Cara Mendidik Anak yang Baik Dalam Menggunakan Kata “Jangan”

Posted on

Dalam cara mendidik anak yang baik, kata-kata ‘jangan’ ini sering menjadi topik yang hangat. Ayah bunda tips mendidik anak sebaiknya hindari penggunaan kata jangan terlalu sering, terutama pada anak yang masih dalam perkembangan kognitif terbatas. Sebab jika Anda mengatakan kata-kata tersebut maka apa yang ia tangkap sering kali berbeda. Untuk itu ayah dan bunda cara mendidik anak dengan baik  hindari kata jangan pada anak yang masih dalam perkembangan kognitif. Namun adakalanya kita sebagai orang tua didapatkan pada suatu keadaan dimana harus menggunakan kata ‘jangan’ ini. Yang perlu diperhatikan ialah bagaimana kata ‘jangan’ ini harus digunakan.

Cara Mendidik Anak yang Baik
Cara Mendidik Anak yang Baik

 

Lalu, bagaimana cara menggunakan kata jangan yang tepat ini untuk mendidik anak dengan baik ? Penasaran kan? Yuk langsung saja kita simak ulasan informasinya yang ada dibawah ini bun.

Ini beberapa Cara Menyampaikan Larangan untuk Anak

  • Sara mendidik anak yang benar : Sampaikan larangan lalu Ikuti dengan penjelasan

Ayah bunda dalam mengatakan kata jangan pada anak Anda, sebaiknya sertakan pemahaman didalamnya. Tujuannya agar ia mengerti mengapa Anda melarang hal tersebut. Selain itu juga Anda kuatkan bahwa ia melanggar larangan yang ditetapkan dapat berakibat. Namun jika ia menjalankan larangan, jelaskan juga manfaat yang akan diperolehnya. Untuk itu ayah dan bunda, jika Anda mengatakan kata jangan pada anak sertakan penjelasannya juga agar ia tidak salah paham.

  • Kiat mendidik anak : Beritahukan cara yang benar

Ayah dan bunda jika anak melakukan suatu kesalahan, maka Anda sebagai orangtua harus memberitahu bagaimana cara yang benar. Supaya anak tidak melakukan kesalahan itu kembali. Sertakan juga pemahaman mengapa Anda melarang melakukan hal tersebut kembali. Dalam memberi pemahaman pada anak ayah dan bunda harus sabar jangan emosi. Anda harus sabar memberitahu cara yang benar padanya, agar anak Anda mengerti dan paham mengapa dilarang melakukan hal tersebut.

  • Berikan alternatif

Ayah bunda dalam memberikan sebuah larangan pada anak sebaiknya harus disertai alternatifnya. Karena jika ayah dan bunda memberikan larangan, namun tidak memerikan alternatifnya itu tidak adil namanya. Sebab anak memiliki hak untuk menentukan pilihannya. Dengan begitu ayah dan bunda harus memberikan alternatif ini pada anak, sehingga anak bisa belajar memilih perbuatan mana yang akan diambil, yaitu yang dilarang atau dianjurkan.

Itulah tadi beberapa Cara Mendidik Anak yang Baik dalam penggunaan kata jangan yang tepat untuk mendidinya. Semoga informasi yang kami berikan pada Anda tentang menggunakan kata ‘jangan’ dalam mendidik anak bisa bermanfaat untuk anda para orang tua.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendidik Agar Anak Tidak Cengeng?