Cara Mengajarkan Etika Makan dan Minum yang Baik di Meja Makan Sesuai Usia

Posted on

Nurulku.com – Cara Mengajarkan Etika Makan dan Minum yang Baik di Meja Makan sudah tahu belum ? Bunda sering kali saat berada di meja makan anak-anak sering melakukan hal yang tidak sopan karena memang mungkin merekan belum diajarkan etika makan yang baik. Dan seringkali membuat Anda jengkel sehingga memarahinya. Nah, agar ia tidak berkelakuan tidak sopan serta bisa tertib mematuhi peraturan saat ada di meja makan. Maka dari itu Anda harus mengajarkan etika dalam makan dan minum yang baik saat ada di meja makan, khususnya etika makan di indonesia. Dalam mengajarkan anak etika makan dan minum yang baik saat di meja haruslah digolongkan pada usianya.

Cara Mengajarkan Etika Makan dan Minum yang Baik di Meja Makan
Cara Mengajarkan Etika Makan dan Minum yang Baik di Meja Makan

Lantas, bagaimana cara mengajarkan etika dalam makan dan minum saat di meja makan sesuai usianya ini? penasaran bukan, yuk simak ulasan berikut ini!

Ini beberapa Cara Mengajarkan Etika Makan dan Minum yang Baik

  • Etika makan yang baik untuk Batita

Bunda jika anak Anda dalam usia batita, disanalah ia mengalami proses belajar etika saat di meja makan yang benar. Dimulai dari belajar memegang sendok yang benar, dilanjutkan dengan cara menyendok makanan yang benar. Tujuannya agar makanan yang disendok oleh si kecil ini tumpah. Nah, maka dari itu bunda harus mengajarkannya pada si kecil agar ia mengetahuinya. Bunda dalam mengajarkan etika makan ini pada si kecil harus dengan kesabaran serta jangan lupa berikan pujian. Sebab pujian ini adalah jurus apling ampuh agar ia patuh dan semangat untuk belajar.

  • Etika makan dan minum yang baik Prasekolah

Ayah bunda pada usia prasekolah anak-anak ini sulit jika diajarkan aturan yang harus di patuhi. Seab pada fase ini anak-anak lebih cenderung protes dan mencari perhatian orantua. Maka dari itu jika ayah dan bunda pada fase tersebut mengajar etika saat di meja makan harus dengan cara yang agak keras. Namun ingat ya, ayah dan ibu masih harus tetap dengan batasan-batasan tertentu. Contoh kecilnya, Anda memberika peraturan tertukis yang wajib ank laksanakan. Supaya anak merasa jera maka harus diadakan hukuman. Misalnya anak tidak menjalankan etika di meja makan maka ia akan dihukum tidak boleh nonton televisi. Nah, hukuman tersebut sifatnya mendidik, maka baik jika diterapkan pada anak-anak.

  • Etika dalam makan dan minum untuk Usia sekolah

Ayah bunda jika putra putri Anda pada usia sekolah, maka ia sudah lebih mengerti. Namun pada usia ini justru anak-anak bandel karena ia terpengaruh dengan teman dan lingkungannya. Nah, cara yang bisa Anda gunakan, yaitu saat makan bersama mengajaknya berdiskusi. Dengan begitu anak merasa diperhatikan dan terlibat didalamnya,maka bunda ajaklah anak diskusi saat makan bersama-sama. Agar anak bisa diajarkan etika saat di meja makan.

Itulah tadi beberapa trik cara mengajarkan etika di meja makan. Semoga informasi etika dalam makan dan minum yang kami berikan dalam artikel  trik mengajarkan etika makan dan minum yang baik saat di meja makan bermanfaat.

Baca juga: Ini Rahasia Miliki Anak Cerdas, Pintar dan Sholeh!