Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Pada Trisemester Pertama

Posted on

Ngomong-ngomong membahas tentang makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama ini sangat perlu sekali lho bunda! Karena pada trisemester pertama ibu hamil sering mengalami gangguan kesehatan. Nah, supaya bisa terhindar dari bahaya tersebut maka harus mengetahui apa saja menu makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa menyehatkan tubuh saat kehamilan di trisemester pertama. Kenapa? karena faktanya banyak para wanita yang mengalami keguguran pada usia kehamilan muda. Faktor penyebab utamanya adalah salah konsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama. Oleh karena itulah pada trisemester pertama konsumsilah makanan yg baik untuk ibu hamil.

Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Pada Trisemester Pertama
Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Pada Trisemester Pertama

Lalu, apa saja makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama ini? Berikut ini ulasannya.

Ini beberapa makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama

  • Sayuran harus ada dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama adalah sayuran. Karena sayur ini bisa mengurangi resiko morning sickness pada awal kehamilan. Sebab didalam sayur terdapat kandungan zat besi. Pasalnya zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk pembentukan hemoglobin. Namun bukan hanya itu ternyata didalam sayuran terdapat kandungan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil serta janinnya. Sedangkan sayuran yang dibutuhkan oleh ibu hamil, diantaranya brokoli, bayam, jagung, aspargus dan sawi.

Khusus untuk sayuran Asparagus selengkapnya ada di >> Wajib Baca! Ini Dia 3 Manfaat Asparagus untuk Ibu Hamil

  • Menu Buah sehat untuk ibu hamil

Salah satu makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama yaitu buah. Mengkonsumsi buah bisa membantu meningkatkan stamina. Bahkan konsumsi buah bisa juga mencukupi kebutuhan akan vitamin tubuh. Buah yang dikonsumsi ibu hamil bisa juga mengatasi sembelit karena kaya akan kandungan seratnya. Buah tersebut yakni pisang dan apel yang mempunyai kaya akan sumber serat. Sedangkan jenis buah-buahan yang mengandung asam folat tinggi, seperti buah jeruk, pisang, alpukat dan strawberry. Memang konsumsi buah baik untuk ibu hamil, namun bukan untuk semua buah baik terutama saat hamil muda, seperti buah pepaya mentah, nanas muda, delima dan durian. Untuk penjelasannya bisa anda lihat pada artikel sebelumnya yang tertera dibawah ini:

  1. Wajib Diketahui Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil
  2. Waw, Sungguh Menakjubkan Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil
  3. Khasiat Dan Manfaat Buah Apel

 

  • Seafood bisa jadi pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama

Sedangkan makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama lainnya adalah seafood. Mengapa? karena makanan ini mempunyai kandungan yang tinggi akan asam lemak, omega 3 serta protein. Pasalnya nutrisi tersebut bisa menunjang perkembangan ibu hamil. Dan nutrisi itu bisa Anda jumpai pada makanan laut. Oleh karena itu konsumsilah makanan laut, diantaranya ikan, cumi-cumi, udang dan rumput laut.

Demikian sedikit ulasan informasi yang bisa kami bagikan mengenai makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama. sebenarnya masih banyak makanan sehat lainnya. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai makanan sehat ibu hamil pada trisemester pertama bisa bermanfaat.

Baca juga: Ini Dia Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Trisemester Kedua