Obat Microlax untuk Penderita Wasir: Fungsi, Dosis, Harga dan Efek samping

Posted on

Nurulku.com – Obat Microlax selain untuk penderita wasir , bisa juga digunakan sebagai pencahar yang akan memberikan kemudahan untuk buang air. Obat ini biasanya juga diterapkan bagi orang yang mengalami masalah dalam saluran pencernaan seperti sembelit.Lalu berapa dosis microlax yang tepat? Seperti apa reaksi microlax untuk penderita wasir? Apa saja Efek samping dari obat wasir ini? Serta bolehkan microlax untuk ibu menyusui digunakan? Temukan jawaban lengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Obat Microlax untuk Penderita Wasir Fungsi, Dosis, Harga dan Efek samping
Obat Microlax untuk Penderita Wasir Fungsi, Dosis, Harga dan Efek samping

Penggunaan obat ini harus tepat bagi penderita agar tidak memberikan efek samping berlebihan bagi kondisi tubuh. Selain itu, obat ini juga bisa diterapkan dengan atau tanpa resep dokter. Dosis yang diberikan juga harus sesuai dengan anjuran dan kondisi tubuh. Beberapa dokter menyarankan obat ini lebih diutamakan bagi penderita yang mengalami gangguan saluran pembuangan bagi dewasa, anak-anak, hingga ibu hamil dan microlax untuk ibu menyusui.

 Obat Microlax untuk Penderita Wasir

Komposisi dari Obat Microlax ini terdiri dari beberapa kandungan penting yang akan melancarkan proses pembuangan sisa makanan. Pada setiap 5 ml obat ini terdapat Natrium Lauril Sulfoasetat, PEG 400, Sorbitol, Natrium Sitrat, Asam Sorbat dan lainnya.

  • Reaksi microlax saat digunakan pada penderita Wasir

Kandungan ini juga yang berfungsi untuk membuat massa feses lebih cair. Selain itu, pada bagian saluran rectum juga akan dilumasi dengan lapisan yang tidak terlalu kasar yang akan memudahkan proses pembuangan air besar.

Hal ini tentu saja akan memberikan pengaruh yang sangat baik bagi otot usus agar terhindar dari kondisi radang. Namun, perlu diingat bahwa obat ini sangat tidak dianjurkan bagi para penderita penyakit wasir yang cukup parah. Selain itu, obat ini juga harus dihindari dari penderita radang usus besar yang juga menyebabkan pendarahan berlebihan.

  • Fungsi microlax

Fungsi terbaik yang diberikan pada Obat Microlax melibatkan cara kerja yang sangat maksimal. Pada saat anda mengkonsumsi obat ini maka akan timbul reaksi Natrium Lauril Sulfoasetat seperti menurunkan tegangan yang terjadi pada permukaan feses dan membuat feses itu sangat mudah untuk dibasahi.

Selain itu, kandungan Sorbitol dianggap akan lebih mudah menyerap air ke melalui usus besar hingga melunakkan feses yang sangat keras. PEG 400 yang terdapat dalam kandungan obat ini juga akan melumasi bagian rectum dan memudahkan keluarnya feses. Kinerja dari masing-masing kandungan utama dalam obat ini biasanya akan menimbulkan reaksi yang sangat berbeda pada masing-masing penderita.

  • Dosis microlax untuk dewasa dan anak-anak

Obat Susah Buang Air Besar ini bisa digunakan untuk berbagai usia seperti dewasa dan anak-anak. Namun, dosis yang diberikan juga harus melalui perhitungan usia dan kondisi penyakit yang diderita.

Pada aturan pakai yang tertera di kemasan, obat ini bisa diberikan untuk anak yang sudah berusia lebih dari 3 tahun hingga orang dewasa dengan dosis 1 tube. Namun, bagi anak yang masih berusia 1-3 tahun sebaiknya cukup diberikan hanya setengah tube saja.

  • Microlax untuk ibu menyusui, apakah boleh dan aman digunakan?

Ibu yang sedang menyusui anak boleh menggunakan Microlak karena microlax untuk ibu menyusui adalah aman. Namun, perlu diingat penggunaan obat Microlax ini janganlah terlalu sering mengingat Efek samping yang ada. Untuk lebih pasti, anda bisa coba konsultasikan ke Dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan Obat ini.

Baca juga: Apa Penyebab diare saat hamil muda ?

  • Efek samping microlax untuk penderita wasir

Hal ini dilakukan agar anak kecil tidak mengalami overdosis dari obat ini. Apalagi obat ini memiliki efek samping yang harus dipertimbangkan. Efek samping akibat terlalu banyak mengkonsumsi obat pencahar ini adalah diare hingga kekurangan cairan tubuh.

  • Kelebihan Obat Wasir Microlax

Masing-masing penderita yang mengalami gangguan saluran pembuangan memiliki reaksi microlax berbeda. Obat ini dianggap memiliki keunggulan yang berbeda dibandingkan obat pencahar lainnya. Obat ini mampu bekerja sangat cepat dalam mengatasi susah buang air besar. Selain itu, obat ini juga dianggap sangat amat karena bereaksi hanya pada bagian saluran pembuangan saja. Hal ini justru akan sangat aman bagi tubuh anda karena tidak mudah tersebar. Bahkan, obat ini juga bisa digunakan berbagai kalangan usia dari anak-anak hingga dewasa dan juga ibu hamil. Tentu saja penggunaannya disarankan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

  • Harga microlax di Apotik

Untuk harga obat microlax ini, bisa anda beli pada kisaran harga Rp 20.000 untuk kemasan Microlax Gel 5ml dan harga Rp 45.000 untuk kemasan Microlax Enema Family Pack di Apotik.

Berikut itulah informasi Obat Microlax untuk Penderita Wasir: Fungsi, Dosis, Harga dan Efek samping. Semoga bisa menambah wawasan anda semua ya.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Gejala Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai