Obat Meloxicam (Obat Radang Nyeri): Kegunaan, Cara Kerja, Dosis dan Efek Samping

Posted on

Nurulku.com – Obat Meloxicam adalah obat radang nyeri yang sangat ampuh dalam meredakan nyeri anda. Obat ini sering digunakan dan cocok dengan semua orang. Setiap orang pasti pernah merasakan nyeri dan sakit, terlebih lagi bagi orang tua yang sering mengalami pegal atau pun memiliki penyakit reumatik dan pegal-pegal, nyeri ini sudah pasti akan datang terus dan kambuh hilang di setiap harinya. Selain itu bagi orang muda nyeri juga sering datang dan biasanya akan disembuhkan dengan obat-obatan. Obat meloxicam adalah obat yang cocok untuk radang nyeri dan memiliki manfaat bagi penderitanya.

Kegunaan Obat meloxicam

Obat Meloxicam (Obat Radang Nyeri): Kegunaan, Cara Kerja, Dosis dan Efek Samping
Obat Meloxicam (Obat Radang Nyeri): Kegunaan, Cara Kerja, Dosis dan Efek Samping

Obat meloxicam ini merupakan  salah satu jenis obat anti inflamasi non-steroid. Obat Meloxicam banyak dipakai dan dikonsumsi untuk meredakan gejala-gejala nyeri seperti artritis, misalnya pembengkakan, inflamasi, serta kaku dan nyeri otot. Oleh sebab itu obat meloxicam bisa dibilang merupakan obat radang nyeri yang sangat ampuh dan terkenal.

Adapun beberapa Contoh penyakit artritis yang pada umumnya  dapat ditangani dengan meloxicam adalah osteoartritis, artritis reumatoid, dan ankylosing spondylitis.

  • Cara Kerja Obat meloxicam

Cara kerja dari obat meloxicam ini adalah dengan menghambat enzim yang memproduksi zat prostaglandin, yaitu suatu senyawa yang dilepas tubuh yang menyebabkan rasa sakit serta inflamasi. Dengan cara  menghalangi prostaglandin, obat ini dapat mengurangi rasa sakit dan inflamasi. Namun untuk obat meloxicam sebenarnya tidak menyembuhkan artritis, hanya dapat mengurangi gejala.

  • Obat meloxicam merupakan Obat Resep Dokter

Mengkonsumsi obat meloxicam ini haruslah dengan resep dari dokter , karena obat ini termasuk obat yang keras. Dengan resep dan petunjuk dokter yang tepat makan anda akan bisa sembuh dengan cepat dan terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Obat ini bisa dikonsumsi oleh dewasa dan anak–anak diatas 2 tahun.

Obat ini hanya tersedia dalam bentuk tablet. Adapun peringatan dalam mengkonsumsi obat ini adalah sebagai berikut :

  1. Obat meloxicam sebagai obat radang nyeri sebaiknya dihindari bagi wanita yang sedang hamil dan juga sedang menyusui, karenamengkonsumsi obat ini  dapat berdampak buruk bagi kehamilan, janin dan juga berpengaruh kepada asi.
  2. Untuk konsumsi bagi anak anak sebaiknya tanyakan pada dokter dosis yang tepat.
  3. Sebaiknya obat meloxicam inidikonsumsi dengan makanan atau setelah makan.
  4. Dalam mengonsumsi obat meloxicam jangan mengemudi atau sedang mengoperasikan alat berat karena obat ini dapat menyebabkan rasa kantuk.
  5. Berhati hatilah bagi anda yang menderita tukak lambung atau usus halus, inflamasi usus, asma, alergi terhadap obat anti inflamasi non-steroid lain (misalnya aspirin dan ibuprofen), gangguan hati, gangguan ginjal, penyakit jantung, masalah penggumpalan darah, hipertensi, serta lupus, karena obat ini dapat memperburuk kondisi anda.
  6. Apabila terjadi reaksi alergi, segera hubungi dokter.
  7. Dosis konsumsi meloxicam berbeda-beda  kepada kondisi yang diobati, tingkat keparahan gejala, dan juga respons tubuh pasien.
  8. Pada pasien anak-anak, dosis ada umumnya dosis disesuaikan dengan berat badan.
  • Dosis obat meloxicam

Dosis penggunaan obat meloxicam sebaga iobat radang nyeri pada umumnya yang diberikan untuk orang dewasa adalah 7,5-15 mg per hari. Dosis maksimal dari obat ini adalah 15 mg per hari.

Dalam mengkonsumsi obat radang nyeri ini haruslah sesuai dengan anjuran dokter dan pastikan anda membaca peunjuk dengan tepat. Apabila anda tidak meminum dengan dosis yang tepat, tentu saja obat ini akan memberikan efek samping. Selain itu untuk mencegah efek samping jangka panjang , sebaiknya anda juga rutin memeriksakan perkembangan keadaan anda dan juga keefektifan dari obat ini.

  • Anjuran selama mengkonsumsi obat meloxicam 

Selama meminum obat ini sebaiknya pasien dianjurkan untuk banyak minum agar terhindar dari dehidrasi dan juga sebaiknya kurangilah merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol karena dapat berisiko pada pendarahan di lambung. Jarak konsumsi antar obat  dalam meminumnya sabaiknya jangan terlalu dekat serta janganlah menggandakan dosis obat ini untuk menggantikan jadwal sebeblumnya apabila anda terlewat ataupun lupa.

  • Efek Samping obat meloxicam 

Penggunaan yang tidak tepat dari obat meloxicam ini akan berdampak efek samping yang tidak baik bahkan membahayakan, diantaranya mual, muntah, sakit kepala, gangguan percernaan, jantung berdebar-debar dan sulit tidur. Segera temui dokter apabila anda merasakan alergi atau efek samping yang membuat anda tidak nyaman.

Demikianlah informasi tentang meloxicam obat untuk asam urat dan nyeri . Semoga bisa bermanfaat khususnya untuk anda yang sedang mencari berbagai obat untuk radang nyeri ini.

Baca juga: Ini Dia Cara Jitu untuk Mencegah Rematik