Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil, Dijamin Ampuh!

Posted on

Menggunakan cara alami untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil adalah pilihan yang tepat. Karena tidak menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil. Oleh karena itulah jika Anda mengalami nyeri punggung jangan mengobatinya dengan bahan kimia. Rasa nyeri punggung ini sangat wajar sekali dialami oleh ibu hamil. Jadi kalau ada pertanyaan sakit punggung saat hamil muda wajarkah? ya sudah pasti jawabannya adalah sakit punggung saat hamil 2,3,4,5,6,7,8 bulan hingga 9 bulan adalah wajar terjadi pada ibu hamil.

Apa penyebab sakit pinggang saat hamil? Pada umunya nyeri punggung yang dialami oleh ibu hamil karena perubahan berat badan. Sehingga otot-otot yang ada dibagian punggung mengalami ketegangan.Dan hal itulah yang mengakibatkan badan sakit semua saat hamil muda.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil
Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Hemmm…. lantas, bagaimana cara mengatasi nyeri punggung saat hamil? ingin tahu lebih jelas informasinya? Yuk simak ulasan informasinya dibawah ini.

Ini tips cara mengatasi nyeri punggung saat hamil

  • Sakit punggung saat hamil? Kompres dengan air dingin dan hangat

Cara mudah mengatasi nyeri punggung saat hamil adalah dengan mengkompres menggunakan air dingin dan hangat. Kenapa harus air dingin dan hangat? Sebenarnya langkah awal yang dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri ini dengan menggunakan air dingin. Selanjutnya setelah dikompres dengan air dingin, Anda bisa mengkompresnya dengan air hangat. Caranya isi kantong plastik dengan beberapa butir es kemudian letakkan dibagian punggung yang nyeri diamkan sekitar 10 sampai 20 menit. Sedangkan untuk mengkompres menggunakan air hangat kurang lebih selama 10 sampai 20 menit. Lakukan berulang kali sampai nyeri punggungnya hilang.

  • Olahraga bisa bantu mengatasi nyeri punggung saat hamil

Melakukan olahraga secara rutin juga bagian dari tips mengatasi nyeri punggung saat hamil. sebab dengan melakukan olahraga otot menjadi kuat dan fleksibilitas. Bahkan olahraga yang dilakukan saat hamil juga bisa mengurangi masalah stres dan tekanan tulang belakang. Namun melakukan olahraga saat hamil tidak boleh sembarang. Mengapa? karena bisa membahayakan kesehatannya. Olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil, diantaranya berenang, bersepeda statis dan jalan kaki.

  • Tidur dalam posisi miring dapat menghindari sakit punggung saat hamil

Salah satunya cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil, yaitu tidur dengan posisi miring. Posisi ini baik untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil. Dengan syarat salah satu atau kedua kaki lutut tertekuk. Namun jika Anda saat hamil tidur posisi terlentang akan beresiko nyeri punggung akibat tertekan. Oleh karena itulah saat masa kehamilan jangan tidur dengan posisi terlentang supaya tidak nyeri punggung.

Demikian beberapa cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai mengatasi nyeri punggung saat hamil bermanfaat.

Baca juga: Kenali Keluhan Ibu Hamil Trimester 2 dan Cara Mengatasinya