Perubahan Tiap Trimester di Masa Kehamilan

Posted on
Perubahan Tiap Trimester di Masa Kehamilan
Perubahan Tiap Trimester di Masa Kehamilan

Perubahan Tiap Trimester di Masa Kehamilan – Masa kehamilan pada umumnya berlangsung selama 283 hari. Masa ini biasanya dibagi menjadi 3 fase penting perkembangan janin dan perubahan saat hamil yang terjadi pada diri Anda. Fase ini sering dikenal dengan istilah Trimester.

Masa kehamilan yang tengah Anda jalani akan membuat banyak perubahan pada diri Anda secara fisik maupun emosi. Beberapa perubahan tubuh tidak terasa atau tampak. Beberapa perubahan tubuh cukup mengganggu Anda dan beberapa perubahan tidak mengganggu. Perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan tersebut merupakan hal yang normal. Dan perubahan tersebut akan berbeda-beda untuk setiap trimester yang Anda lalui.

Berikut ini penjabaran tentang fase kehamilan mulai dari Trimester pertama hingga trimester ketiga bagi para Ibu hamil agar lebih siap dalam memasuki fase-fase tersebut.

 

Trimester pertama

Pada trimester pertama, Perubahan mencolok yang akan Anda rasakan umumnya berupa gejolak emosi. Sadar atau tidak, Anda mungkin akan mengalami suasana hati yang berubah drastis, dari semula merasa senang tiba-tiba berubah menjadi sedih, khawatir, tertekan, dan bahkan bisa sampai menangis tersedu-sedu. Perubahan emosial ini terjadi jauh sebelum Anda merasakan adanya perubahan fisik Anda.

Sejak awal kehamilan, sesungguhnya di dalam tubuh Anda sudah terjadi banyak perubahan. Setelah usia kehamilan lewat dari satu bulan, Anda mungkin baru akan merasakan beberapa perubahan fisik yang nyata, seperti payudara yang membesar dan mengencang, sering buang air kecil, mudah letih dan lelah, sesak napas, sering merasa mual, pusing dan muntah. Keluhan-keluhan tersebut biasanya muncul pada pagi hari yang sering dikenal sebagai morning sickness.

Memasuki bulan ke-3, selain payudara Anda yang membesar, sebagian besar wajah ibu hamil menjadi berjerawat, leher terlihat berwarna kehitam-hitaman, dan perut pun semakin menonjol. Untuk mengatasi berbagai perubahan tersebut, sebaiknya atur dan pertahankan pola makan Anda. Usahakan agar berbagai kebutuhan zat gizi selalu tercukupi dalam makanan ibu hamil. Juga bila memungkinkan, teruskan kebiasaan berolah raga ringan secara teratur agar tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

 

Trimester kedua

Pada trimester ini, Anda akan mulai dapat menikmati masa kehamilan yang sedang Anda jalani. Sebab, biasanya rasa pusing, mual, muntah-muntah, dan mudah lelah sudah menghilang sejalan dengan bertambah besarnya janin. Saat ini emosi Anda juga sudah relatif lebih stabil. Selain itu, dalam trimester ini perut Anda belum terlalu besar, sehingga Anda masih dapat melakukan berbagai aktivitas seperti sedia kala dengan leluasa.

Kini, janin Anda sudah bertambah besar, sehingga Anda mulai dapat merasakan keberadaannya melalui gerakan maupun besar tubuhnya. Kenyamanan yang Anda rsakan saat ini membuat hubungan Anda dan suami akan mesra kembali. Namun, semua keadaan menyenangkan yang tengah Anda nikmati saat ini, ditambah dengan nafsu makan yang pulih karena hilangnya rasa mual, jangan sampai membuat Anda jadi makan secara berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan berat badan Anda melonjak drastis.

Baca juga: Ini Dia Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Trisemester Kedua

Trimester ketiga

Memasuki bulan ke-7, berbagai masalah fisik mulai bermunculan. Semua itu terjadi karena janin yang kian membesar, mendesak beberapa organ tubuh yang berada di dekat atau di sekitar janin. Juga, terjadinya berbagai perubahan fisik dan kadar hormon ikut memicu timbulnya sejumlah keluhan. Misalnya, timbulnya nyeri dan pegal pada pinggang atau sesak napas.Sehingga perlunya untuk menjaga kesehatan ibu hamil

kesehatan ibu hamil
kesehatan ibu hamil

Ibu hamil juga lebih sering berkeringat karena terjadi pelebaran pembuluh darah pada kulit yang dapat menimbulkan keluhan gatal-gatal. Selain itu, Anda pun perlu bersiap-siap mengalami pembengkakan akibat penimbunan cairan tubuh pada kaki dan tangan atau tonjolan-tonjolan pembuluh darah yang sering disebut dengan varises.

Untuk menghadapi berbagai keluhan tersebut, berusahalah untuk menjalankan pola hidup sehat. Termasuk lakukan latihan-latihan ringan secara rutin sesuai saran dokter. Kebiasaan untuk mengemil yang kini meningkat, sebaiknya diantisipasi dengan mengosumsi buah-buahan dan sayuran sebagai sumber serat.

Ketika hari-H melahirkan sudah semakin dekat, lakukanlah latihan pernapasan dan relaksasi secara rutin. Latihan pernapasan ini akan sangat membantu Anda pada saat persalinan berlangsung (IBU HAMIL MELAHIRKAN) , yakni ketika Anda harus mengejan untuk mengeluarkan si kecil yang akan lahir ke dunia.

Baca juga: Yuk, Kenali Keluhan pada Ibu Hamil Trimester 3 dan Cara Mengatasinya