Kenali Kata-kata Bohong yang Sering Diucapkan Orangtua

Posted on

Perlu Anda ketahui kata-kata bohong yang sering diucapkan orangtua bisa menimbulkan dampak yang tidak baik padanya. Kenapa? karena kata-kata orang tua kepada anak ini yang bersifat bohong bisa berakibat membuat anak manja. Jika hal ini terus dilakukan bisa membuat anak tumbuh menjadi suka bohong kepada orang tua, bahkan jadi pembohong. Oleh karena itulah dalam melontarkan kata-kata pada anak jangan berkata bohong. Ajarkan kepadanya bahwa Bohong itu dosa. Alangkah baiknya jika dalam cara mendidik anak, Anda mengatakan yang sebenarnya padanya. Sebab perilaku negatif yang Anda lakukan bisa dicontoh dan akan terus melekat dimemorinya. Dan tentu saja, jika hal itu sudah terjadi anda harus mencari tahu cara mengatasi anak yang tidak jujur.

kata-kata bohong yang sering diucapkan orangtua
kata-kata bohong yang sering diucapkan orangtua

 

Lantas, apa kata-kata bohong sering diucapkan orangtua ini? agar semakin jelas, yuk simak lansiran dibawah ini bun.

Ini kata-kata bohong sering diucapkan orangtua

 

  • Suka Bohong, Menakuti anak dengan orang asing

Salah satu kata-kata bohong sering diucapkan orangtua adalah menakutinya dengan orang asing. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari tingkah laku anak yang tidak wajar oleh orangtua. Namun, hal tersebut justru akan berakibat anak dendam. Mengapa? karena ia tidak bisa melakukan keinginannya tersebut. Dengan kata lain anak bisa saja ngambek kepada Anda. Alangkah baiknya jika Anda memberikan pengertian padanya agar tidak melakukan perbuatan yang tidak baik. Sebab menakuti anak dengan orang asing bukan jalan yang terbaik.

  • Kata-kata Bohong : Jangan nakal nanti disuntik oleh dokter

Selain mengatakan ada orang asing kata-kata bohong sering diucapkan orangtua adalah jangan nakal. Namun bukan hanya jangan nakal tapi masih ada kelanjutan dari kata-kata tersebut yakni nanti disuntik dokter. Tahukah Anda perkataan Anda tersebut bisa membuat anak tidak menyukai dokter. Dengan begitu citra dokter dimata anak Anda akan menjadi jelek. Sehingga jika ia diajak ke dokter akan enggan karena ditakut-takuti akan disuntik. Oleh karena itulah jangan pernah mengatakan hal tersebut pada anak-anak.

  • Kata Pembohong: Janji palsu

Adapun kata-kata bohong sering diucapkan orangtua adalah janji palsu. Misalnya Anda berkata pada anak jika ia bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik akan diberi hadiah. Namun kenyataannya Anda tidak memberinya hadiah hanya memberikan harapan palsu. Kejadian ini bisa menimbulkan kekecewaan pada anak. Bahkan juga bisa menimbulkan dampak negatif yang bisa merugikan bagi perkembangannya. Alangkah baiknya jika Anda berkata sebenarnya jangan hanya berjanji. Sehingga membuat anak banyak berharap atas perkataan yang telah Anda ucapkan.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai kata-kata bohong sering diucapkan orangtua kepada anaknya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk semuanya. Wajib Dibaca! Ini Dia Cara Mengasuh Anak Korban Perceraian