Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Mochtar Kusumaatmadja, RENSTRA dan Hugo de Groot)

Posted on

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli – Hubungan internasional bekaitan erat dengan hubungan diplomatik antar negara. Untuk memahami berbagai aspek dalam hubungan internasional, kita harus lebih dulu memahami berbagai pengertian hubungan internasional menurut para ahli untuk mengerti aspek-aspek pentingnya. Lalu, apa saja arti hubungan internasional menurut para ahli ini? seperti apa pula pengertian hubungan internasional menurut mochtar kusumaatmadja, renstra, encyclopedia americana dan hugo de groot? Bagaimana konsep dan definisi hubungan internasional itu? Lihat jawaban lengkapnya pada ulasan yang ada dibawah ini.

Hubungan Internasional Menurut Para Ahli, Encyclopedia Americana dan RENSTRA

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Mochtar Kusumaatmadja RENSTRA dan Hugo de Groot)
Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Mochtar Kusumaatmadja RENSTRA dan Hugo de Groot)

Mengetahui berbagai pengertian Hubungan internasional yang ada tentu saja akan menambah wawasan kita dalam memahami maksud dan tujuan hingga konsep dari hubungan internasional yang akan atau telah dilakukan oleh berbagai negara. Langsung saja berikut inilah pengertian-pengertian dari hubungan Internasional yang sebaiknya kamu ketahui.

  1. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Mochtar Kusumaatmadja

Pengertian hubungan internasional menurut para ahli yang pertama adalah menurut Mochtar Kusumaatmadja, salah satu tokoh politik Indonesia yang cukup terkenal. Pengertian hubungan internasional menurut Mochtar Kusumaatmadja adalah hubungan antar bangsa, peraturan-peraturan, dan kebiasaan-kebiasaan hukum yang merupakan kesepakatan bersama antar bangsa agar sama-sama berkembang. Kegiatan yang berkaitan dengan hubungan antar bangsa tersebut terdapat pada disiplin ilmu hukum internasional.

  1. RENSTRA (Buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI)

Pengertian hubungan internasional menurut RENSTRA adalah hubungan antar bangsa dengan berbagai aspek di dalamnya yang dilakukan negara dengan tujuan mencapai sebuah kepentingan nasional bagi negara tersebut. Hubungan internasional suatu negara dapat terlaksana jika negara tersebut sudah diakui kemerdekaan dan kedaulatannya baik secara de jure maupun de facto.

Hubungan internasional terjadi karena dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal adalah karena adanya sebuah kekhawatiran akan terancam hidupnya baik karena kudeta ataupun intervensi oleh negara lain. Sedangkan faktor eksternal adalah ketentuan yang tidak dapat dihindari bahwa suatu negara tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa adanya kerja sama dan bantuan negara lain.

Selain memuat tentang pengertian hubungan internasional, buku RENSTRA juga memuat manfaat hubungan internasional di berbagai bidang, antara lain membantu pertumbuhan berbagai sektor, meningkatkan fasilitas antar negara, menciptakan perdamaian, membantu perkembangan negara berkembang, dan menumbuhkan sikap peduli terhadap negara lain.

  1. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Hugo de Groot

Pengertian hubungan internasional menurut Hugo de Groot adalah hubungan yang berdasarkan kemauan bebas serta mendapatkan persetujuan dari beberapa negara atau bahkan semua negara. Hubungan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama dari negara yang sudah bersatu dalam satu ikatan.

  1. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Encyclopedia Americana

Pengertian hubungan internasional menurut Encyclopedia Americana adalah hubungan antar negara ataupun antara individu berbeda negara yang berupa hubungan ekonomi, politik serta hukum. Konsep hubungan internasional ini sangat berkaitan atau berhubungan erat dengan berbagai subjek seperti diplomasi, organisasi, politik internasional, dan hukum internasional.

Hubungan internasional dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Hubungan tersebut terjadi atas adanya prakarsa dari seorang individu, atau organisasi non-pemerintah melalui organisasi resmi yang sudah diatur oleh negara. Bentuk dari hubungan internasional berupa hubungan individu, hubungan antar kelompok, serta antar negara. Definisi hubungan internasional ini dapat berupa hubungan persahabatan bahkan permusuhan.

Hubungan internasional sangat penting bagi sebuah negara karena negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya pengakuan dan bantuan dari negara lain. Beberapa pengertian hubungan internasional menurut para ahli tersebut dapat menjadi gambaran tentang konsep dasar dan berbagai aspek penting dalam hubungan internasional yang penting untuk diketahui.

Baca: Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini