Contoh Batuan Metamorf, Ciri-ciri, Macam dan Proses Pembentukan

Posted on

Ciri-Ciri dan Contoh Batuan Metamorf perlu kamu ketahui terutama buat kamu yang sedang mempelajari ilmu pengetahuan alam khususnya mengenai batuan-batuan yang ada.Lantas apa saja macam-macam batuan metamorf yang ada? Seperti apa proses pembentukan batuan metamorf dan bagaimana ciri ciri batuan metamorf tersebut? Dan yang terakhir yang tak kalah pentingnya ialah bisakah kamu memberikan contoh batuan metamorf dan manfaatnya. Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut langsung saja dilihat ya ulasannya dibawah ini.

 

Macam-macam batuan metamorf beserta contohnya

Contoh Batuan Metamorf Ciri-ciri Macam dan Proses Pembentukan
Contoh Batuan Metamorf Ciri-ciri Macam dan Proses Pembentukan

Batuan metamorf merupakan golongan kelompok utama batuan yang merupakan hasil ubahan atau transformasi dari tipe batuan yang sudah ada sebelumnya, yaitu protolith. Batuan protolith mengalami proses metamorfisme karena adanya perubahan kimia dan fisika yang besar pada saat proses pembentukannya. Lalu apa saja contoh batuan metamorf?

  1. Contoh Batuan Metamorf

Beberapa contoh batuan metamorf yang sebenarnya tidak asing misalnya:

  • Batu Pualam

Batu pualam bermanfaat untuk dijadikan asbak, meja, guci, dan berbagai jenis hiasan.

  • Batu Kuarsa

Batu kuarsa dapat dimanfaatkan untuk dijadikan batu perhiasan, keramik, dan kaca.

  • Batu Sabak atau Batu Tulis

Batu sabak bisa dijadikan papan tulis, panel instrument listrik, dan bahan campuran semen. Dahulu, batu sabak juga digunakan untuk menggantikan buku.

  • Batu Marmer

Batu marmer dapat dimanfaatkan sebagai material untuk dinding dan lantai.

Masing-masing contoh batuan metamorf dan manfaatnya diatas menunjukkan bahwa batuan ini ternyata sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Untuk lebih mengetahui mengenai batuan ini, coba lihat dan pelajari kembali macam batuan metamorf dibawah ini

Berbagai Macam Batuan Metamorf

Batuan ini sebenarnya juga terdiri dari berbagai macam dan jenis. Berikut ini adalah macam macam batuan metamorf beserta contohnya:

  • Batuan Malihan Kontak

Batuan metamorf ini terbentuk karena mengalami peningkatan suhu serta perubahan kimia oleh karena intrusi magma. Contoh batuan malihan kontak adalah batu marmer yang asalnya adalah dari batu kapur.

  • Batuan Malihan Dinamo

Proses pembentukan batuan metamorf ini dipengaruhi oleh tekanan besar serta tumbukan dan peningkatan suhu. Tekanan tersebut berasal dari lapisan di atas batu yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Contoh batuan ini adalah batu sabak dari tanah liat, dan batubara dari jasad tumbuhan dan rawa di tanah gambut.

  • Batuan Malihan Thermal-Pneumatolik

Batuan metamorf ini terbentuk karena ekistensi zat-zat tertentu yang masuk ke dalam batuan yang sedang mengalami proses metamorfosis. Contoh batuan metamorf pneumatolitik adalah topaz, permata, dan batu zamrud.

Selain bebatuan di atas, sebenarnya masih ada macam macam batuan metamorf lainnya, seperti Slate, Filit, Gneiss, Sekis, Marmer, Kuarsit, Milonit, Filonit, Serpetinit, dan Hornfels.

  • Ciri Batuan Metamorf

Batuan metamorf memiliki tampilan yang unik. Ciri ciri batuan metamorf pun beragam berdasarkan jenisnya.

  • Gabbro

Batuan ini memiliki struktur serupa kristal kasar. Batuan ini berwarna abu-abu hingga kehitaman, dan merah muda kemerah-merahan.

  • Amphibolite

Batuan ini memiliki struktur yang halus tapi ada juga yang keras, kasar, dan kristal kasar. Warnanya hijau kehitaman.

  • Kuarsa

Batuan ini memiliki struktur yang keras, padat, dan terkadang mengkilap. Warnanya putih abu-abu, merah muda, dan kekuningan.

  • Marbel

Batuan ini mempunyai struktur yang sama seperti gabbro dan berwarna campuran.

  • Slase

Batuan ini memiliki struktur padat, mengkilap, halus serta dapat dibelah. Warnanya kuning, abu-abu, merah, hitam, dan hijau.

  • Schist

Batuan yang ini memiliki struktur yang mengkilap dan berlapis-lapis serta warnanya putih, merah, abu-abu, kuning, hijau, dan hitam.

Sebagai golongan batuan utama, batuan metamorf atau batuan malihan memang memiliki banyak jenis dan contoh dan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh batuan metamorf tersebut menunjukkan bahwa batuan metamorf sudah menjadi bagian integral dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadi sekarang sudah tahu kan Contoh Batuan Metamorf, Ciri-ciri, Macam dan Proses Pembentukan batuan ini. Semoga penjelasan diatas mampu menambah pengetahuan kamu ya.

Baca: Cara Mendidik Anak Balita Ala Masyarakat Jepang