Bagaimana Cara mendidik anak agar disiplin dan mandiri? Ini Rahasianya

Posted on

Mengajarkan sikap disiplin pada anak itu sangatlah penting sekali dalam kehidupan nyata. Sebab cara mendidik anak agar disiplin dan mandiri ini akan melatih anak untuk berperilaku yang menghargai waktu dengan baik. Terkadang anak-anak sering melakukan hal-hal yang tidak terkontrol, sering kali anak ini membuat kita jadi kewalahan menghadapi sikapnya. Oleh karena itu, mengajarkan disiplin pada anak itu wajib kita lakukan sebagai orang tua. Ditambah lagi, jika setiap kata yang ia ucapkan “tidak” berarti kita belum berhasil melatih anak disiplin sejak dini. Dan hal tersebut tentu akan semakin mempersulit Anda sebagai sebagai orangtuanya untuk mendidik anak disiplin sejak dini.

cara mengajarkan disiplin pada anak
cara mengajarkan disiplin pada anak

Untuk itu, perlu bagi para orangtua tahu cara mendidik anak agar disiplin dan mandiri. Lantas, caranya bagaimana cara mendidik anak disiplin waktu? Berikut ini dilansirannya

Ini cara mengajarkan disiplin pada anak

  • Mendidik anak disiplin waktu: Berikan anak time out

Memberikan anak time out bisa digunakan untuk mengajarkan sikap disiplin. Dengan catatan ada waktu batasannya. Tentukan batasan waktu yang harus dipatuhi. Pada saat anak time out, jika ia melakukan hal yang baik berikan pujian atas perilakunya. Dengan pujian yang diberikan, anak akan mengulangi hal tersebut kembali. Namun, jika anak melakukan hal yang baik tetapi tidak mendapatkan kata pujian dari orangtuanya. Justru yang akan terjadi anak bisa melakukan hal buruk untuk mendapat perhatian dari orangtua. Sebagai orangtua, jika segala hal yang dilakukan oleh anak baik seharusnya diberi pujian agar ia merasa bangga dan mengulang kembali perbuatan tersebut.

  • Melatih anak disiplin sejak dini dengan Konsisten

Mengajarkan disiplin pada anak bisa dimulai dengan hal yang paling dekat. Misalnya waktu makan, tidur siang, makan malam dan masih banyak lainnya. Semuanya itu harus disesuaikan dengan jadwal yang sudah dibuat. Dengan jadwal yang dibuat ini membuat anak konsisten waktu. Sekalipun ada perubahan jadwal, sebelumnya harus diberitahu terlebih dahulu kepada anak. Sehingga anak tidak kaget dengan perubahan yang telah dibuat. Konsisten yang diterapkan pada anak bisa membuatnya menjadi anak disiplin.

  • Cara mengajarkan disiplin pada anak: Hindari situasi yang membuat stres atau marah

Diwaktu anak sudah menginjak usia balita, sebagai orangtua mengajarkan sikap disiplin pada anak bisa dengan meluangkan waktu untuknya. Manfaatkan waktu saat bersama anak untuk memahami apa saja yang membuatnya marah serta tenang. Nah, dengan memahami karakter anak Anda bisa menghindari kemarahannya. Sikapnya pun akan menjadi lebih tenang dan manis, sehingga anak bisa bersikap disiplin.

Mungkin 3 cara diatas dalam Cara mendidik anak agar disiplin dan mandiri bisa dijadikan sebagai panduan. Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa Anda digunakan. Semoga informasi kali ini yang kami berikan mengenai cara mengajarkan sikap disiplin pada anak bermanfaat.

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Mendidik Anak Agar Berhati Mulia