Cara Mengatasi Anak Mudah Marah (Ngambek)

Posted on

Nurulku.com – Bunda, jika tiba-tiba si kecil ngambek gara-gara sesuatu yang tidak dipenuhi. Lalu, bagaimana Cara Mengatasi Anak Mudah Marah (Ngambek) ini? apalagi jika ia ngambek di tempat umum. Pastinya akan membuat suasana tidak nyaman dan menjadi sorotan para bunda. Tentunya banyak yang memiliki pemikiran tidak bisa mengurus anak dengan baik. Namun Anda jangan panik bunda untuk mengatasi anak mudah marah ini, karena hal ini bukan masalah bunda melainkan si kecil. Nah, kalau sudah terjadi seperti ini bunda harus segera menenangkan si kecil agar ia tidak mengganggu ketenangan umum karena biasanya kalau sudah ngambek si anak sering menangis tanpa sebab. Lantas, bagaimana cara menyikapi sikap ngambek si kecil ini?Gimana sih cara menghadapi anak pemarah dan egois?

Cara Mengatasi Anak Mudah Marah (Ngambek)
Cara Mengatasi Anak Mudah Marah (Ngambek)

Tenang bunda jangan cemas dulu, kami disini akan berbagi ulasan tentang tips ampus menyikapi si kecil yang ngambek, pemarah dan egois serta anak sering menangis tanpa sebab. Bunda, ingin tahu kan? Yuk disimak lansirannya ya bun.

Ini beberapa tips ampuh mengatasi si kecil yang ngambek

  • Jadi senjata (anak sering menangis tanpa sebab)

Bunda sebagian besar anak kecil memang mudah ngambek itu wajar. Khususnya jika ia berusia 2 tahun. Karena pada saat itu si kecil sudah bisa mengekspresikan kekecewaan, kemarahan dan kecemasannya. Sedangak untuk anak yang berusia dibawah 2 tahun jika ngambek mudah dialihkan. Ya, bunda bisa mengalihkan dengan cara menunjukkan cicak yang merayap di dinding atau gambar. Untuk itu bunda, jika Anda menuruti semua kemauannya berbahaya bunda. Sebab hal ini akan dijadikan senjata bagi si kecil jika ia menginginkan sesuatu. Maka dari itu bunda hindari hal ini, agar ia tidak menjadikan sebagai senjata.

  • Ungkapan protes (cara mengatasi emosi anak yang meledak-ledak)

Ayah bunda jika si kecil ngambek pastinya ia akan mengungapkan protes kepada Anda tentang kewenangan. Apalagi jika komunikasi antara Anda dengan si kecil kurang efektif. Mungkin karena ayah dan bunda yang terlalu sibuk dengan pekerjaan yang ada di kantor. Akibatnya si kecil kurang perhatian dari ayah dan bunda. Sehingga anak ini merasa bahwa ayah dan bunda memperlakukan ia secara tidak adil. Apalagi jika ia meminta mainan kemudian ayah dan bunda menolak membelikannya. Padahal si kecil sangat membutuhkan mainan tersebut, namun dengan alasan mainan yang banyak Anda merasa ia tidak butuh mainan baru. Alhasil si kecil pun menjadi frustasi dan melampiaskan dengan ngambek.

  • Metode anti kalah menghadapi anak pemarah dan egois

Ayah bunda agar si kecil melampiaskan keinginan secara wajar maka Anda harus menjadi pendengar baiknya. Jika si kecil meminta sesuatu Anda harus bertanya apa yang dibutuhkan dengan cara berdialog. Asalkan si kecil melontarkan keinginannya dengan kata-kata bukan cara ngambek. Karena ia harus tahu kondisi keuangan keluarganya, bahwa ayah dan bunda masih belum bisa memenuhi keinginannya. Pasalnya dengan metode anti kalah atau musyawarah di rumah, maka tidak ada yang dirugikan.

Nah, itulah tadi cara menyikapi anak yang ngambek, menghadapi anak pemarah dan egois atau bahkan
anak sering menangis tanpa sebab. Semoga informasi yang kami berikan tentang Cara mengatasi anak mudah marah bermanfaat.

Baca juga: Bagaimana Cara mendidik anak agar disiplin dan mandiri? Ini Rahasianya