Obat Levofloxacin (Obat Infeksi Karena Bakteri) : Kegunaan, Efek Samping, Dosis dan Anjuran Pemakaian

Posted on

Nurulku.com – Obat levofloxacin dapat digunakan sebagai obat infeksi karena bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia. Penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri sangat lah banyak, jika kita berada di lingkungan yang kotor, akan mudah bakteri masuk ke dalam tubuh kita dan akan berkembang biak yang dapat menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu diperlukan obat yang mampu melawan  bakteri bagi anda yang sudah terlanjur menderita infeksi karena bakteri.Lantas apa saja kegunaan Obat Levofloxacin? Berapa Dosis penggunaannya? Efek samping Obat Levofloxacin ini apa saja? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kegunaan Obat levofloxacin

Obat Levofloxacin (Obat Infeksi Karena Bakteri) : Kegunaan, Efek Samping, Dosis dan Anjuran Pemakaian
Obat Levofloxacin (Obat Infeksi Karena Bakteri) : Kegunaan, Efek Samping, Dosis dan Anjuran Pemakaian

Obat levofloxacin merupakan obat untuk menyembuhkan anda yang terkena serangan infeksi bakteri. Levofloxacin termasuk dalam golongan obat  antibiotik quinolone. Infeksi saluran kemih, sinusitis, infeksi pernapasan,  pneumonia, infeksi kulit, jaringan lunak, dan infeksi prostat dapat diobati menggunakan obat ini. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat duplikasi DNA bakteri sehingga dapat mencegah perkembangannya.

  • Obat levofloxacin bukan obat untuk Infeksi Virus

Obat levofloxacin tidak dapat digunakan untuk infeksi karena virus, misalnya seperti flu atau batuk. Obat levofloxacin biasanya digunakan sebagai alternatif jika antibiotik lain sudah tidak mampu  mengatasi infeksi yang ada atau karena alasan tertentu oleh dokter. Obat ini harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter.

Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa. Selain itu juga obat ini hanya tersedia dalam dalam bentuk tablet.

  • Peringatan Penting Obat levofloxacin

Sebelum meggunakan obat infeksi karena bakteri ini sangatlah penting untuk diperhatikan peringatan dan petunjuk yang ada di dalamnya karena jika tidak sesuai akan sangat membahayakan.

Berikut adalah peringatan untuk  Obat Levofloxacin ini:

  1. Tidak diperbolehkna mengkonsumi obat ini untukwanita yang sedang hamil atau menyusui
  2. Bagi pasien yang masih berusia di bawah 18 tahun, harus menanyakan dosis yang tepat pada dokter.
  3. Bagi penderita diabetes, gangguan ginjal, gangguan jantung ,gangguan mental, epilepsi atau kondisi lainnya yang menyebabkan gangguan jantung, kejang, myasthenia gravis atau kondisi yang menyebabkan otot menjadi lemas, Harus berhati-hati dan waspada dalam mengkonsumsi obat ini.
  4. Apabila terjadi reaksi  alergi, segera hubungi dokter.
  • Dosis Obat levofloxacin

Dosis untuk obat levofloxacin ini adalah  untuk dewasa adalah 500 mg per hari. Dosis akan berbeda sesuai dengan keparahan penyakit dan kondisi kesehatan pasien. Pada umumnya levofloxacin diberikan kepada pasien selama 3-14 hari, disesuaikan dengan  tingkat keparahan infeksi

  • Cara penggunaan Obat levofloxacin

Obat infeksi karena bakteri ini harus dikonsumsi dengan benar, ikutilah petunjuk dokter juga yang tertera di dalam kemasan.

Obat ini dapat diminum sebelum ataupun setelah makan. Disarankan untuk mengonsumsi levofloxacin di pagi hari dan  untuk  pada jam yang sama tiap hari nya dalam mengknsumsi obat ini agar efeknya bisa maksimal.

Pada umumnya jarak minumnya adalah 12 jam, namun bagi anda yang lupa jangan mengandakan dosisnya.

Untuk obat ini biasanya dokter akan menganjurkan untuk menghabiskan semua resep walaupun keadaan telah membaik, hal ini bermanfaat untuk mencegah infeksi dari bakteri yang dapat lebih buruk lagi.

Dalam mengkonsumsi obat ini hindarilah mengkonsumsi  obat gangguan pencernaan atau suplemen yang mengandung zink dan zat besi dengan jarak 2 jam dalam mengkonsumsi levofloxacin, karena  dapat menggangu kinerja dan penyerapan obat ini.

  • Efek samping Obat levofloxacin

Dalam mengkonsumsi obat levofloxacin ada pula beberapa efek samping yang mungkin dapat dialami oleh pasien, yaitu mual, diare,gangguan pencernaan,  sakit kepala, pusing dan ganguan tidur. Selain itu bisa jadi kulit pasien akan terasa lebih sensitif pada sinar matahari, dan dapat anda lindungi dengan menggunakan sun block apabila keluar rumah.

Demikianlah informasi tentang obat levofloxacin yang bermanfaat untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda semua seputar obat untuk infeksi bakteri.

Baca juga: 10 Solusi Sehat Tanpa Obat Kimia yang kamu HARUS tahu