Obat Tetes Hidung Ephedrine: Cara Menggunakan, Kegunaan dan Efek Samping

Posted on

Nurulku.com – Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengenal Obat Tetes Hidung Ephedrine. Obat Ephedrine merupakan jenis obat dekongestan yang berfungsi untuk mengatasi gejala hidung tersumbat. Baik itu hidung tersumbat akibat terserang pilek, maupun hidung tersumbat yang disebabkan karena hidung sensitif dengan perubahan cuaca yang terjadi. Penasaran ingin mengenal lebih jauh Obat Ephedrine ini? Mulai dari cara penggunaan, efek samping, harga obat efedrin hingga peringatan-peringatan untuk pemakainya? Langsung saja disimak ulasannya dibawah ini ya

Obat Tetes Hidung Ephedrine Cara Menggunakan, Kegunaan dan Efek Samping
Obat Tetes Hidung Ephedrine Cara Menggunakan, Kegunaan dan Efek Sampingobat

Sebenarnya untuk mengatasi hidung tersumbat seperti ini selain menggunakan ephedrine juga dapat dilakukan dengan cara mandi menggunakan air hangat atau menghirup uap dari air panas. Namun, mungkin cara-cara seperti ini tidak akan memberikan efek rasa nyaman seperti saat menggunakan obat ephedrine.

Siapa yang Boleh Menggunakan Obat Tetes Hidung Ephedrine ?

Ephedrine ini hanya boleh digunakan pada orang dewasa dengan batas maksimal penggunaan selama tujuh hari . Durasi ini juga berlaku bagi anak-anak berusia 12 tahun atau lebih.

Jika anda memutuskan menggunakan obat ephedrine ini ada beberapa peringatan yang wajib dibaca dan dipahami terlebih dahulu,peringatan itu antara lain:

  1. Obat ini tidak boleh diberikan pada anak-anak yang masih berusia di bawah 12 tahun
  2. Bagi penderita tekanan hipertensi, ,gangguan ginjal, penyakit kardiovaskular, pembesaran kelenjar prostat, asmadiabetes,kelenjar tiroid hiperaktif, glaukoma, dan orang yang pernah atau baru operasi hidung harap berhati-hati dalam penggunaan obat ini.
  3. Jangan menggunakan obat jenis ini lebih dari tujuh hari kecuali atas petunjuk dokter.
  4. Bagi wanita hamil,menyusui atau yang sedang merencanakan kehamilan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan obat jenis ini.
  5. Jika terjadi reaksi overdosis atau alergi maka segeralah temui dokter.

Perlu diingat lagi bahwa dalam satu hari jangan menggunakan obat ephedrine ini lebih dari empat kali kecuali jika dokter menganjurkan demikian jangan menambah atau mengurangi dosis yang dianjurkan dokter atau sesuai dengan aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.

Cara Menggunakan Obat Ephedrine

Cara menggunakan Obat Tetes Hidung Ephedrine ini pun terbilang cukup mudah, yaitu:

  1. Hembuskan terlebih dahulu udara dari hidung perlahan-lahan, kemudian buka pipet dari botol kemudian isi setengah pipet dengan cara menekan karet pada pipet.
  2. Condongkan kepala ke belakang,secara perlahan masukan obat ke dalam masing-masing lubang hidung sebanyak satu sampai dua tetes dalam tahap ini hindari menyentuh pipet pada bagian hidung karena hal ini akan mengkontaminasi sisa obat yang masih ada.
  3. Setelah tetesan ephedrine masuk pertahankan dahulu posisi kepala miring ke belakang selama beberapa saat.

Jauhkan obat ini dari area sekitar mata dan jangan dibekukan jika obat ini sudah berusia dua bulan semenjak dibuka. Karena jika sudah lebih dari 2 bulan obat ini harus segera dibuang. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencatat kapan botol obat dibuka.

Untuk pasien yang kelupaan memakai ephedrine pada waktunya, dianjurkan agar segera menggunakanya begitu anda ingat. Jika jadwal dosis penggunaan berikutnya masih cukup jauh. Dan jangan sekali-kali anda menggunakan dosis ephedrine berlebih karena hal ini bisa berbahaya.

  • Efek Samping Obat Ephedrine

Obat ephedrine juga memiliki efek samping penggunaan, diantaranya yakni :

  1. Dapat menimbulkan rasa mual dan terjadi muntah-muntah
  2. Kehilangan selera makan.
  3. Sakit kepala.
  4. Terjadi gejala iritasi ringan pada hidung.
  5. Mulut akan terasa kering dan perasaan mudah haus.

Jika terjadi efek samping berkepanjangan dan mengganggu aktivitas anda atau bahkan anda jadi mengalami alergi setelah menggunakan obat Ephedrine. Segera pergi ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Obat ephedrine ini sendiri selain tersedia dalam bentuk cair (obat tetes hidung), juga terdiri dari kemasan ephedrine tablet  dan ephedrine injeksi.  Namun yang banyak digunakan adalah pada umumnya ialah ephedrin tetes.

  • Berapa Harga ephedrine di Apotik ?

Untuk Harga ephedrine di apotik untuk Produk Ephedrine HCL @25mg/botol ada di harga Rp 400.000,-

Nah, berikut itulah artikel mengenai Obat Tetes Hidung Ephedrine, semoga dapat menambah pengetahuan dan informasi kita mengenai obat-obatan yang ada.

Baca juga: Masuk Angin, Penyebab dan Gejala serta Cara Efektif Mengobatinya secara Alami