Ini Dia Metode Mendidik Anak Secara Islami

Posted on

Sudahkah mengikuti Metode Mendidik Anak Secara Islami? Abi dan umi mencetak buah hati menjadi anak yang sholeh atau sholiha itu adalah dambaan semua orangtua. Pasalnya, anak yang sholeh dan sholihah merupakan salah satu bekal bagi orantua untuk bisa selamat dari panasnya api neraka. Nah, agar si buah hati abi dan umi ini menjadi anak yang sholeh dan sholihah maka dalam memberikan pendidikan harus tepat.Penitng bagi orang tua untuk mempelajari cara mendidik anak secara islami sejak dini. Sebab jika pendidikan yang abi dan umi berikan salah akan berdampak negatif. Nah, untuk itu abi agar buah hati Anda tidak mendapat pendidikan yang salah ketahuilah tips mendidik anak secara islami.Jika perlu pelajari juga cara mendidik anak secara islami sejak dalam kandungan.

Mendidik Anak Secara Islami
Mendidik Anak Secara Islami

 

Sebaiknya abi dan umi menggunakan metode mendidik anak secara islam baik itu anak perempuan maupun anak laki-laki. Lalu, bagaimana cara mendidik anak menggunakan metode islam ini? Penasaran kan dengan metode ini? Yuk, langsung saja kita simak ulasan informasinya dibawah ini.

Beberapa metode mendidik anak secara islami

  • Cara mendidik anak dalam islam: Memanggil dengan panggilan sayang

Abi dan umi memanggil dengan panggilan sayang ini telah dianjurkan pada zaman Rosulullah. Karena beliau jika memanggil putra putrinya dengan kalimat yang indah yaitu wahai anakku. Mengapa? Karena panggilan tersebut sangat menyejukkan hati. Sehingga jika abi dan umi menggunakan panggilan tersebut insya Allah buah hati jika diberi pesan, pengetahuan baru ataupun saran ia akan memusatkan konsentrasinya pada perkataan yang dilontarkan oleh Anda.

  • Cara mendidik anak secara islam: Memberikan suri teladan yang baik

Abi umi agar buah hati ini menjadi anak yang sholeh dan sholihah maka ajarkan perilaku yang baik. Seperti jika ada tamu yang datang ke rumah, maka ajari ia bersikap sopan santun. Selain itu juga Anda bisa mengajarkan sifat berbagi satu sama lain, jika anak abi dan umi mempunyai kue sedangkan temannya tidak. Nah, mintalah padanya agar membagi kuenya dengan temannya tersebut.

  • Ajari Anak dengan Memulai dari hal-hal kecil

Didalam ajaran islam mendidik anak ini dimulai dari hal-hal kecil. Contohnya seperti makan dan minum menggunakan tangan kanan, menjaga kebersihan diri, berdo’a sebelum dan sesudah makan, dan masih banyak yang lainnya. Abi dan umi agar anak ini memilki kepribadian yang baik, maka metode ini harus dilakukan. Jangan sampai dilupakan atau bahkan ditinggalkan oleh buah hati Anda. untuk itu abi dan umi jika anak melakukan hal yang tidak sesuai dengan metode ajaran islam Anda harus menasihatinya dengan baik-baik. Agar ia tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Dalam mendidik anak abi dan umi jangan sekali-kali mengajarkan ia bohong. Karena sifat bohong ini adalah perbuatan yang tidak terpuji. Ajarkan padanya untuk selalu jujur, baik itu dalam berucap maupun perbuatan.

Itulah tadi beberapa cara mendidik anak secara islami yang bisa abi dan umi terapkan. Semoga informasi yang kami berikan tentang cara mendidik anak yang termasuk dalam parenting islam ini bermanfaat.

Baca juga: Mengkudu, Si Buruk Rupa yang Kaya Khasiat