Beragam Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Posted on

 

Daun Sirsak

Hampir setiap orang pasti mengetahui bagaimana bentuk dari buah sirsak. Buah berkulit hijau dengan daging berwarna putih ini memang cukup diminati masyarakat, khususnya untuk dijadikan jus. Jus sirsak yang rasanya manis bercampur sedikit asam tentunya cukup menyegarkan apalagi ketika diminum pada saat cuaca panas. Namun, selain memiliki buah yang kaya vitamin, hampir segala bagian yang ada pada tumbuhan sirsak dapat dimanfaatkan oleh manusia, termasuk daunnya. Ya, daun sirsak ternyata mengandung beragam senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pengobatan beberapa penyakit. Penasaran, penyakit apa saja yang dapat disembuhkan oleh daun sirsak? Simak saja ulasan singkatnya berikut ini.

Sebelum membahas mengenai manfaat atau khasiat daun sirsak untuk kesehatan, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu kandungan daun sirsak yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Ada berbagai senyawa berkhasiat yang dikandung oleh daun sirsak, diantaranya seperti protein, fruktosa, vitamin A, vitamin B, lemak, kalsium dan masih banyak senyawa lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bukan hanya itu saja, namun daun sirsak juga mengandung senyawa aktif yang setelah dilakukan penelitian, diklaim dapat dijadikan sebagai obat yang cukup efektif untuk membunuh sel kanker. Senyawa aktif yang dikenal dengan nama Acetogenin ini terbentuk dari bulatacin, skuamosa dan asimisin. Selain Acetogenin, masih ada berbagai senyawa aktif lainnya seperti annohexocin, anonol, annocatacin, anomurine, dan annomuricin yang tak kalah ampuh untuk membasmi sel kanker.

Nah, karena berbagai kandungan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan manusia itulah, maka tak mengherankan bila daun sirsak dikenal sebagai daun yang kaya manfaat. Ada beragam manfaat daun sirsak untuk kesehatan, seperti berikut ini :

  • Membantu Proses Pengobatan Kanker

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun sirsak mengandung beragam senyawa aktif yang efektif untuk membunuh sel kanker. Untuk menggunakan cara ini, anda perlu merebus 10 lembar daun sirsak bersama dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air rebusan. Kemudian diamkan selama semalam, dan esok paginya, minum air rebusan tersebut.

  • Mengobati Wasir (Ambeien)

    Daun sirsak mengandung zat yang dapat membantu menghentikan pendarahan pada anus sekaligus membuat otot di sekitar anus menjadi lebih rileks. Hal tersebut tentunya akan membantu mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh ambeien

  • Menstabilkan gula darah

    Air rebusan daun sirsak juga dapat berguna untuk membantu pengobatan kencing manis (diabetes) sebab daun sirsak dapat membantu untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh

  • Mengobati asam urat

    Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai herbal alami untuk mengobati asam urat. Untuk memanfaatkan daun sirsak sebagai obat asam urat, pada dasarnya caranya serupa dengan yang lainnya, anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirsak kemudian meminum air rebusan tersebut secara rutin

  • Membantu menghilangkan jerawat

    Selain dapat digunakan sebagai herbal alami untuk beragam penyakit, daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, khususnya menghilangkan jerawat membandel. Cara penggunaannya pun cukup mudah, anda hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun sirsak, tambahkan sedikit air, dan tempelkan pada bagian wajah yang berjeerawat, diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Itulah beberapa manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan manusia. Secara keseluruhan, tumbuhan sirsak memang sangat bermanfaat, mulai dari batang, buah hingga daunnya, pada dasarnya semuanya dapat dimanfaatkan oleh manusia.