Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dilengkapi Pengertian Keduanya

Posted on

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme pasti seringkali ditanyakan atau muncul dalam soal bagi kamu yang sedang belaajar ilmu pengetahuan sejarah. Meskipun memiliki pengertian yang kurang lebih sama, perbedaan kolonialisme dan imperialisme sebenarnya bisa dilihat dari tujuannya. Agar dapat lebih paham mengenai perbedaan diantara keduanya, maka terlebih dahulu kamu harus paham Pengertian Kolonialisme dan Pengertian Imperialisme. Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja dilihat dibawah ini ya penjelasan dan perbedaan masing-masing.

Pengertian serta Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dilengkapi Pengertian Keduanya
Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dilengkapi Pengertian Keduanya

Patut diketahui, penjajahan suatu wilayah oleh negara yang lebih kuat merupakan hal yang lazim pada zaman dahulu. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan negaranya atas sumber daya yang tidak dimilikinya. Lalu, muncullah istilah kolonialisme dan imperialisme.

  • Pengertian Kolonialisme

Kolonialisme berasal dari bahasa latin, Colonus (colonia), yang memiliki arti pemukiman. Singkatnya, pengertian kolonialisme adalah sebuah usaha dalam melebarkan kekuasaan suatu wilayah atau negara ke wilayah lainnya. Tujuan dilakukannya kolonialisme adalah untuk mengambil alih sektor perekonomian, seperti perdagangan, dan sumber daya, baik manusia maupun alam yang dimiliki oleh wilayah atau negara lain. Hal inilah yang menjadi patokan perbedaan kolonialisme dan imperialisme nantinya.

Kolonialisme sudah dilakukan sejak lama. Negara-negara dengan kemampuan militer yang kuat seperti Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris menguasai negara yang memiliki sumber daya yang melimpah namun lemah dari sisi militernya, seperti Indonesia pada saat itu. Semua sektor perekonomian negara koloni akan diambil paksa dan memberikan keuntungan yang besar bagi negara-negara penjajah.

  • Pengertian Imperialisme

Imperialisme berasal dari bahasa latin, Imperare, yang berarti memerintah. Dapat disimpulkan bahwa pengertian imperialisme adalah sebuah sistem yang dijalankan pada dunia politik yang memiliki tujuan menguasai wilayah/negara lain untuk mengambil berbagai keuntungan dan kekuasaan dari wilayah yang dikuasai tersebut. Meskipun sudah ada sejak zaman dahulu, namun istilah ini baru dicetuskan pada abad ke 19 oleh Perdana Menteri Inggris saat itu, Benjamin Disraeli.

Imperialisme sendiri dapat dibedakan menjadi dua pengertian, yakni berdasarkan waktu dan tujuan.

  • Imperialisme Berdasarkan Waktu
  • Imperialisme Kuno, terjadi sebelum adanya revolusi industri Inggris dengan mengusung tujuan 3G, yakni Gold (kekayaan), Gospel (penyebaran agama), dan Glory (kejayaan).
  • Imperialisme Modern, terjadi setelah adanya revolusi industri dengan mengusung tujuan membenahi perekonomian dan kebutuhan dalam perindustrian.
  • Imperialisme Berdasarkan Tujuan
  • Imperialisme Politik
  • Imperialisme Ekonomi
  • Imperialisme Kebudayaan
  • Imperialisme Militer

Perbedaan antara Kolonialisme dan Imperialisme

Berdasarkan pengertian kolonialisme dan imperialisme yang telah dijelaskan di atas, maka ada beberapa perbedaan yang dimiliki kolonialisme dan imperialisme.

  1. Kolonialisme memiliki tujuan mengambil kekuasaan negara lain dan menguras sumber daya yang dimiliki negara koloni untuk keuntungan bagi negara yang menguasai.
  2. Imperialisme memiliki tujuan memberikan pengaruh dalam semua aspek kehidupan dari Negara yang dikuasai.

Pengertian yang telah dijabarkan di atas membuktikan bahwa ada perbedaan yang mencolok antara kolonialisme dan imperialisme. Perbedaan dapat dilihat dari tujuannya, di mana kolonialisme hanya menguasai sumber daya untuk keuntungan negaranya, sedangkan imperialisme menguasai keseluruhan aspek hidup yang dimiliki negara lain. Jadi, meskipun memiliki pengertian yang sama, perbedaan kolonialisme dan imperialisme cukup signifikan.

Bagaimana, apa sekarang kamu sudah paham Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme setelah membaca uraian diatas? Semoga sudah paham ya, karena pengertian Kolonialisme dan Pengertian Imperialisme nya pun sudah kami berikan guna memperdalam pengetahuan untuk mencari dan membandingkan perbedaan keduanya.

Baca: Pencipta Lagu Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa dan Bagimu Negeri serta Tahunnya