FG Troches untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil: Dosis, Efek Samping dan Amankah?

Posted on

Nurulku.comFG Troches untuk Ibu Menyusui dan ibu hamil , bolehkah? Seperti yang telah diketahui, FG Troches merupakan salah satu produk obat untuk mengatasi masalah rongga mulut dan tenggorokan. Nah, biasanya para ibu hamil dan menyusui juga mengalami masalah tersebut. Lalu, amankah mengonsumsi FG Troches untuk ibu menyusui dan ibu hamil? Adakah efek mengkonsumsi obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui FG Troches ini? Jika boleh, berapa dosis fg troches meiji fradiomycin gramicidin yang dianjurkan? Temukan semua jawaban tadi, pada ulasan dibawah ini.

FG Troches untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil

FG Troches untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil Dosis Efek Samping dan Amankah
FG Troches untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil Dosis Efek Samping dan Amankah

Pada masa kehamilan dan menyusui, berbagai masalah yang terkait dengan kesehatan memang tidak bisa dihindari, termasuk masalah yang menyerang tenggorokan dan rongga mulut. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya para ibu hamil dan ibu menyusui memutuskan untuk memilih mengonsumsi obat radang tenggorokan untuk ibu hamil yang formulanya diyakini tepat dan aman unuk ibu dan janin. Salah satu produk obat yang terkenal adalah FG Troches.

Namun, amankah FG Troches untuk ibu menyusui serta ibu hamil?

Beberapa dokter mengatakan bahwa FG Troches termasuk jenis obat antibiotik yang aman dikonsumsi selama kehamilan dan menyusui. Hal ini diperkuat dengan jarangnya masalah yang timbul saat ibu menyusi maupun ibu hamil mengonsumsi FG Troches.

Namun, untuk lebih pastinya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu konsumsi obat ini pada dokter. Hal ini sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya kontraindikasi atau ketidakcocokan obat yang dikonsumsi.

Baca: Manfaat Obat Albothyl – Dosis, Efek samping dan Bahaya untuk Sakit gigi

Informasi tentang FG Troches

  • Apa itu FG Troches?

Seperti sudah diketahui, FG Troches merupakan nama dagang obat antiseptik tenggorokan dan mulut. Produk obat ini diproduksi oleh PT. Meiji Indonesia. Salah satu kandungan yang tedapat dalam FG Troches adalah antibiotik. Ternyata huruf FG merupakan singkatan dari antibiotik Fradiomycin Sulfate dan Gramicidin-S HCl.

Antibiotik Fradiomycin bersifat bakterisida yang mempunyai fungsi menghambat sintesa protein yang diperlukan untuk pertumbuhan bakteri. Sedangkan, antibiotik Gramicidin-S merupakan antibiotik yang berfungsi untuk melawan bakteri gram negatif, positif, dan jamur. Dikarenakan FG Troches mengandung antibiotik, maka penggunaannya harus dikonsumsi hingga habis dan tidak boleh dihentikan sembarang waktu.

  • Indikasi dan Kontraindikasi FG Troches

Obat ini direkomendasikan untuk mereka yang mengalami gejala indikasi seperti radang gusi, radang tenggorokan, sariawan, radang amandel, dan radang lain pada rongga mulut. Sementara itu, untuk kontradindikasi pada obat ini memang jarang ditemui. Hanya saja, mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap aminoglikosida dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat ini.

  • Efek Samping FG Troches untuk ibu hamil

Pada umumnya obat ini relatif aman dikonsumsi dan jarang menyebabkan efek samping yang serius. Namun biasanya, efek samping dari mengonsumsi obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui ini adalah munculnya warna kehitaman pada lidah, penurunan nafsu makan, mual, gangguan saluran pencernaan, dan kemerahan pada rongga mulut. Di samping itu, karena dikhawatirkan memberikan efek pada bayi, ibu menyusui biasanya tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat ini.

  • Dosis FG Troches untuk ibu hamil

Dosis FG Troches dibagi menjadi dua, yakni dosis anak-anak dan dosis dewasa. Untuk anak-anak, dosisnya adalah 1 tablet, sedangkan dosis untuk dewasa adalah 1 sampai 2 tablet.

Dosis tersebut bisa dikonsumsi sekitar 4 sampai 5 kali per hari. Perlu diketahui bahwa dosis FG Troches untuk ibu hamil sama seperti dosis dewasa karena tidak ada dosis khusus untuk pengonsumsian obat ini saat masa kehamilan atau menyusui, kecuali jika ada rekomendasi khusus dari dokter.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa FG Troches memang tidak dilarang dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi FG Troches untuk ibu menyusui dan ibu hamil haruslah menurut resep dan pentunjuk dokter. Jika mengalami beberapa indikasi di atas, sebaiknya konsultasikan pengkonsumsian obat pada dokter lebih dulu.

Baca: Luar Biasa Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil