Beragam Manfaat Terapi Air Garam untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Kini cukup banyak tempat spa maupun klinik kesehatan yang menawarkan perawatan kesehatan dalam bentuk terapi air garam. Terapi ini memiliki cukup banyak manfaat dan jenisnya pun beraneka ragam.

Terapi Air Garam
Terapi Air Garam

Saat ini perawatan kesehatan dalam bentuk terapi air garam sepertinya sudah lazim dipraktekkan, khususnya di tempat spa dan klinik kesehatan. Hal tersebut sebenarnya tak terlalu mengherankan pasalnya garam memang mengandung beragam zat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan bagi tubuh. Contoh sederhananya, ketika seseorang menderita sakit gigi, maka untuk meredakan rasa nyeri pada gigi yang sakit, salah satu cara pengobatan yang dilakukan adalah dengan berkumur air garam. Nah, maka cukup wajar bila terapi air garam cukup diminati untuk meningkatkan kesehatan tubuh, sebab selain dapat berfungsi untuk meredakan rasa nyeri, air garam juga mampu menginduksi pertukaran mineral sehat dan racun antara darah dengan cairan dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, air garam juga bermanfaat untuk membantu merangsang peremajaan sel.

Berbicara mengenai terapi air garam, maka ada beberapa jenis
terapi dengan menggunakan media air garam mineral yang perlu anda ketahui :

  • Heliotherapy

    Selain menggunakan media air garam mineral, pada terapi ini juga dibutuhkan bantuan sinar matahari. Sinar matahari diperlukan karena mampu berfungsi sebagai pembentuk energy dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk menerapkan terapi ini, maka pasien harus berendam dalam air garam yang diletakkan di area terbuka agar terkena sinar matahari langsung.

  • Balneotherapy

    Jenis terapi air garam yang satu ini cukup berbeda dengan jenis yang lainnya. Biasanya bila menjalankan terapi air garam, maka orang tersebut akan berendam di dalam air garam, namun pada Balneotherapy, pasien akan meminum air laut yang telah disuling hingga benar-benar hilang kadar kandungan garamnya. Air alkali ini berguna untuk meransang sekresi empedu dan karena efek diuretiknya maka air tersebut dapat mengatasi penyakit batu ginjal bila dilakukan bersamaan dengan hypnotherapy.

  • Thalassotherapy

    Jenis terapi ini mengharuskan pasien untuk mandi dengan air laut yang telah dihangatkan. Dengan melakukan terapi ini, maka kandungan mineral air laut yang menyerupai cairan internal di dalam tubuh akan dapat membuat magnesium dan kalium agar dapat masuk ke dalam aliran darah sekaligus menghilangkan racun di dalam tubuh.

  • Phytotherapy

    Jenis terapi yang satu ini tidak hanya membutuhkan air garam saja, sebab terapi ini juga membutuhkan beragam jenis tanaman liar (daun dan bunga) yang kemudian diolah untuk diambil sarinya, dan sari dari tanaman yang tumbuh liar tersebut kemudian dicampurkan ke dalam air garam untuk selanjutnya digunakan sebagai air mandi.

Lalu, secara keseluruhan apa sebenarnya manfaat terapi air garam bagi kesehatan manusia? Pada dasarnya, manfaat terapi dengan menggunakan media air garam ini cukup banyak, contohnya seperti meredakan rasa nyeri, meredakan ketengangan otot mengikat radikal bebas, mengusir energy negatif yang membuat seseorang sering kali kurang fokus dan mudah emosional, mengatasi insomnia, meningkatkan daya tahan tubuh karena dipercaya terapi ini mampu mengusir virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit dan juga melancarkan sirkulasi darah. Selain beragam manfaat untuk kesehatan tersebut ada juga manfaat terapi air garam untuk kecantikan, sebab air garam mampu menghilangkan lapisan kulit yang kusam dan menstimulasinya hingga kulit kembali terlihat sehat. Bukan hanya itu saja, bahkan terapi air garam juga dapat membantu anda yang memiliki masalah bau kaki, sebab air garam juga dapat membantu menghilangkan bau kaki yang mengganggu, caranya pun mudah, anda hanya perlu merendam kaki dalam air garam secara rutin tiap malam sebelum tidur.