Obat Piroxicam untuk Penyakit artritis reumatoid: Kegunaan, Dosis dan Efek Samping

Posted on

Nurulku,com – Pernahkah anda mendengar obat piroxicam? Ya, obat  Piroxicam adalah obat untuk terapi simtomatik artritis reumatoid . Bagi anda mungkin sudah pernah mendengarnya tapi ada beberapa orang yang belum pernah mengetahuinya. Namun sebelumnya tahukah anda apakah penyakit artritis reumatoid? Sebelum menjaba itu, sudah tahukah juga anda Manfaat, Dosis, Efek samping dan cara pemakaian Obat Piroxicam ini? Jika belum, silahkan lihat ulasannya dibawah ini.

Penyakit artritis reumatoid

Obat Piroxicam untuk Penyakit artritis reumatoid Kegunaan, Dosis dan Efek Samping
Obat Piroxicam untuk Penyakit artritis reumatoid Kegunaan, Dosis dan Efek Samping

Penyakit Artritis reumatoid merupakan salah satu dari penyakit autoimun , yaitu penyakit yang ada di tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh sendiri, hal ini berakibat adanya peradangan didalam waktu yang lama pada sendi. Penyakit ini menyerang persendian dan juga menimbulkan rasa nyeri dan kaku di seluruh sendi, misalnya saja sendi pada dipergelangan tangan, lutut, buku – buku jari dan juga engkel kaki. Dan bahkan pula menyerang  sendi di tulang belakang, leher, bahu, pinggul, rahang serta sambungan diantara tulang sangat kecil di telinga bagian dalam.

  • Gejala Penyakit artritis reumatoid

Gejala awal  dari sakit artritis reumatoid  adalah nyeri,  kelelahan yang mendadak,  kaku sendi di pagi hari serta pembengkakan di daerah sendi kecil pada buku – buku jari dan pergelangan di kedua tangan. Karena bahayanya penyakit  ini maka tentu saja harus segera dilakukan berbagai pengobatan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi obat – obatan khusus untuk artritis reumatoid yaitu piroxicam.

Obat piroxicam sebagai terapi simtomatik artritis reumatoid akan membantu mengurangi nyeri anda, namun dalam mengkonsumsi obat ini harus sesuai petunjuk dan dosis dokter.

  • Manfaat Lain obat piroxicam

Obat piroxicam selain digunakan untuk terapi pada penderita artritis reumatoid , namun juga di gunakan untuk mengobati osteoartritis, gout atau serangan asam urat akut, ankilosing spondilitis dan gangguan musculoskeletal atau tulang dan otot  yang akut.

  • Efek Samping obat piroxicam

Dalam mengkmsumsi obat piroxicam , harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter dan juga memperhatikan petunjuk dengan tepat. Karena apabila penggunaan yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan petunjuk dapat menimbulkan efek samping yang serius.

Efek samping yang dapat timbul diantaranya adalah stomatitis atau sariawan, kembung, konstipasi, rasa tidak nyaman diperut, mual , diare dan nyeri perut. Selain itu ada pula kemungkinan sakit kepala, ruam kulit, gatal atau pruritus, dan penurunan hemoglobin.

Peringatan dan petunjuk untuk  penggunaan obat Terapi simtomatik artritis reumatoid ini adalah sebagai berikut :

  1. Sebaiknya hindari mengkonsumsi piroxicam bagi anda pasien yang memiliki riwayat tukak lambung atau perdarahan di lambung dan juga hipersensitif terhadap komposisi obat atau Piroxicam, aspirin serta penderita bronkospasma atau penyempitan saluran nafas,angioedema atau urtikaria dan polip hidung jika diberikan asetosal atau obat antiinflamasi non steroid lain.
  2. Obat ini tidak boleh diminum oleh wanita hamil, wanita menyusui dan juga anak-anak.
  3. Jangan pula mengkomsumsi obat ini bagi anda yang memiliki gangguan jantung, , hipertensi, ganguan pencernaan, keadaan kecenderungan retensi air, ginjal dan hati.
  4. Bagi anda pasien yang memiliki gangguan penglihatan disaat mengkonsumsi Piroxicam , sebaiknya sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata.
  • Dosis obat piroxicam

Dosis untuk penggunakan piroxicam adalah sebagai berikut :

  1. Untuk dewasa penderita rematoid artritis, osteoartritis dan ankylosing spodilitis, konsumsilah 1×20 mg perhari.
  2. Untuk dosis pemeliharaan 1x20mg perhari.
  3. Untuk pasien gout akut 1x40mg perhari diberikan 4-6 hari berikutnya.
  4. Untuk pasien gangguan muskuloskeletal akut 1x40mg perhari diberikan selama 2 hari dan selanjutnya 1x20mg perhari selama 7-14 hari.

Demikian informasi tentang obat piroxicam terapi simtomatik artritis reumatoid, peringatan dan manfaat obat piroxicam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya yang sedang mencari informasi mengenai obat ini.

Baca juga: 8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan