Cara Mudah dan Cepat Memutihkan Gigi Secara Alami

Posted on

Gigi yang berwarna kekuningan seringkali membuat orang menjadi kurang percaya diri. Padahal, gigi berwarna kuning tersebut dapat dengan mudah diputihkan kembali dengan menggunakan beragam bahan alami yang tidak sulit ditemukan disekitar kita.

Memutihkan gigi
Memutihkan gigi

Setiap orang pasti ingin terlihat memiliki penampilan yang prima dan sempurna termasuk pada bagian giginya. Ya, gigi putih dan bersih pastilah dambaan setiap manusia, sebab siapa sih yang tidak ingin memiliki senyum indah lengkap dengan deretan gigi yang putih dan berkilau? Namun, sayangnya, gaya hidup setiap orang tidaklah sama, dan mereka yang terbiasa dengan gaya hidup tidak sehat tentu saja akan memiliki penampilan yang sangat berbeda dengan orang yang selalu menjalankan gaya hidup sehat. Gaya hidup juga berperan penting dalam kesehatan gigi, termasuk kondisi gigi yang berwarna putih cemerlang. Oleh sebab itu, kunci utama seseorang ketika ingin memutihkan gigi, adalah memperhatikan atau mengingat terlebih dahulu, gaya hidup seperti apa yang mereka jalani saat ini, sebab bila mereka memiliki kebiasaan merokok atau terlalu sering minum kopi, maka tak mengherankan bila kondisi gigi mereka pun menjadi tak sehat dan berwarna kekuningan.

Pada dasarnya, gigi terdiri dari berbagai lapisan, dan email adalah salah satu dari lapisan gigi yang berguna untuk memberikan warna putih pada gigi. Namun, bila tidak dirawat dengan baik, maka email pun akan rusak dan akibatnya gigi menjadi berwarna kuning. Ada berbagai faktor yang menyebabkan gigi seseorang menjadi kuning. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, gaya hidup kurang sehat seperti merokok dan sering mengkonsumsi minuman suplemen atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi merupakan salah satu penyebab gigi menjadi kuning, namun selain itu, kebiasaan makan dan minum yang terlalu panas dan dingin secara bergantian juga dapat membuat email gigi mudah rusak. Oleh sebab itu, agar warna putih gigi tetap terjaga dengan baik, maka sebaiknya anda memang harus menghindari gaya hidup yang tidak sehat serta selalu rajin menggosok gigi dengan cara yang benar. Gosok gigi dengan cara yang benar adalah menggosok gigi dari atas ke bawah bukan dari kanan ke kiri.

Bila kondisi gigi anda sudah mulai menguning, maka tak perlu khawatir, sebab di bawah ini ada beberapa cara memutihkan gigi dengan cepat dan alami yang dapat anda coba untuk terapkan :

  • Biji buah pinang

    Biji buah pinang diyakini berkhasiat untuk membuat gigi menjadi putih kembali. Untuk menggunakan cara ini, yang perlu anda lakukan adalah dengan membakar biji pinang hingga hangus, kemudian tumbuk hingga halus dan gosokkan pada gigi secara merata dengan menggunakan kain halus atau sabut pinang. Lakukan cara ini dengan rutin, minimal 2-3 kali dalam seminggu

  • Baking soda

    Baking soda yang mengandung natrium bikarbonat dapat berguna untuk memutihkan gigi karena dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Untuk menggunakan cara ini, anda dapat mengoleskan baking soda pada gigi secara merata, kemudian diamkan selama 3-5 menit lalu gosok gigi seperti biasa dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air bersih.

  • Kulit jeruk

    Kulit jeruk yang kaya akan vitamin C sangat baik untuk kesehatan gigi termasuk memutihkan gigi. Oleh sebab itu, menggosok gigi dengan menggunakan kulit jeruk juga dapat membantu mengembalikan warna putih pada gigi. Namun, bagi anda yang memiliki gigi sensitif, cara ini tidak dianjurkan.

  • Kulit pisang

    Kulit pisang yang mengandung beragam mineral, seperti kalium, mangan, dan juga magnesium cukup bagus untuk menjaga kesehatan gigi termasuk email gigi, oleh sebab itu sebaiknya anda juga menggunakan kulit pisang bagian dalam untuk menggosok gigi minimal selama 2 menit. Lakukan cara ini secara rutin, dua kali dalam sehari.

  • Produk olahan susu

    Mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju cukup bagus pula untuk kesehatan gigi, termasuk menjaga enamel gigi dan memutihkan gigi, sebab keju mengandung kalsium dan susu mengandung asam laktat yang mampu menguatkan enamel dan menjaga agar gigi tidak mudah keropos.

Itulah beberapa cara alami yang dapat anda lakukan bila ingin membuat gigi anda kembali putih. Perpaduan gaya hidup yang lebih sehat dengan beragam cara alami diatas, dapat membuat anda semakin percaya diri khususnya ketika tersenyum dengan memperlihatkan deretan gigi yang putih cemerlang. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami sebelumnya tentang penyebab terjadinya karies gigi atau yang mungkin dikenal dengan karang gigi.