Mengkudu, Si Buruk Rupa yang Kaya Khasiat

Posted on
Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Mengkudu atau yang memiliki nama ilmiah Morinda Citrifolia ini merupakan salah satu buah yang selalu dijadikan sebagai herbal alami untuk mengobati beragam penyakit. Meskipun dari segi tampilan hingga aromanya, buah yang ciri khasnya memiliki bentuk lonjong namun kurang teratur serta dipenuhi bintik-bintik pada permukaannya ini tergolong sebagai buah yang buruk rupa, namun karena mampu membantu mengobati berbagai penyakit, maka tak mengherankan bila buah mengkudu sering diincar cukup banyak orang.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah mengkudu ini mengandung beragam senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan mengkudu yang bermanfaat tersebut terdiri dari :

  • Scolopetin yang berguna sebagai anti radang serta anti alergi
  • Xeronine dan Proxeronine, meskipun mengkudu tidak terlalu banyak mengandung xeronine, namun mengkudu kaya akan proxeronine yang mampu membentuk xeronine untuk mengaktifkan protein, mengatur struktur serta bentuk sel yang aktif
  • Terpenoid berfungsi untuk membantu proses sintetis organic, dan juga pemulihan sel tubuh

Selain mengandung beragam senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, buah mengkudu juga bersifat anti bakteri yang mampu membunuh beragam jenis bakteri, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Bukan hanya itu saja, namun dengan mengkonsumsi mengkudu maka sifat anti bakteri tersebut juga mampu mengendalikan bakteri pathogen yang mematikan seperti Salmonella montivideo, S. scotmuelleri, S. typhi, Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus. Mengkudu juga termasuk jenis buah yang kaya nutrisi, mulai dari protein, vitamin, hingga jenis mineral seperti selenium juga terkandung dalam buah buruk rupa ini. Selenium sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang mampu bertindak sebagai antioksidan yang luar biasa.

Karena beragam kandungan yang berkhasiat itulah, maka tak mengherankan bila mengkudu memiliki banyak manfaat. Berikut ini ada beberapa khasiat mengkudu yang tidak hanya untuk kesehatan saja namun juga untuk kecantikan :

  • Mencegah perkembangan sel kanker

    Karena mengandung mineral yang mampu berperan sebagai antioksidan, maka buah mengkudu tepat untuk digunakan sebagai herbal alami yang mampu mencegah perkembangan sel kanker. Jenis kanker yang biasanya dapat dicegah perkembangan sel kankernya dengan buah mengkudu adalah kanker serviks dan kanker payudara

  • Meredakan nyeri ketika menstruasi

    Rasa nyeri ketika menstruasi dapat diredakan oleh buah mengkudu. Selain itu, buah ini juga diyakini mampu mengurangi perubahan hormon yang biasanya dialami wanita ketika sedang menjelang menstruasi atau tepatnya pada saat PMS (Pre Menstruasi Syndrome)

  • Mencegah tulang keropos

    Buah mengkudu yang kaya berbagai kandungan senyawa, diantaranya seperti metil asetil, morindone, dan asam kapril mampu membuat tulang menjadi kuat dan pada akhirnya tulang keropos pun dapat dicegah

  • Mengobati kulit bersisik

    Selain untuk kesehatan tubuh, buah mengkudu juga berperan dalam kesehatan kulit, khususnya untuk menghilangkan kulit bersisik. Agar kulit anda menjadi lebih halus dan tidak bersisik lagi, maka yang perlu anda lakukan hanyalah menggosokkan buah mengkudu ke bagian kulit yang bersisik kemudian diamkan sejenak setidaknya selama 10 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Itulah beberapa khasiat yang bisa anda dapatkan dari buah mengkudu, hebatnya lagi, ternyata bukan hanya buahnya saja yang kaya manfaat, pasalnya, daun mengkudu pun dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti herbal alami untuk obat ambeien, mengatasi perut kembung pada anak dan juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat yang membandel.