Penting! Inilah Dampak Buruk Ibu Hamil Kekurangan Gizi

Posted on

Memperhatikan asupan gizi ibu hamil baik pada trimester 1,2 dan 3 sangatlah penting sekali sebab jika tidak diperhatikan akan menimbulkan dampak buruk ibu hamil kekurangan gizi. Jika seperti ini dampak kekurangan gizi pada ibu hamil tidak hanya pada ibu hamil itu saja yang beriko kesehatannya terganggu. Namun sang bayi yang ada didalam kandungan juga berisiko mengalami gangguan kesehatan. Oleh karena itulah semua kebutuhan gizi ibu hamil harus tercukupi dengan baik. Jika tidak, bisa memicu timbulnya dampak buruk akibat kekurangan gizi pada ibu hamil.

Dampak Buruk Ibu Hamil Kekurangan Gizi
Dampak Buruk Ibu Hamil Kekurangan Gizi

Lantas, apa saja dampak buruk yang akan terjadi jika ibu hamil ini kekurangan gizi? Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan yang ada dibawah ini!

Ini beberapa Dampak buruk ibu hamil kekurangan gizi

  • Down sindrome (keterbelakangan mental) pada anak yang dikandungnya

Adapun salah satu efek samping ibu hamil kekurangan gizi adalah mengalami down sindrome. Sehingga pada saat hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan banyak mengandung berbagai gizi. Mengapa? karena kebutuhan ibu hamil lebih banyak gizi dibandingkan dengan ia saat tidak mengandung. Oleh karena itulah jika sedang hamil kebutuhan gizinya 2 kali lipat tidak seperti biasanya. Jadi supaya bayi Anda tidak mengalami keterbelakangan mental maka cukupi kebutuhan gizinya dengan baik.

  • Akibat kekurangan gizi pada ibu hamil, Pertumbuhan anak lambat

Efek samping ibu hamil kekurangan gizi lainnya adalah bayi mengalami pertumbuhan yang lambat. Penyebabnya karena kandungan asupan makanan yang diberikan pada bayi tidak terpenuhi dengan baik. Hasilnya menimbulkan masalah keterlambatan pada masa pertumbuhan sang bayi. Masalah ini bukan hanya itu saja namun bayi juga mengamai penglihatan buruk, anemia dan kesulitan saat belajar. Nah supaya hal yang seperti tersebut jauh dari bayi Anda maka konsumsi makanan bergizi.

  • Dampak kekurangan gizi, ibu hamil mengalami Malnutrisi

Bahaya ibu hamil kekurangan gizi yang akan timbul lainnya yakni malnutrisi. Pada dasarnya ibu hamil yang mengalami malnutrisi ini akan berisiko rentan terserang berbagai penyakit. Sehingga berakibat membahayakan dirinya juga pada bayi yang dikandungan. Mengapa? sebab organ janin yang terdapat didalam rahimnya tidak bisa difungsikan dengan baik. Alhasil sang ibu ini mengalami malnutrisi saat ia hamil.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai masalah dampak buruk ibu hamil kekurangan gizi. Agar ibu hamil tidak kekurangan gizi, perbanyaklah konsumsi makanan ibu hamil yang disarankan. Wajib Dibaca! Jenis Pantangan Ibu Hamil Muda