Ingin Puasa Walaupun Hamil, Ini Cara Sehat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Posted on

Nurulku.com – Supaya Anda bisa berpuasa walaupun sedang hamil, maka Anda harus mengikuti cara sehat berpuasa untuk ibu hamil. Mengapa ? karena puasa wanita yang sedang hamil dengan yang tidak mengandung berbeda. Oleh karena itu jika Anda ingin tetap berpuasa walaupun sedang hamil maka harus memngikuti cara sehat ibu hamil puasa ramadhan ini. Namun yang jadi permasalahan bagaimana tips puasa untuk ibu hamil ini? Tenang bunda jangan resah dulu, karena kami disini akan berbagi informasi tentang cara sehat berpuasa untuk ibu hamil.Oh iya, sebelum membahas lebih jauh, perlu Bunda ketahui juga kalau puasa bagi ibu hamil muda, puasa saat hamil 4 bulan atau bahkan puasa bagi ibu hamil 7 bulan dan 9 bulan itu boleh-boleh saja. Karena memang Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil itu sangat banyak sekali.

ibu hamil puasa ramadhan
ibu hamil puasa ramadhan

Kembali ke topik utama kita. Penasaran kan? Yuk, langsung saja kita simak lansiran tips puasa untuk ibu hamil dibawah ini.

Ini beberapa cara sehat berpuasa untuk ibu hamil

  • Cukupi kebutuhan air

Salah satu cara sehat berpuasa untuk ibu hamil yang bisa Anda terapkan adalah dengan mencukupi kebutuhan air. Mengapa? karena jika kebutuhan air tidak tercukupi dengan baik saat Anda berpuasa akan menimbulkan dehidrasi ibu hamil. Oleh karena itu agar hedidrasi ini tidak terjadi selama Anda berpuasa cukupi kebutuhan air sebaik-baiknya. Cara mencukupi kebutuhan air bisa Anda lakukan dengan konsumsi makanan sehat. Dengan begitu walaupun Anda sedang hamil namun tetap bisa berpuasa dengan lancar.

  • Konsumsi buah

Dengan mengkonsumsi buah setiap buka dan sahur juga termasuk cara sehat berpuasa untuk ibu hamil. Karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan Anda mengkonsumsi buah maka kebutuhan vitamin saat hamil bisa tercukupi dengan baik. Sehingga tidak membahayak kesehatan Anda juga janin yang ada didalam rahimnya. Jangan lupa untuk selalu konsumsi susu saat malam hari walaupun Anda sedang berpuasa.

  • Hindari stres

Sedangkan cara sehat berpuasa untuk ibu hamil lainnya yaitu menghindari stres. Karena jika ibu hamil namun tetap berpuasa, maka stres yang dialaminya akan semakin parah. Maka dari itulah jika ibu hamil berpuasa dianjurkan untuk segera membatalkannya agar stresnya tidak semakin parah. Kenapa? karena stres ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada sang ibu dan juga janinnya yang ada didalam rahim. Oleh karena itu jika sedang mengalami stres puasanya jangan diteruskan, namun sebaiknya dibatalkan.

Demikian ulasan yang bisa kami informasikan mengenai cara sehat berpuasa untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi terbaik dan bermanfaat untuk Anda semuanya. Selamat mencoba!

Baca juga: Wajib Dibaca! 3 Bahaya Puasa Untuk Ibu Hamil