Nah, Ini Dia Cara Mendidik Anak yang Suka Berbohong

Posted on

Belajar cara mendidik anak yang suka berbohong ini sangat penting sekali, lho! mengapa? karena dengan cara mendidik anak yang baik yang diberikan ini bisa merubah kebiasaannya yang jelek menjadi baik. Kebiasaan jelek yang dimaksud ini seperti kebiasaan si anak suka berbohong dan mencuri. Meski memang penting juga sebelumnya untuk kita terlebih dahulu mengetahui penyebab anak berbohong dan penanganannya. Namun, tidak hanya itu saja ternyata cara mendidik anak yang benar ini juga bisa membuat anak anda jadi tahu mana perbuatan yang baik dan buruk. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk mengajarkan pendidikan ini agar anak-anak jadi tidak suka berbohong lagi. Dengan begitu anak akan menyadari bahwa bersikap jujur itu penting.

Cara Mendidik Anak yang Suka Berbohong
Cara Mendidik Anak yang Suka Berbohong

Lalu, bagaimana cara mendidik anak yang suka berbohong ini? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Ini cara mendidik anak yang suka berbohong

  • Cara mendidik anak yang baik : Katakan bahwa Anda menyukai kejujuran meskipun menyakitkan

Mengatakan hal yang sebenarnya adalah salah satu cara mendidik anak yang suka berbohong. Mengapa? karena dengan fakta yang ia terima akan membuatnya mengerti bahwasannya kejujuran ini penting daripada berkata bohong. Meskipun terkadang kejujuran ini membuat menyakitkan perasaan. Jangan lupa katakan pada anak bahwa Anda menyukai sebuah kejujuran walaupun menyakitkan. Perkataan seperti tersebut akan membuat anak Anda berlatih untuk bersikap jujur kepada orangtuanya.

  • Cara mendidik anak yang benar: Tunjukkan rasa cinta kasih kepada anak

Salah satu yang terpenting dalam cara mendidik anak yang suka berbohong adalah menunjukkan rasa cinta. Adapun rasa cinta yang ditunjukkan oleh orangtua ini bisa membuat anak terbuka jika ada masalah. Dan justru sebaliknya jika orangtua tidak menunjukkan rasa cintanya anak akan lebih tertutup jika ada masalah dan lebih memilih menyimpannya sendiri. Tahukah Anda justru yang seperti ini bisa membuat anak dan Anda hubungannya renggang.

  • Cara mendidik anak yang bandel: Pendekatan secara lembut, namun tetap bersikap tegas

Sedangkan cara mendidik anak yang suka berbohong lainnya yang bisa diterapkan, yaitu pendekatan secara lembut dengan bersikap tegas. Maksudnya disini adalah setiap permasalah yang terjadi pada anak harus diselesaikan dengan pendekatan. Namun, juga tidak melupakan unsur ketegasan dalam mendidiknya. Sehingga anak bisa mengetahui mana yang buruk dan baik dengan begitu tidak akan mengulanginya kembali. Satu hal yang perlu diperhatikan jangan berperasangka buruk dulu pada anak. Berilah kesempatan pada si kecil menjelaskan mengapa ia berbohong.

Nah, demikian ini sedikit ulasan informasi yang bisa kami berikan mengenai cara mendidik anak yang suka berbohong kepada Anda semuanya.

Baca juga: Mengkudu, Si Buruk Rupa yang Kaya Khasiat