Obat Allopurinol (Obat Asam Urat): Kegunaan, Efek Samping dan Dosisnya

Posted on

Nurulku.com – Pernahkah anda mendengar obat allopurinol ? ya bagi anda yang pernah tahu tentang asam urat tentunya sudah tidak asing lagi dengan obat ini.  Allopurinol adalah obat yang bermanfaat untuk mencegah serangan penyakit gout dengan cara menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Penyakit gout atau asam urat ini disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat, selain itu kadar asam urat  juga bisa naik akibat pengobatan kemoterapi pada penderita kanker. Selain gout, kadar asam urat yang tinggi juga dapat mengakibatkan terjadinya pembentukan batu ginjal. Lantas, selain sebagai Obat Asam Urat apa lagi kegunaan obat ini? Bagaimana kah gejala asam urat? Apa saja peringatan, dosis dan efek samping yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi obat Allopurinol ini? Lihat jawabannya berikut ini.

Obat asam urat (Obat allopurinol)

Obat allopurinol,  merupakan salah satu dari obat asam urat yang akan kita bahas lebih lanjut.

Obat Allopurinol (Obat Asam Urat): Manfaat, Efek Samping dan Dosisnya
Obat Allopurinol (Obat Asam Urat): Manfaat, Efek Samping dan Dosisnya

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang obat asam urat, berikut ini adalah gejala asam urat yang perlu anda ketahui :

  • Gejala yang paling sering terjadi adalah sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit (terutama sendi jempol kaki).
  • Karena nyeri sendi ini makan penderita asam urat akan kesulitan untuk berjalan . Nyeri ini dapat muncul kapan saja, namun umumnya gejala biasanya lebih terasa di malam hari.
  • Selain nyeri di jempol kaki, sendi sendi lain juga bisa merasa nyeri yang sama misalnya sendi pergelangan kaki, telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan siku.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dan dalam waktu beberapa jam, terkadang nyeri ini disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi.

 

  • Kegunaan Obat allopurinol

Obat allopurinol mampu mencegah terjadi gejala diatas, obat ini adalah obat  yang berjenis penghambat xanthine-oxidase. Manfaat utama dari obat ini adalah sebagai pencegah gout dan juga pembentukan batu ginjal dengan menurunkan kadar asam urat yang tinggi, selain juga mencegah peningkatan kadar asam urat pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa.

  • Peringatan pada Kemasan Obat allopurinol

Obat allopurinol, sebagai obat asam urat harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter, harus mengikuti pula petunjuk dokter dan peringatan yang ada dikemasan obat tersebut.

Adapun peringatan yang cukup penting dari obat tersebut adalah :

  1. Obat ini boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan, wanita yang sedang  hamil, maupun wanita yang  sedang menyusui,namun pastikan dosisnya sesuai  dengan anjuran dokter.
  2. Untuk anak-anak , pastikanlah dosis allopurinol ini  kepada dokter.
  3. Jika anda memiliki gangguan pada ginjal dan hati, harap berhati hati.
  4. Apabila saat dikonsumsi nampak gejala  alergi, segera hubungi dokter.
  • Dosis obat allopurinol , obat asam urat

Untuk Dosis obat allopurinol biasanya akan diberikan sebanyak 100-600 mg tiap hari. Tentunya Dosis  yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi dan tingkat keparahan sakit pasien , dan respons tubuh terhadap obat.

Sedangkan dosis untuk pasien anak-anak  disesuaikan dengan berat badan mereka.

  • Efek Samping obat allopurinol

Obat allopurinol, sebagai obat asam urat ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi pada beberapa orang yaitu dapat menimbulkan terjadinya ruam pada kulit. Apabila dalam mengkonsumsi anda mengalami hal yang tidak nyaman dengan tubuh anda segera hubungi dokter.

Dalam mengkonsumsi obat allopurinol untuk mengobati asam urat di kaki , harus lah dikonsumsi secara benar dan sesuai petunjuk, hal ini untuk menghindari efek samping dan agar obat dapat bekerja dengan baik. Perhatikanlah anjuran dokter dan juga informasi di kemasan obat .

Demikianlah informasi tentang obat allopurinol, sebagai obat asam urat, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda khususnya yang sedang mencari informasi mengenai obat asam urat di apotik.

Baca juga: Cara Jitu untuk Mencegah Rematik