Penyakit Batu Empedu: Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Secara Alamiah

Posted on

Nurulku.com – Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Batu Empedu? Sebelum membahas itu lebih jauh, akan coba diulas terlebih dulu mengenai Empedu. Apa sih itu? Empedu adalah cairan dalam kantong empedu yang berperan dalam pencernaan lemak,jika cairan ini mengeras maka akan membentuk batu empedu dan harus diobati menggunakan obat khusus yaitu obat batu empedu. Ukuran batu empedu itu sendiri bermacam-macam ada yang kecil seperti butiran pasir dan ada pula yang sebesar bola ping pong jumlahnya pun ikut bervariasi ada yang hanya memiliki satu buah namun ada pula yang memiliki banyak.

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Penyakit Batu Empedu: Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Secara Alamiah
Penyakit Batu Empedu: Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Secara Alamiah

Penyebab terbentuknya penyakit batu empedu ini adalah akibat dari pengerasan kolestrol yang tertimbun dalam cairan empedu karena terjadi ketidakseimbangan antara kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut. Batu empedu ini biasanya tidak terasa sakit.

Ada berbagai faktor yang dapat menimbulkan atau meningkatkan resiko terkena batu empedu yaitu:

  1. Faktor usia,penyakit ini sering dialami oleh orang yang berusia di atas 40 tahun makadari itu penggunaan obat batu empedu sangat tinggi pada orang usia tersebut.
  2. Dampak melahirkan,meningkatnya kadar kolestrol akibat perubahan hormon selama kehamilan.
  3. Pengaruh berat badan atau obesitas
  4. Jenis kelamin,wanita memiliki resiko dua kali lebih tinggi terkena batu empedu daripada laki-laki.

Jika gejala penyakit ini terasa mengganggu aktivitas anda maka perlu adanya penanganan pengobatan seperti memberikan obat batu empedu namun jika pemberian obat masih belum berfungsi perlu adanya tindak lanjut dari kedokteran seperti dengan melakukan operasi untuk mengeluarkan batu empedu yang ada.

Berikut ini adalah tanda-tanda munculnya penyakit batu empedu yang dirasakan seseorang:

  1. Rasa nyeri pada bagian perut dan punggung bagian atas rasa sakit ini akan berlangsung selama beberapa jam.
  2. Perasaan mual dan ingin muntah.
  3. Adanya masalah dalam sistem pencernaan seperti rasa mulas dan perut yang terasa bergas.
  • Gejala Penyakit Batu Empedu

Selain itu penyakit batu empedu ini juga ditandai dengan gejala-gejala yang sangat mirip dengan flu seperti menggigil,keringat dingin dan juga demam yang dapat terjadi bebarengan dengan rasa sakit yang muncul pada perut. Pada beberapa kasus penyakit ini hadir tanpa ditandai dengan adanya gejala seperti yang disebutkan di atas biasanya rasa nyeri akan timbul saat mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

  • Cara Mengobati penyakit batu empedu

Cara pengobatan batu empedu ini selain menggunakan obat batu empedu juga dapat diatasi menggunakan bahan-bahan alami seperti:

  1. Buah apel,anda dapat menggunakan jenis buah apel apa saja namun dalam pengkonsumsiannya hendaknya dikupas terlebih dahulu karena ditakutkan pada kulit buah apel terdapat pestisida atau lilin.
  2. Meminum air putih yang cukup,minumlah air putih minimal 8 gelas sehari selain untuk menyembuhkan hal ini juga dapat membantu mencegah timbulnya batu empedu.
  3. Minyak zaitun,dengan mencampurkan minyak zaitun pada perasaan air jeruk nipis kemudian minum larutan ini secara terus menerus untuk emmecahkan batu empedu.

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab penyakit batu empedu berasal dari kolestrol yang menumpuk pada empedu dan membatu sementara itu. Untuk pengobatan nya sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan obat batu empedu maupun dengan cara menghilangkan batu empedu secara alamiah proses pengobatannya pun  mudah seperti salah satu contoh adalah pengobatan batu empedu dengan minyak zaitun cukup mencampurkannya dengan perasaan jeruk nipis kemudian diminum.

Obat batu empedu di apotik pun terjual bebas dan sangat banyak sekali cukup dengan menunjukan resep dokter maka anda akan mendapatkan obat dengan mudah. Untuk menghancurkan batu empedu pun sebenarnya cara yang paling sederhana ialah cukup dengan meminum air putih secara rutin

Baca juga: Penyakit Liver: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya dengan Herbal Alami