Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

Posted on

Nurulku.com – Sudah tahu belum Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini ? Ayah bunda menumbuhkan jiwa kepemimpinan sejak dini yang baik pada si kecil ini sangat penting sekali. Sebab si kecil ini adalah penerus bangsa. Nah, agar bangsa kita maju maka jiwa kepemimpinan (leadership) harus berakhlak mulia. Untuk itu jiwa kepemimpinan yang baik pada si kecil harus ditumbuhkan mulai dini. Kelak jika besar ia akan berjiwa pemimpin yang baik. Cara membangun jiwa kepemimpinan pun sebenarnya tidaklah susah kok bunda.

Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini
Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

Nah, agar si kecil tumbuh dengan jiwa kepemimpinan (leadership) yang baik tentu kita harus terlebih dulu tahu bagaimana Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini ? Ingin tau cara menumbuhkan jiwa kepemimpinan sejak dini nya ? simak ulasannya dibawah ini.

Ini beberapa Cara menumbuhkan jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

  • Memberikan pujian saat menunjukkan perilaku kepemimpinan Islami

Bunda jika si kecil mununjukkan perilaku yang mencerminkan jiwa pemimpin baik, maka berilah ia sebuah reward atau pujian. Karena dengan begitu ia akan merasa bahwa dirinya dihargai oleh Anda bunda. Nah, untuk itu jika si kecil melakukan hal-hal yang sifatnya positif dukung serta berikan pujian padanya. Agar jiwa menjadi pemimpin yang baik tumbuh berkembang pada dirinya. Misalnya si kecil bisa menahan rasa amarahnya pada teman, maka berikan pujian padanya.

  • Menumbuhkan rasa Percaya diri

Salah satu cara agar si kecil memiliki jiwa pemimpin yang baik adalah dengan menumbuhkan rasa percaya dirinya. Sebab jika rasa percaya dirinya tumbuh maka ia bahwa dirinya sama dengan anak-anak yang lainnya. Selain itu juga bunda agar si kecil ini tumbuh rasa percaya dirinya maka sebagai orangtuanya Anda jangan memberikan pendidikan yang bersifat negatif. Sebab pendidikan negatif ini akan mematikan rasa percaya dirinya. Adapaun pendidikan negatif yang berdampak negatif, diantaranya yaitu kritikan pedas, menghukum tanpa menjelaskan apa kesalahannya, dan mengerdilkan jiwa.

  • Membiarkan anak mengatasi masalahnya sendiri

Ayah bunda jika si kecil merasa marah, sedih ataupun kesal biarkan ia mengatasi masalahnya sendiri. Sebab pada saat tersebut si kecil dalam proses menjadi dewasa. Namun jika Anda sebagai orangtuanya selalu menyelamatkan masalah yang dihadapinya masa halnya mengajrkan sifat manja. Nah, jika hal ini terjadi maka ia tidak bisa menyelesaikan masalah sendiri. Sehingga jika punya masalah butuh orang lain untuk membantunya.

Itulah tadi beberapa cara menumbuhkan jiwa kepemimpinan sejak dini yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan tentang cara membangun jiwa kepemimpinan pada si kecil bermanfaat.

Baca juga: Ini Rahasia Miliki Anak Cerdas, Pintar dan Sholeh!