Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang

Posted on

Ayah bunda sudahkan coba untuk mempelajari Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang (Japan)? dalam memberikan pendidikan pada anak memang orang tua mempunyai cara yang berbeda-beda. Nah,pada artikel kali ini pembahasan akan berfokus pada cara ibu jepang mendidik anak. Tahukah bunda kalau cara orang jepang mendidik anaknya tergolong lebih disiplin dan keras. Sehingga tidak heran pola pengasuhan anak di jepang ini banyak mencetak generasi muda yang tangguh dan disiplin. Pembentukan karakter di jepang pada anak-anaknya pun sangat baik dibanding dengan yang ada di Indonesia.

Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang
Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang

 

Singkatnya sih itu.Hemmm…. lalu bagaimana lagi ya anak-anak jepang tersebut dididik? Bagaimana pendidikan anak usia dini di jepang? Penasaran bukan dengan Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang yang lainnya ini? Yuk simak lansirannya dibawah ini.

Ini Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang

  • Cara mendidik anak Usia 2 tahun di Jepang

Jika anak usia sudah 2 tahun, maka anak ini harus bisa makan sendiri tanpa bantuan orang lain. Nah, dalam hal ini para ibu-ibu Jepang kreatif. Sebab para ibu di Jepang menyediakan makanan yang mudah dikonsumsi sendiri. Salah satunya, yaitu ibu masyarakat Jepang membuat nasi bentuk bola-bola. Tujuannya agar anak bisa mengambil makanan sendiri tanpa menggunakansumpit atau sendok. Selain dalam memberikan sayur pada anak harus kecil sesuai dengan ukuran mulutnya. Sebab jika terlalu besar, maka anak akan kesulitan memotong dan mengkonsumsinya. Nah, agar minat makan sendiri pada anak tinggi maka gunakanlah peralatan makan yang menarik dan lucu.

  • Tips Mendidik Anak Usia 3 sampai 4 tahun Masyarakat Jepang

Masyarakat Jepang jika anak-anaknya sudah berusia 3 tahun biasanya sudah mulai masuk TK. Sehingga para orang tua pun menitipkan anaknya di Daycare. Disana anak ini akan melakukan kegiatan bersama mulai dari makan, mandi dan tidur siang. Namun ketika mandi ini dikelompokkan dengan jenis kelaminnya. Kemudian jika ia sudah selesai makan, maka akan diajarkan cara merapikan peralatan makannya sendiri. Begitu pula jika anak akan tidur siang, maka harus menggelar sendiri alas tidurnya. Nah, selanjutnya jika ia sudah bangun dari tidur siangnya maka diminta merapikannya.

  • Pendidikan Anak Usia 6 tahun

Ayah bunda jika anak usianya sudah 6 tahun di Jepang, maka ia harus bisa mencuci piringnya sendiri setelah digunakan. Selain itu juga jika anak akan sekolah dasar ditentukan oleh kantor kelurahan. Mengapa kantor kelurahan? Karena kantor kelurahan ini akan informasi sekolah yang dekat dengan rumah. Sebab sekolah dasar yang ada di Jepang kwalitasnya sama, sehingga para orangtua pun tidak pusing memilih sekolah anak.

Nah, itu tadi beberapa cara orang jepang mendidik anaknya yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan pada Anda tentang cara mendidik anak ala masyarakat Jepang bermanfaat.