Mom, Ayo Belajar Tips Memilih Mainan Untuk Anak

Posted on

Mengetahui tips memilih mainan untuk anak penting banget. Mengapa? karena mainan ini adalah alat perantara untuk membuat anak mengetahui hal-hal yang baru. Pemilihan mainan untuk anak ,baik mainan anak laki-laki maupun mainan anak perempuan yang tepat bisa membantu perkembangan otaknya menjadi meningkat. Oleh karena itulah dalam memilih mainan anak edukatif untuk anak-anak jangan sembarangan. Sebab jika salah dalam memilih bisa berdampak buruk. Sebaiknya pilihlah mainan anak edukatif yang bisa membatu meningkatkan kecerdasan otak pada anak, misalnya saja seperti mainan lilin untuk anak. Namun, jika anak anda masih bayi maka pilihlah mainan bayi yang aman untuk digigit.

Tips Memilih Mainan Untuk Anak
Tips Memilih Mainan Untuk Anak

Tetapi ngomong-ngomong bagaimana caranya memilih mainan untuk anak ini? Simak lansirannya baik-baik ya bun!

Ini tips memilih mainan untuk anak

  • Pilihlah Mainan Terbaik untuk Anak sesuai Umurnya

Salah satu tips memilih mainan untuk anak yang paling tepat adalah disesuaikan dengan umurnya. Sebab antara mainan untuk anak usia 1 tahun, mainan untuk anak 2 tahun dan mainan untuk anak 3 tahun pasti akan berbeda-beda. Mengapa itu penting? karena mainan yang sesuai dengan umur bisa menstimulasi otak anak dengan baik. Pemilihan mainan yang tidak sesuai dengan umurnya tentu saja akan membuat stimulasi otak anak jadi kurang maksimal. Oleh karena itu agar perkembangan otak anak meningkat dengan maksimal. Pilih mainan yang disesuaikan dengan umurnya. Biasanya ada beberapa jenis mainan yang mencantumkan informasi tentang usia pada labelnya. Misalnya saja tertulis “mainan edukasi anak 1 tahun“. Jika mainan tersebut dilabelnya terdapat usia anak-anak yang bisa memainkannya maka PT yang memproduksi berkualitas.

  • Daya Tahan, Baik itu mainan anak laki-laki ataupun mainan anak perempuan

Perlu Anda ingat tips memilih mainan untuk anak yang baik adalah mempunyai daya tahan kuat. Kenapa? karena anak-anak ini sering memukul-mukulkan mainannya. Sehingga jika tidak mempunyai daya tahan yang kuat bisa cepat rusak. Dengan begiu tidak bisa dipergunakan lagi mainannya. Nah, jika maianan tersebut yang digunakan anak patah bisa membahayakannya. Karena ditakutkan akan melukai tangannya. Maka dari itu dalam memilih mainan untuk anak sebaiknya mempunyai daya tahan yang kuat.

  • Keamanan mainan untuk anak

Satu hal lagi yang perlu Anda catat adapun tips memilih mainan untuk anak yang tidak boleh dilupakan yakni aman. Kenapa? karena jika mainan yang digunakan anak tidak aman bisa berbahaya. Dalam memilih mainan untuk anak yang baik juga harus bisa dicuci karena agar tetap terjaga kebersihannya. Selain itu juga tidak mudah patah dan memiliki bagian tajam. Jika mainan tersebut mempunyai bagian terkecil yang bisa terkelupas seperti manik-manik atau berwarna jangan diberikan karena takut berbahaya.

Demikian ulasan yang bisa kami informasikan untuk Anda mengenai tips memilih mainan untuk anak. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini seputar mainan untuk anak bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca juga: Gejala Tipes, Kenali Ciri-Cirinya dan Pahami Cara Mengatasinya Secara Alami