Cara Jitu Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Posted on

Ciri-ciri bibir sehat adalah yang terlihat lembut dan berwarna merah merona, namun sayangnya ada sebagian orang yang mengalami masalah bibir kering hingga membuat bibir terlihat pecah-pecah bahkan mengelupas.

Bibir Pecah-Pecah
Bibir Pecah-Pecah

Salah satu bagian wajah yang paling sering diperhatikan oleh orang adalah bibir. Oleh sebab itu, hampir setiap orang khususnya wanita pasti mendambakan untuk memiliki bibir yang terlihat sehat yang identik dengan warna merah merona alami dan juga terlihat lembut. Sayangnya, kenyataan seringkali tak sesuai dengan harapan, dan yang terjadi malah bibir yang kering hingga membuatnya terlihat pecah-pecah. Kondisi bibir pecah-pecah seperti itu tentunya akan mengurangi rasa percaya diri anda, pasalnya bibir pecah-pecah dapat membuat segi estetika kecantikan seseorang berkurang. Oleh sebab itu agar anda dapat membuat bibir kering yang terlihat pecah-pecah tersebut kembali sehat, maka sebaiknya anda perlu mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, agar nantinya anda lebih merasa percaya diri.

Sebelum membahas mengenai tips mengatasi bibir pecah-pecah, maka hendaknya anda memahami terlebih dahulu mengenai penyebab bibir pecah-pecah, agar anda dapat lebih mudah mengetahui cara apa yang paling efektif untuk mengatasi ataupun mencegah agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Perlu anda ketahui, bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah kering sebab kulit pada bagian bibir bukanlah kulit yang memiliki kelenjar minyak. Nah, bila bibir sudah tidak lembab, maka hal selanjutnya yang akan terjadi adalah bibir menjadi pecah-pecah. Ada beberapa faktor penyebab yang dapat membuat bibir kehilangan kelembabannya, diantaranya seperti berikut ini :

  • Kebiasaan menjilat bibir

    Kebanyakan orang berpikiran bahwa dengan sering menjilati bibir, maka bibir akan menjadi lembab, padahal yang terjadi malah hal seperti itu akan membuat bibir menjadi semakin kering.

  • Menggunakan lipstick yang tidak cocok

    Sebelum menggunakan lipstick sebaiknya terlebih dahulu anda memastikan lipstick tersebut cocok dengan bibir anda, sebab bila tidak maka bibir pun akan semakin kering dan pecah-pecah

  • Udara yang terlalu kering

    Pengaruh udara juga dapat membuat bibir kehilangan kelembabannya, khususnya ketika anda berada di sebuat tempat yang udaranya terasa sangat kering. Oleh sebab itu, ketika orang yang terbiasa tinggal di daerah yang bersuhu udara tropis dan berair berkunjung ke daerah yang udaranya kering, maka bibir mereka akan menjadi kering dan pecah-pecah

  • Dehidrasi

    Selain tubuh menjadi kekurangan cairan, dampak seseorang yang mengalami dehidrasi juga akan terlihat pada bibirnya yang menjadi kering dan pecah-pecah.

  • Kurang vitamin yang berasal dari buah dan sayur

    Asupan nutrisi yang cukup termasuk asupan vitamin yang berasal dari buah dan sayur memang sangat diperlukan tubuh, tidak terkecuali bagian tubuh seperti bibir. Sebab bila seseorang kurang mendapatkan asupan nutrisi yang berasal dari buah dan sayur, maka hal tersebut akan memicu bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

  • Kebiasaan merokok dan minum kopi

    Tidak hanya berdampak buruk bagi tubuh, merokok dan terlalu sering minum kopi juga dapat membuat bibir menjadi kering bahkan warna bibir pun akan berubah menjadi kehitaman.

Setelah mengetahui penyebab bibir menjadi kering, maka berikut ini ada beberapa tips mengatasi masalah bibir pecah-pecah yang dapat anda lakukan agar bibir kembali terlihat lebih lembab dan sehat :

  • Menggunakan lipbalm

    Menggunakan lipbalm merupakan cara yang paling mudah dan praktis untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah Selain untuk mengatasi masalah tersebut, pada dasarnya lipbalm juga dapat digunakan untuk melindungi bibir dari panas matahari. Jadi, bila saat ini anda tergolong masih memiliki bibir yang lembab dan sehat, sebaiknya anda juga menggunakan lipbalm ketika bepergian keluar rumah, sebab lipbalm tidak hanya berfungsi untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah namun juga mencegah anda mengalami masalah tersebut.

  • Mengolesi bibir dengan madu

    Bila anda ingin menggunakan cara yang lebih alami, maka anda dapat mengolesi bibir dengan madu. Agar bibir kembali sehat dan lembab, sebaiknya anda selalu mengolesi bibir secara rutin, minimal 3 kali dalam sehari. Selain dapat bertindak sebagai pelembab bibir alami, madu juga dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang ada di bibir, karena madu memiliki sifat antibakteri

Selain kedua cara tersebut, sebaiknya anda juga tidak melakukan kebiasaan yang dapat menyebabkan bibir menjadi semakin kering dan tak lupa anda juga perlu lebih banyak minum ait putih serta mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, agar asupan nutrisi dalam tubuh anda tetap seimbang sehingga bibir pun tetap lembab dan sehat.