Ini Dia 3 Alasan Dasar Mengapa Anda Harus Menulis Puisi Kehidupan

Posted on
Puisi kehidupan cinta arti sebuah kehidupan
Puisi kehidupan cinta arti sebuah kehidupan

Pengertian Puisi & Puisi Arti Kehidupan

Secara etimologis sendiri, puisi dalam bahasa latin berasal dari poesis yang berarti “penciptaan”. Dalam bahasa inggris, puisi disebut dengan poetry atau poet atau poem. Menurut Coulter poet berasal dari bahasa Yunani yang berarti “membuat” atau “mencipta”. Dalam bahasa Yunani, poet berarti “mencipta” melalui daya imajinasinya, artinya orang yang hampir dapat menyerupai dewa atau yang suka terhadap dewa-dewa. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki penglihatan yang tajam, orang yang suci, atau yang sekaligus merupakan filsuf, negarawan, atau guru, serta orang yang mampu menebak suatu kebenaran yang tersembunyi.

Lalu bagaimana dengan puisi kehidupan ? Ya puisi arti kehidupan yang bercerita tentang arti sebuah kehidupan dari diri seseorang. Misalnya saja seperti puisi kehidupan chairil anwar.

puisi arti kehidupan
puisi arti kehidupan

Kegunaan Puisi Kehidupan yang Jarang Kita Sadari

Berbicara mengenai puisi, pasti penggemarnya ingin sekali untuk membaca, namun tak banyak tau bahwa dengan menulis puisi ada hal-hal positif yang bisa dapatkan. Sebagai sebuah karya sastra, menulis puisi mempunyai berbagai macam manfaat bagi kehidupan ini, antara lain sebagai berikut:

puisi kehidupan karya chairil anwar

1. Puisi Kehidupan Untuk Media ekspresi diri

Terkadang ketika kita memiliki permasalahan dalam kehidupan ini kita ingin sharing dengan partner, namun kita seringkali kebingungan karena merasa tidak ada partner yang cocok untuk mendengarkan cerita kita. Belum lagi, ketika kita sulit untuk mengekspresikan diri dengan cara berhadapan langsung dengan lawan bicara kita. Alhasil, kita hanya memendamnya di dalam hati karena takut untuk mengekspresikan. Puisi bisa menjadi media yang sangat tepat sebagai sarana mencurahkan segala isi hati kita tanpa takut salah ngomong atau salah tafsir seperti ketika kita curhat ke orang lain. Puisi bisa menggambar setiap detik yang kita rasakan baik itu senang, susah, lucu, cinta, dsb.

puisi kehidupan manusia
puisi kehidupan manusia

2. Renungan puisi kehidupan sebagai Obat stress yang ampuh

Hidup selalu memiliki 2 sisi seperti 2 sisi mata uang, ada baik pasti ada buruk. Ketika kita ditempa permasalahan kita sering kali bingung dengan apa yang harus kita lakukan. Terlebih lagi jika karakter kita kita adalah orang yang tidak bisa menanggung masalah sendiri, maka harus ada media untuk mencurahkan isi hati. Dengan menuliskan setiap kejadian yang kita rasakan maka ini membuat hati kita menjadi lega. Stress pun bisa tersalurkan dengan baik melalui kata yang terbentuk dari setiap goresan tinta kita. Hal ini sebagaimana hasil penelitian dari luar negeri yang menyatakan bahwa menulis puisi kehidupan bisa menjadi salah satu media penghilang stress.

renungan puisi kehidupan

3. Puisi kehidupan cinta sebagai Sarana menyimpan kenangan

Banyak dalam hidup yang telah kita lalui baik susah maupun senang. Namun keterbatasan memori otak membuat kita tidak dapat mengingat detail apa saja yang pernah terjadi terhadap kita. Dengan menuangkannya dalam tulisan berbentuk puisi, ini akan menjadi kenangan yang sangat berharga saat kita tua nanti. Bahkan kita bisa meneteskan air mata jika kita teringat dengan peristiwa-peristiwa lalu yang mewarnai hidup kita terutama jika puisi tersebut merupakan puisi kehidupan cinta.

Demikian ulasan mengenai Ini 3 Alasan Dasar Mengapa Anda Harus Menulis Puisi Kehidupan. Semoga bermanfaat.