Ini Dia Bagian Penting dalam Cara Memandikan Bayi yang Benar

Posted on

Cara Memandikan Bayi yang Benar penting untuk diketahui. Memang Bunda mandikan bayi itu menyenangkan apalagi jika sudah tau tata cara memandikan bayi. Selain itu juga manfaat memandikan bayi tentu sangat baik untuk tubuhnya, yaitu menjadi bersih dan segar. Dan yang tidak kalah pentingnya bunda kita bisa memantau tubuhnya dalam prosedur memandikan bayi. Kebiasaan ini selain menyenangkan juga bisa membuat Anda semakin dekat dengan bayi. Sebelum mulai memandikannya, biasanya anda akan terlebih dahulu mempersiapkan perlengkapan alat mandi bayi, seperti tempat bak mandi bayi, alas mandi bayi dan lainnya.

Namun dalam tips memandikan bayi ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan hal tersebut sangatlah penting, sebagai bagian dari cara memandikan bayi yang benar .

Cara Memandikan Bayi yang Benar
Cara Memandikan Bayi yang Benar

 

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat memandikan bayi ini? Pasti penasaran iya kan? Yuk, langsung saja kita simak bersama-sama lansirannya dibawah ini.

Ini beberapa bagian yang perlu diperhatikan dalam Cara Memandikan Bayi yang Benar

 

  • Perhatikan Bagian Kelamin Bayi saat memandikan si bayi

Bunda memandikan bayi sendiri memilki manfaat yang besar sekali, karena Anda bisa memantau secara langsung organ kelaminnya jika ada sesuatu yang ganjil. Di Australia sebuah situs menyatakan bahwa hal yang sering dialami oleh bayi laki-laki masalah penis. Biasanya alat kelamin bayi laki-laki ini tidak muncul lubang. Nah, jika hal ini terjadi maka segera hubungi ahli urologi. Namun jika pada bayi perempuan berbeda, jika alat kelaminnya gatal atau celana dalamnya bau. Maka bunda harus segera membawanya ke dokter anak.

  • Jangan lupakan Bagian Pusar bayi

Tempat berkembang biak yang paling disukai jamur dan bakteri adalah pusar. Mengapa? Karena letak pusar ini berada pada bagian dalam. Sehingga tempat ini sangat disukai oleh jamur, serta zat lain yang bisa memicu timbulnya bakteri. Nah, jika hal ini terjadi maka pusar akan membengkak. Sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap di area pusar. Jika bunda ingin membersihkan pusar bayi ini, maka bunda bisa menggunakan cotton bud yang dicelupkan air hangat. Selanjutnya jika ingin mengeringkan maka Anda harus menggunakan cotton bud yang kering.

  • Jangan lewatkan Gigi si bayi saat memandikannya

Biasanya yang sering terjadi pada bayi ini giginya berlubang. Adapun penyebab gigi berlubang, yaitu karena adanya palk pada permukaan gigi. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada bayi Anda bunda, maka Anda sebagai orangtuanya untuk menyarankan menyikat giginya minimal 2 kali dalam sehari. Pada waktu sesudaha makan dan sebelum tidur malam. Supaya kesehatan gigi ini terjaga, maka setiap 6 bulan sekali memeriksa gigi ke dokter.

Itulah tadi beberapa bagian yang perlu diperhatikan dalam Cara Memandikan Bayi yang Benar. Semoga informasi yang kami berikan tentang bagian yang perlu diperhatikan saat mandi bermanfaat. Baca juga: TIPS Rahasia Atasi Balita Cemburu