Fakta, Karakteristik, Penanganan dan Penyebab Bayi Prematur

Posted on

Nurulku.com – Penasaran bukan apa saja sih Fakta, Karakteristik, Penanganan dan Penyebab Bayi Prematur? Setiap ibu atau orangtua, tentu menantikan kelahiran bayi yang lancar, normal dan tidak ada kendala apapun. Namun ada kalanya harapan anda tidak sesuai dengan kenyataan. Bayi bisa saja terlahir sebelum waktunya atau di bawah usia 37 minggu, atau yang biasa disebut prematur. Baik itu bayi prematur 8 bulan bahkan terkadang ada pula bayi prematur 6 bulan. Ada beberapa fakta dan penyebab bayi prematur yang mungkin perlu anda ketahui seputar bayi yang terlahir prematur. Salah satunya misalnya saja anggapan bahwa bayi lahir prematur miliki risiko masalah perilaku.
Berikut ini akan kami berikan ulasannya dalam 4 hal penting tentang bayi prematur.

  • Fakta bayi prematur

Menurut data WHO di tahun 2013, setiap tahunnya setidaknya ada 1,5 juta bayi di dunia yang terlahir secara prematur. Sementara Indonesia menduduki urutan ke 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak. Selain munculnya anggapan bahwa
bayi lahir prematur miliki risiko masalah perilaku, ada anggapan lainnya namun sangatlah buruk sebab konon katanya Bayi yang telahir prematur akan beresiko meninggal di bawah usia 4 minggu dan penyebab kedua setelah pneumonia untuk anak yang berusia di bawah 5 tahun

  • Karakteristik bayi prematur

Bayi yang terlahir prematur akan memiliki beberapa ciri seperti berat badan yang rendah yaitu di bawah 2,5 kg. Disamping itu, kulitnya juga cenderung lebih tipis dan tampak rapuh, banyak rambut halus di tubuh, suhu tubuhnya cenderung lebih rendah, biasanya juga mempunyai masalah pernapasan, dan kurang mempunyai refleks menyedot dan menelan.

  • Penyebab bayi terlahir prematur – Apa sih penyebab bayi prematur?

Penyebab pasti dari bayi yang terlahir prematur belum diketahui. Hanya saja beberapa pendapat menyatakan bahwa bayi yang terlahir prematur akibat ibu pernah melahirkan bayi yang juga prematur sebelumnya atau jarak kehamilan berikutnya terlalu dekat dengan jarak kelahiran sebelumnya. Disamping itu faktor psikologis seperti stress berat dan juga infeksi akibat konsumsi rokok, alkohol atau bahan negatif lainnya juga menjadi penyebabnya.

  • Penanganan bayi prematur

Bayi yang beresiko terlahir prematur hendaknya segera mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter yang ahli. Maka sebaiknya anda juga teliti dalam memilih tenaga kesehatan atau instansinya yang terbaik untuk membantu persalinan anda. Selalu perhatikan perkembangan bayi prematur anda dengan baik, sebab baik yang terlahir secara prematur ini akan sangat rentan sekali terhadap berbagai penyakit.

Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan tentang 4 hal penting tentang bayi prematur yang terdiri dari Fakta, Karakteristik, Penanganan dan Penyebab Bayi Prematur. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.

Baca juga: Lakukan Kebiasaan Ibu Hamil Ini Agar Bayi Terlahir Cerdas