Ini Rahasia Miliki Anak Cerdas, Pintar dan Sholeh!

Posted on

Bunda, anak ini adalah titipan Allah yang diberikan kepada kita untuk menjaga dan mendidiknya dengan baik. Nah, agar yang dianugerahkan pada kita menjadi pribadi yang baik budi pekertinya, cerdas dan sholeh. Cara mendidik anak supaya pintar dan penurut haruslah orang tua ketahui. Dan untuk mencapai hal tersebut si anak harus diberikan pendidikan yang baik sedini mungkin. Karena jika Anda dalam memberikan pendidikan salah pada anak, maka akan menjerumuskan ia pada jalan yang salah. Nah, jadi tidak bisa dipungkiri lagi ayah bunda bahwa mendidik anak menjadi cerdas pintar dan sholeh ini tergolong sulit.

cara mendidik anak agar menjadi cerdas, pintar dan sholeh
cara mendidik anak agar menjadi cerdas, pintar dan sholeh

Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar menjadi cerdas, pintar dan sholeh ini? Ingin tahu caranya? Yuk disimak ulasan informasinya yang ada dibawah ini ya bun.

Ini beberapa trik mendidik anak menjadi cerdas dan sholeh

  • Cara mendidik anak agar pintar mengaji: Mengutamakan pendidikan agama

Bunda memberikan pendidikan agama pada anak ini sangatlah penting sekali. Mengapa? Karena agama adalah merupakan salah satu yang bisa membentuk pribadi sholeh . nah, jika ayah dan bunda anak-anaknya menjadi sholeh maka berikanlah pendididkan agama sejak dini . karena pendidikan adalah faktor yang paling utama menjadikan anak sholeh dan sholiha. Untuk itu ayah dan bunda jangan sampai lupa memberikan pendidikan agama pada sang buah hati.

  • Pahami sifat dan karakter anak adalah cara mendidik anak supaya pintar dan penurut

Ayah bunda sebagai orangtua yang baik maka Anda harus memahami karakter anak. Karena anak ini memiliki karakter yang berbeda-beda, diantaranya ada yang periang, pemalu, dan pendiam. Nah, anak Anda ini termasuk karakter yang mana? Dalam memperlakukan anak ini Anda harus sesuaikan dengan karakternya. Jangan sekali Anda memaksa kehendak padanya untuk menjadi karakter lain.

  • Cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif, yakni dengan Menghargai perilaku anak

Bunda jika anak melakukan aktivitas yang ia sukai selagi tidak membahakan jangan dilarang. Berilah anak ini kesempatan untuk melakukan aktivitas yang ia sukai. Dan jika anak melakukan sebuah kesalahan Anda jangan langsung memarahinya. Alangkah baiknya memberikan pertanyaan pada mengapa melakukan hal tersebut. Dengan begitu anak akan memberikan alasan mengapa ia melakukan hal tersebut. Dalam memberikan pertanyaan pada anak Anda harus bersikap tenang. Pasalnya segala hal yang dilakukan oleh anak sifatnya masih eksplorasi. Nah, agar tidak menghambat eksplorasinya maka berikan kesempatan padanya melakukan hal-hal yang diinginkannya. Karena jika terlalu dibatasi maka berkembangan otaknya tidak berjalan dengan baik.

Nah, itulah tadi beberapa cara mendidik anak agar menjadi anak cerdas, pintar dan sholeh. Sebenarnya masih banyak trik – trik lainnya yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan tentang cara mendidik anak agar menjadi cerdas, pintar dan sholeh bermanfaat.

Baca juga: Anak Bayi Susah Tidur? Ini Cara Membuat Anak Cepat Tidur