Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan Pada Kulit dengan Bahan Alami

Posted on

Nurulku.com – Tips-tips yang akan dijelaskan paa artikel ini merupakan tips dengan menggunakan obat luka bakar alami yang dapat dipraktikan sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama saat mengalami luka bakar . Sebenarnya masih banyak ditemui obat luka bakar di apotik baik itu obat luka bakar knalpot sampai pada obat luka bakar air panas yang juga bisa digunakan dan biasanya berbentuk salep. Perlu di garis bawahi pula bahwa tips yang akan diuraikan dibawah nanti hanya diperuntukkan sebagai obat luka bakar ringan saja sebab jika luka barat sudah parah maka diperlukan salep untuk luka bakar tersebut. Begitupun dengan cara mengobati luka bakar melepuh berbeda dengan luka bakar ringan biasa,jadi sebelum menerapkan tips di bawah ini hendaknya perhatikan dahulu jenis luka bakar apa yang sedang anda alami.

Pengobatan luka bakar

Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan Pada Kulit dengan Bahan Alami
Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan Pada Kulit dengan Bahan Alami

Terkena luka bakar merupakan hal yang paling mengerikan bagi sebagian orang,kulit yang melepuh bernanah dan mengeluarkan darah menambah kesan menjjikan untuk dipandang dan rasa perih akan timbul jika tersiram atau terkena cipratan air, banyak para penderita mencari obat luka bakar ringan di apotik-apotik terdekat untuk menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas luka bakar tersebut.

Sebagian besar kasus luka bakar ringan di seluruh bagian tubuh manapun pasti meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan apalagi jika bekas luka bakar tersebut berada di bagian-bagian penting seperti wajah,kaki dan tangan. Semakin dalam luka bakar yang diderita seseorang maka akan semakin lama pula bekas luka tersebut akan hilang.

  • Penanganan luka bakar

Bahaya luka bakar ringan seperti ini sebenarnya dapat menimpa siapa saja baik orang dewasa,anak-anak,remaja bahkan orang lanjut usia. Penyebab luka bakar seperti ini juga berasal dari berbagai jenis pekerjaan yang dilakukan kurang hati-hati seperti ketumpahan air panas karena terpeleset saat membawa gelas,terkena knalpot sepeda motor saat berkendara,terkena makanan-makanan berkuah panas seperti bakso dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Dalam penyembuhan luka bakar ringan inipun bermacam-macam mulai dari memberikan obat luka bakar ringan sampai dengan menggunakan cara-cara tradisional seperti mengolesi daun dan minyak kelapa bahkan mengoleskan pasta gigi. Dari sekian banyak cara penyembuhan luka bakar cara yang paling aman adalah dengan mencarikan obat luka bakar ringan di apotik maupun rumah sakit terdekat.

  • Penanganan pertama luka bakar dengan Bahan Alami

Untuk mengatasi luka-luka bakar yang terjadi maka diperlukan obat  luka bakar yang ringan khusus mengobati berbagai macam jenis luka bakar di kulit pemberian obat tersebut juga harus disesuaikan dengan umur dan keadaan penderita.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengobati luka bakar ringan:

  1. Menggunakan lidah buaya,daun dan akarnya mengandung zat bernama saponin.
  2. Air kelapa dan menggunakan kunyit,kedua ramuan ini sangat ampuh sebagai pereda panas.
  3. Siram luka bakar tersebut dengan air keran secara perlahan-lahan,hal ini berfungsi untuk mendinginkan panas yang terjadi pada luka bakar.

Bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan disekitar kita apalagi dengan harga yang terjangkau bahkan ada beberapa bahan yang gratis, seperti air keran.

  • Hal yang harus diperhatikan dalam pengobatan Luka Bakar

Selama terjadi luka bakar,ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan dalam merawat luka tersebut dan ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan karena jika hal ini dilakukan justru akan memperparah keadaan luka tersebut:

  1. Hindari memecah gelembung-gelembung pada kulit yang terkena luka bakar,hal ini akan menimbulkan infeksi.
  2. Jangan balut luka menggunakan kapas absorbent karena akan menempel pada luka.
  3. Jangan gunakan es batu untuk mendinginkan luka.

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk dihindari jika tidak ingin luka anda semakin parah dan menimbulkan berbagai infeksi.

Nah berikut itulah Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan Pada Kulit dengan Bahan Alami. Dilain kesempatan akan coba kami bahas juga cara mengobati luka bakar dengan obat-obatan medis (salep luka bakar). Tunggu saja ya UPDATE berikutnya.

Baca juga: Penyebab Kutu Air dan Cara Mengobatinya secara Alami