Obat Azithromycin (Obat Infeksi Bakteri Ampuh): Fungsi, Dosis dan Efek Samping

Posted on

Nurulku.com – Obat azithromycin adalah obat infeksi bakteri ampuh yang sangat bagus dan cocok untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Pernahkah anda mendengar nama obat ini? Azithromycin merupakan obat untuk infeksi bakteri. Banyak sekali berbagai penyakit yang timbul diakibatkan oleh bakteri. Bakteri yang masuk ke dalam lingkungan yang kotor dan bertahan, berkembang dan bahkan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit. Bakteri pun terdiri dari berbagai macam yang dapat menimbulkan penyakit yang berbeda-beda pula. Hal ini tentu sangat membahayakan kan bagi manusia dan juga bagi masyarakat baik tua, muda maupun anak-anak. Lantas berapa dosis obat yang dibutuhkan? Apa saja efek samping Obat Azithromycin ini? Lihat selengkapnya dibawah ini.

Obat infeksi bakteri ampuh

Obat Azithromycin (Obat Infeksi Bakteri Ampuh): Fungsi, Dosis dan Efek Samping
Obat Azithromycin (Obat Infeksi Bakteri Ampuh): Fungsi, Dosis dan Efek Samping

Dalam mengobati bakteri, diperlukan obat yang ampuh dan dapat membunuh semua bakteri sehingga mati. Obat azithromycin yang dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan penyakit anda.

  • Komposisi obat Azithromycin

Komposisi dari obat Azithromycin adalah mengandung zat antibiotik azithromycin dihydrate. Obat ini sangat efektif untuk membunuh segala bakteri selain itu juga membantu anda sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

  • Fungsi obat Azithromycin

Obat Azithromycin, obat infeksi bakteri ampuh ini memang adalah termasuk dalam  obat antibiotik yang berguna untuk melawan bakteri. Oleh sebab itu obat azithromycin, bermanfaat dalam pengobatan berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Infeksi tersebut diantaranya adalah  infeksi pernapasan, telinga, kulit , dan infeksi pada alat kelamin. Obat azithromycin juga dapat digunakan untuk pengobatan atau pencegahan penyebaran infeksi Mycobacterium avium complex (bakteri ini adalah jenis infeksi paru-paru yang sering diderita oleh pasien HIV). Obat azithromycin, obat infeksi bakteri ampuh ini tersedia dalam bentuk tablet dan cairan suspensi.

  • Cara Konsumsi obat Azithromycin

Pada saat mengkonsumsi obat azithromycin, haruslah sesuai dengan petunjuk dokter karena memang obat ini hanya dapat diperoleh dari resep dokter. Tanpa resep dokter tentunnya anda tidak akan dilayani.

Selain itu banyak pula peringatan akan obat ini, sehingga anda harus melihat petunjuk dan informasi saat meminum obat ini. Peringatan saat mengkonsumsi obat ini adalah  :

  1. Untuk wanita hamil yang mengkonsumsi obat ini , dosisnya harus sesuai anjuran dokter.
  2. Obat azithromycintidak diperboleh dikonsumsi untuk wanita menyusui.
  3. penggunaan azithromycin pada anak – anak harus tepat dosisnya dan sesuai dengan anjuran dokter
  4. Untuk mencegah terjadinya kembali infeksi yang bahkan mungkin bisa saja dengan potensi lebih parah, maka usahakanlah mengonsumsi semua dosis obat ini sesuai yang diresepkan oleh dokter
  5. Waspadalah kepada penggunaan penderita gangguan otot (myasthenia gravis), ginjal, kelainan detak jantung dan organ hati.
  6. Apabila terjadi reaksi alergi  saat mengkonsumsi obat ini, maka segeralah  hentikan meminumnya dan hubungi
  •  Efek samping obat Azithromycin

Dalam mengkonsumsi obat azithromycin,obat infeksi bakteri ampuh dan terpercaya memiliki beberapa efek samping. Efek samping ini sebenarnya berbeda-beda pada setiap orang, hal ini disesuaikan dengan keadaan tubuh maing-masing pasien .

Efek samping tersebut diantaranya dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang, mual, sakit perut, diare dan sakit kepala.

  • Dosis Azithromycin

Untuk dosis mengkonsumsi obat azithromycin harus lah sesuai dengan perintah dokter, dosis  bagi orang dewasa yaitu : Untuk penyakit Chlamydia, dosisnya adalaj 1gr sekaligus – 1 dosis saja.

Infeksi bisa berbeda-beda dan terdiri dari banyak jenis. Ada infeksi bakteri yang lainnya diberikan dosis 500-2000mg perhari . Jika  kondisi berangsur mereda dan membaik , dosis bisa dikurangi menjadi 250mg perhari.

Demikianlah informasi tentang obat azithromycin, obat infeksi bakteri ampuh dan terpercaya. Kegunaan obat azithromycin sangat bermanfaat untuk penyakit . Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Baca juga: Beragam Manfaat Terapi Air Garam untuk Kesehatan Tubuh