek samping dan akibat ibu hamil merokok? Yuk, simak lansirannya yang ada dibawah ini.

Ini dampak buruk rokok bagi wanita hamil

  • Keguguran atau abortus spontan merupakan efek samping ibu hamil merokok

Efek samping rokok yang akan ditimbulkan pada wanita hamil adalah keguguran atau abortus spontan. Resiko tersebut kemungkinan yang akan dialami oleh ibu hamil sebagian besar persentasenya bisa mencapai 32 persen. Masalah keguguran ini disebabkan akibat pengaruh zat kimia yang terkandung di rokok. Oleh karena itulah jika Anda tidak mau mengalami masalah keguguran saat hamil jangan melakukan kebiasaan buruk merokok.

  • Berat badan bayi yang rendah bisa saja terjadi karena bahaya asap rokok bagi ibu hamil janin dan bayi

Bahaya lainnya dari rokok untuk wanita hamil adalah berat badan bayi rendah. Dengan berat badan bayi yang rendah bisa memicu resiko mudah terserang penyakit. Masalah yang dialami bayi disebabkan karena kandungan nikotin yang ada dibatang rokok. Pasalnya nikotik yang ada di rokok bisa membuat persediaan pembuluh darah berkurang. Kalau sudah begini maka akan timbul resiko mengalami penyempitan tali pusat bayi. Sehingga bisa berakibat berat badan bayi rendah.

  • Paru-paru bermasalah adalah akibat ibu hamil merokok

Dampak buruk rokok bagi wanita hamil lainnya adalah menimbulkan gangguan masalah paru-paru. Bahaya ini bukan hanya dialami wanita hamil, tetapi bayi yang ada didalam kandungan pun juga akan mengalami gangguan kesehatan. Penyebab utamanya adalah efek samping dari nikotin yang terdapat di rokok. Masalah kesehatan yang dialami wanita hamil bukan hanya itu saja akibat bahaya rokok. Wanita hamil juga bisa mengalami gangguan kesehatan pada paru-parunya. Oleh karena itulah hindari konsumsi rokok mulai sekarang.

Itulah beberapa dampak buruk rokok bagi wanita hamil yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya. Sebenarnya masih banyak lagi akibat ibu hamil merokok maupun efek samping ibu hamil merokok lainnya yang ditimbulkan karena rokok.

Baca juga: Wajib Dibaca! Jenis Pantangan Ibu Hamil Muda