Begini Cara Menghilangkan Karies pada Gigi secara Alami

Posted on
Karies pada gigi
Karies pada gigi

Setiap orang pastilah ingin memiliki gigi yang sehat dan tampak putih berkilau secara alami, namun sayangnya kebanyakan orang tidak cukup berusaha untuk menjaga kesehatan giginya, sehingga pada akhirnya bukan gigi yang berkilau yang mereka dapatkan tetapi malah gigi yang banyak karang giginya. Karang gigi atau yang dalam istilah medisnya dikenal dengan nama karies merupakan sebuah proses pelarutan email yang semakin lama semakin berkembang hingga ke dalam gigi, atau bila disimpulkan karies pada gigi adalah tempat bersarangnya kuman yang bila dibiarkan maka akan merusak gigi secara keseluruhan, hingga membuat gigi tanggal, bahkan bukan hanya itu saja sebab bila sudah parah maka bukan tidak mungkin bakteri atau kuman yang bersarang di karang gigi tersebut dapat memicu timbulnya sel kanker.

Bila dilihat dari penyebabnya, salah satu penyebab karies pada gigi yang paling utama adalah sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan yang terus menempel pada gigi tersebut, seiring dengan berjalannya waktu akan mengeras dan akhirnya membentuk karang gigi yang penuh dengan kuman. Jadi, sebenarnya karies pada gigi adalah ulah dari manusia itu sendiri, khususnya yang malas menggosok gigi pada saat setelah makan dan sebelum tidur sehingga membuat sisa makanan tidak segera hilang.

Selain rajin menggosok gigi, sebenarnya masih ada beberapa cara mencegah karies pada gigi, diantaranya seperti setelah makan biasakan untuk minum air putih yang banyak, sebab air putih dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi, selain itu anda juga dapat membiasakan diri untuk selalu berkumur setelah makan. Sementara itu, mengkonsumsi banyak sayur dan buah ternyata juga dapat membantu mencegah terbentuknya karang gigi (karies) sebab sayur dan buah dapat menangkal plak gigi sekaligus memperbaiki email gigi yang rusak dan juga mampu membantu menghilangkan bau mulut.

Lalu, bagaimana bila gigi anda sudah terlalu banyak karang giginya? Apa yang harus dilakukan? Sebenarnya cara yang paling efektif adalah memeriksakan diri ke dokter gigi, agar dapat diketahui secara pasti cara penanganan yang terbaik, namun anda juga dapat mencoba cara menghilangkan karies pada gigi secara alami seperti berikut ini :

  • Gosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

    Pasta gigi yang kaya akan fluoride atau tartar control sangat efektif untuk menghilangkan karies, selain itu usahakan untuk selalu menggosok gigi dengan cara yang benar yaitu yang searah dengan tumbuhnya gigi

  • Baking soda

    Baking soda juga cukup efektif untuk menghilangkan karang gigi bahkan dapat anda jadikan sebagai bahan pengganti pasta gigi. Untuk menggunakanya, caranya juga relatif mudah, anda hanya tinggal mencampurkan baking soda dengan sedikit air diatas sikat gigi, hingga terlihat menggumpal seperti pasta gigi, lalu gosokkan pada gigi seperti biasa

  • Strawberry

    Strawberry adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C sehingga dapat membantu mengkikis karang gigi dengan cepat dan alami

  • Cengkeh

    Cengkeh juga cukup ampuh untuk menghilangkan karies pada gigi, untuk menerapkan cara ini yang anda perlukan hanyalah menyangrai 7 biji cengkeh, kemudian tumbuk dan gosokkan pada gigi dengan bantuan sikat gigi atau kapas.

  • Kulit jeruk

    Cara alami lainnya yang tak kalah ampuh untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu menggosokkan kulit jeruk pada gigi setelah makan. Selain dapat menghilangkan plak penyebab karang gigi, cara ini juga dapat menghilangkan bau mulut

Itulah beberapa cara efektif dan alami untuk menghilangkan karies pada gigi yang membandel. Cara-cara tersebut tergolong cukup praktis dan murah meriah, sehingga setiap orang dapat mempraktekkannya.