Masuk Angin, Penyebab dan Gejala serta Cara Efektif Mengobatinya secara Alami

Posted on
Masuk Angin
Masuk Angin

Sebenarnya, istilah masuk angin di dunia medis itu tidak ada, sebab para ahli medis biasanya mengkategorikan masuk angin sebagai “common cold” atau yang lebih dikenal dengan nama flu. Ya, sebenarnya masuk angin itu sendiri memang lebih mengarah ke gejala flu, sebab gejalanya yang ditimbulkan memang cukup mirip dengan gejala flu. Ada berbagai penyebab masuk angin, namun biasanya, masuk angin disebabkan karena udara yang terlalu dingin, apalagi bila orang tersebut memang tidak terlalu kuat terhadap udara dingin. Udara dingin yang dimaksud misalnya, terlalu lama di dalam ruangan ber-AC, atau bila terkena paparan air hujan. Nah, berbicara mengenai hujan, maka biasanya pula banyak orang yang mengalami masuk angin di saat musim pancaroba seperti saat ini. Hal tersebut disebabkan karena adanya peralihan dari udara panas ke dingin. Bila dijelaskan secara logika, ketika udara dingin, maka tubuh manusia akan mengalami vasikontriksi, yaitu suatu kondisi dimana pembuluh darah menyempit sehingga peredaran darah dalam tubuh pun akan berkurang. Hal seperti itulah yang kemungkinan membuat kondisi tubuh merasa tidak enak dan termasuk dalam gejala masuk angin. Selain itu, masuk angin juga dapat disebabkan karena pola makan yang kurang teratur, sehingga mengakibatkan perut kosong dan hanya terisi angin. Hal tersebut akan membuat anda merasa mual dan ingin muntah, namun tidak ada yang dapat dimuntahkan, sebab pada dasarnya perut anda sedang kembung.

Selain mengalami kondisi tubuh yang terasa kurang enak, gejala masuk angin lainnya cukup beraneka ragam, mulai dari tubuh yang terasa kedinginan hingga menggigil. Selain itu, masuk angin, juga mengakibatkan tubuh terasa lemas serta mudah mengantuk, faktor ini biasanya disebabkan pula karena nafsu makan yang berkurang. Gejala lainnya yang umumnya terjadi adalah sulit buang angin dan tubuh mengeluarkan keringat dingin, serta seperti gejala flu yang biasanya terjadi yaitu kepala pusing disertai dengan batuk pilek.

Nah, bila anda merasakan gejala-gejala yang seperti itu, sebaiknya anda tidak sembarang mengkonsumsi obat tanpa resep dokter, sebab meskipun terlihat seperti penyakit yang tidak terlalu serius, namun tetap saja sebaiknya segala obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh hendaknya atas sepengetahuan dokter. Sebenarnya, gejala masuk angin itu sendiri dapat dengan mudah untuk sembuh sendiri, apalagi bila kondisi daya tahan tubuh anda dalam keadaan prima, maka bukan tidak mungkin, tanpa mengkonsumsi obat sekalipun, kondisi tubuh yang terkena masuk angin akan membaik dengan sendirinya. Namun, agar gejala tersebut segera membaik, ada beberapa cara mengatasi masuk angin secara alami yang cukup efektif dan layak untuk anda terapkan, diantaranya seperti :

  • Istirahat yang cukup
  • Cegah dehidrasi dengan banyak minum air putih, setidaknya 2 liter setiap harinya
  • Makan-makanan yang bernutrisi
  • Hindari ruangan ber-AC
  • Minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh, contohnya seperti air jahe
  • Mengolesi bagian perut dengan menggunakan minyak kayu putih

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai masuk angin. Meskipun terdengar sepele, namun sebaiknya anda tidak meremehkan sebuah penyakit, setidaknya anda perlu berusaha agar kondisi tubuh anda segera pulih dari masuk angin, agar tak mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Dan, bila kondisi tubuh anda masih belum pulih selama 3 hari, padahal sudah berbagai cara tradisional anda lakukan, maka sebaiknya segera periksakan kondisi anda ke dokter, sebab kemungkinan ada infeksi bakteri yang perlu mendapatkan penanganan medis yang lebih serius.