Karakteristik Masyarakat Multikultural (Majemuk): Pengertian dan Ciri-ciri

Posted on

Mengetahui Seluk Beluk Karakteristik Masyarakat Multikultural tentu penting untuk memperdalam pengetahuanmu. Multikultural berasal dari kata “multi” yang berarti banyak atau beraneka ragam dan “kultural” yang berarti budaya. Lantas apa pengertian masyarakat multikultural lebih lengkapnya? Seperti apa ciri ciri masyarakat multikultural atau masyarakat majemuk ini? Lihat lebih lengkap dan temukan jawabannya dibawah ini.

Pengertian, Ciri-ciri dan Karakteristik Masyarakat Multikultural (Majemuk)

Karakteristik Masyarakat Multikultural (Majemuk) Pengertian dan Ciri-ciri
Karakteristik Masyarakat Multikultural (Majemuk) Pengertian dan Ciri-ciri

Terdiri dari berbagai budaya, masyarakat Indonesia tergolong sebagai masyarakat multikultur dengan karakteristik masyarakat multikultural yang sangat kental. Lalu seperti apa karateristik dari masyarakat yang multicultural ini?

  • Masyarakat Multikultur Memiliki Banyak Budaya

Salah satu karakteristik masyarakat multikultural adalah adanya segmentasi budaya menjadi sub budaya yang berbeda-beda (biasa disebut Primordial). Terbagi menjadi sub-sub budaya berarti kelompok masyarakat terbagi menjadi kelompok kecil yang berdasarkan suku, ras, dan agama masing-masing. Dalam kehidupan sosial, masyarakat multikultur nampak berinteraksi dan hidup bersama meskipun mereka memiliki perbedaan agama, ras, dan suku. Namun pada kenyatannya, mereka akan lebih sering berinteraksi dengan orang yang berasal dari daerah yang sama karena dianggap memiliki banyak kesamaan dan akan lebih mudah berkomunikasi.

  • Struktur Masyarakat Terbagi Dalam Lembaga Yang Non Komplementer

Masyarakat multikultur juga dikenal dengan sebutan masyarakat majemuk dan tidak hanya menaati lembaga formal tetapi juga lembaga informal. Masyarakat multikultur akan lebih hormat dan taat kepada lembaga informal yang dipimpin oleh tokoh adat daerah yang lebih dekat secara emosional dengan mereka.

  • Masyarakat Multikultur Sering Mengalami Beda Persepsi

Sesuai pengertian masyarakat multikultural yang merujuk pada masyarakat yang beraneka ragam, tidak mengherankan jika ada kecenderungan untuk memiliki persepsi atau pandangan akan sesuatu hal yang berbeda-beda pada masyarakat ini. Tidak hanya dari segi persepsi, kebiasaan, pengalaman, dan pengetahuan sering kali begitu beragam sehingga akan sulit untuk menemukan kata sepakat. Intinya, masyarakat multikultur akan cenderung untuk sulit memiliki pendapat yang mutlak satu.

  • Ada Dominasi Politik dan Ekonomi Antara Satu Kelompok ke Kelompok Lainnya

Salah satu ciri ciri masyarakat multikultural adalah adanya segmentasi kelompok, termasuk segmentasi kelompok berdasarkan politik dan ekonomi. Nyatanya, akan ada kelompok yang mendominasi secara politik, yang cenderung memaksakan kebijakan politik kelompoknya demi keuntungan kelompok mereka sendiri. Begitu juga dengan kelompok ekonomi, mereka akan mengusahakan agar kelompok mereka yang mendapatkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya.

  1. Sering Terjadi Konflik yang Mengatasnamakan SARA (Suku, Agama, Ras)

Karena terdiri dari berbagai kelompok yang berbeda suku, ras, dan agama, masyarakat multikultural akan cenderung mengalami konflik yang mengatasnamakan SARA. Hal tersebut terjadi karena satu kelompok dan kelompok lainnya merasa bahwa merekalah yang paling baik dan benar. Dengan demikian, karena kurangnya konsensus, konflik antar kelompok akan lebih mudah tercipta.

Singkatnya, masyarakat multikultural memiliki banyak tantangan dalam keharmonisan sosialnya, tidak terkecuali Indonesia. Karakteristik masyarakat multikultural di atas bisa dijadikan rambu untuk mencegah konflik dan pengingat bahwa masyarakat ini memiliki kekayaan budaya yang lebih banyak dibandingkan kelompok masyarakat lainnya.

Sekarang sudah jelaskan seperti apa Karakteristik Masyarakat Multikultural (Majemuk) ini? Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat sekaliggus menambah pengetahuan kamu tentang Sociology lesson.

Baca: Ini Rahasia Miliki Anak Cerdas, Pintar dan Sholeh!