Ciri Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian dan Contohnya

Posted on

Apa Saja Ciri Pasar Persaingan Sempurna? Mungkin banyak dari kita yang belum tahu secara jelas bahwa Ciri pasar persaingan sempurna sangat beragam.Ya, ini tergantung pada indikator-indikator yang ada dalam Pasar ekonomi tersebut. Agar dapat memahaminya perlu terlebih dahulu kita mengetahui apa pengertian pasar persaingan sempurna. Barulah setelah itu mencari contoh pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna agar lebih jelas dan mampu membedakan antara keduanya. Lebih lengkapnya, langsung lihat dibawah ini ya.

Pengertian pasar persaingan sempurna, Ciri-ciri dan Contoh

Ciri Pasar Persaingan Sempurna Pengertian dan Contohnya
Ciri Pasar Persaingan Sempurna Pengertian dan Contohnya

Yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana permintaan dan penawaran terus bergerak. Selain itu, pembeli dan penjual tidak dapat mempengaruhi harga sehingga harga-harga yang ada di pasar sepenuhnya hasil kesepakatan dari permintaan dan penawaran. Lalu, apa saja ciri-ciri pasar jenis persaingan sempurna?

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Ada beberapa ciri ciri pasar persaingan sempurna yang perlu kamu ketahui dan sekaligus jadi pembeda dari pasar persaingan tidak sempurna. Berikut inilah ciri-cirinya:

 

  • Jumlah Pembeli dan Penjual di Pasar Persaingan Sempurna Seimbang

Berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna, pasar ini memiliki jumlah pembeli dan penjual yang seimbang. Karena ciri pasar persaingan sempurna ini, harga pasar menjadi lebih stabil dan tidak bisa ditentukan oleh siapapun. Yang menjadi penentu harga adalah hukum penawaran dan permintaan beserta aktivitas tawar menawar antara penjual dan pembeli. Mereka tidak memiliki hak untuk menaikkan ataupun menurunkan harga pasaran sehingga harga jual suatu barang akan relatif tetap. Sayangnya, hal itu harus berimbas pada pembatasan gaji pekerja karena keuntungannya hanya sedikit.

  • Pembeli dan Penjual Mengerti dan Memahami Kondisi Pasar

Baik pembeli maupun penjual sangat mengerti ciri-ciri, harga, dan kualitas suatu komoditas yang dijual di pasar. Hal itulah yang menyebabkan harga di pasar tetap stabil. Selain itu, kepuasan penjual dan pembeli dapat dipastikan karena masing-masing pihak tidak mungkin membohongi pihak lainnya. Sesuai dengan pengertian pasar persaingan sempurna, hal ini menunjukkan bahwa baik penjual maupun pembeli tidak mampu mempengaruhi harga komoditas di pasar tersebut.

  • Jenis Barang yang Sama Berkualitas Sama Pula (Homogen)

Salah satu ciri ciri pasar persaingan sempurna adalah tidak ada persaingan antara pedagang di pasar tersebut karena barang yang dijual memiliki kualitas dan harga yang sama. Oleh karena itu, para pedagang tidak perlu mengiklankan komoditasnya pada jenis pasar ini. Tetapi, homogenitas dapat berakibat pada hilangnya inovasi produsen atau pedagang.

  • Setiap Produsen Bebas Keluar Masuk Pasar Persaingan Sempurna

Apabila seorang produsen atau pedagang tidak mendapatkan untung (mengalami kerugian), produsen tersebut bebas untuk meninggalkan pasar tanpa harus kesulitan mengurusnya. Begitu pula sebaliknya, apabila ada produsen yang tertarik untuk berkegiatan di pasar, produsen tersebut dengan mudah masuk dan terlibat di pasar persaingan sempurna.

  • Tidak Ada Campur Tangan Pemerintah

Pada pasar jenis ini, pemerintah tidak ikut campur atau turut serta dalam penentuan harga komoditas dan penentuan siapakah yang berhak menjadi pelaku pasar.

Contoh pasar persaingan sempurna

Beberapa contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar yang menjual sayur mayur, pasar kurma, pasar buah, pasar hasil pertanian, dan masih banyak lagi. Jadi, pelaku pasar murni hanya melibatkan penjual dan pembeli.

Kesimpulan dari uraian diatas ialah Pasar jenis ini tergolong lebih santai dan tidak mengikat sehingga menguntungkan penjual dan pembeli. Beberapa ciri pasar persaingan sempurna diatas menunjukkan bahwa penjual dan pembeli memiliki peran yang sama dan menghasilkan peluang yang sama pula.

Berikut itulah Ciri Pasar Persaingan Sempurna yang dapat kami berikan penjelasannya. Tidak sulit bukan untuk memahaminya? asal kamu sudah paham apa pengertian pasar persaingan sempurna dan mampu memberikan contoh pasar persaingan sempurna. Maka seharusnya kamu juga mampu menjelaskan mengenai pasar persaingan sempurna.

Baca: 5 Hal Yang Patut Disyukuri Menjadi Seorang Jomblo! Baca Agar Jadi Jomblo Bahagia