Penyakit Liver: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya dengan Herbal Alami

Posted on
Penyakit Liver
Penyakit Liver

Liver atau hati merupakan salah satu bagian organ dalam yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi utama hati adalag untuk melakukan detoksifikasi, membentuk antibody untuk perlindungan tubuh serta untuk mengatur metabolism tubuh. Oleh sebab itu, sudah pasti anda perlu untuk menjaga kesehatan organ tersebut. Sayangnya, menjaga kesehatan di tengah padatnya aktivitas tentunya bukan sebuah hal yang mudah, sebab tanpa sadar anda terlalu banyak beraktivitas, dan hal tersebut membuat liver anda akan bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Bila liver bekerja melebihi kapasitasnya maka resiko anda akan mengalami penyakit liver semakin besar.

Berdasarkan ulasan singkat diatas maka dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebab penyakit liver adalah karena anda terlalu banyak beraktifitas, namun selain itu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit liver, diantaranya seperti virus atau bakteri, makanan yang tidak higienis, mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan, terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, hingga karena kelainan hati bawaan yang didapatkan sejak lahir.

Setelah mengetahui penyebab dari penyakit liver, maka sebaiknya anda mengetahui apa saja gejala yang harus anda waspadai. Ada beberapa gejala penyakit liver yang perlu anda ketahui :

  • Bila liver seseorang mulai bermasalah maka biasanya akan terjadi perubahan warna pada tubuh orang tersebut, mulai dari warna mata hingga kulit yang berubah menjadi kekuningan, oleh sebab itu kebanyakan orang juga menjuluki penyakit ini sebagai penyakit kuning.
  • Selain perubahan warna mata dan kulit, biasanya orang yang menderita penyakit liver, bagian perutnya akan membuncit. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pembengkakan di area bawah tulang rusuk
  • Meskipun warna mata dan kulit cenderung berubah kekuningan, namun pada bagian kuku warnanya berubah menjadi keputihan dan bentuk kuku pun terlihat lebih melengkung
  • Karena tubuh kekurangan protein, maka pasien liver akan cenderung lebih sering mimisan

Agar seseorang dapat terhindar dari penyakit yang merusak hati ini, maka ada beberapa cara mencegah penyakit liver, diantaranya seperti, selalu menjaga kebersihan tidak hanya kebersihan tubuh, namun juga kebersihan lingkungan sekitar, menjaga keseimbangan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, menghindari menggunakan peralatan pribadi orang lain, khususnya yang mudah menyebarkan virus, contohnya seperti alat cukur, handuk, gunting kuku dan lain sebagainya.

Namun, bila anda sudah terlanjur menderita penyakit liver, maka selain harus menjalani perawatan medis, sebaiknya anda juga melengkapinya dengan mengkonsumsi herbal alami untuk membantu proses pengobatan penyakit liver, seperti berikut ini :

  • Temulawak

    Selain untuk membantu proses pengobatan penyakit liver, temulawak biasanya juga digunakan sebagai herbal alami untuk mencegah penyakit liver. Temulawak yang kaya akan Curcumin bermanfaat sebagai anti inflamasi sehingga mampu melindungi hati dari inflamasi (peradangan)

  • Kunyit

    Selain temulawak, kunyit juga mengandung Curcummin yang berkhasiat untuk melindungi hati dari peradangan

  • Pegagan

    Pegagan mengandung beragam senyawa penting seperti asiaticoside, brahmic acid, natrium, magnesium dan zat samak yang dapat membantu proses regenerasi sel-sel liver yang rusak sehingga dapat sehat kembali. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu merebus 15 daun pegagan yang telah dicuci bersih dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih. Minum air rebusan daun pegagan secara rutin, dua kali dalam sehari.

  • Sambiloto

    Sambiloto mengandung zat andrographolid yang mampu merusak inti sel tumor sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh, bukan hanya itu saja, sambiloto juga dapat merangsang fagositosis sehingga sel dapat membunuh benda asing seperti bakteri dan virus.

Itulah beberapa hal penting yang perlu anda ketahui mengenai penyakit liver. Semoga setelah anda membaca artikel ini, anda akan lebih memahami mengenai penyakit yang tergolong sebagai penyakit yang membahayakan jiwa ini.