PPKI Dibentuk pada Tanggal Berapa? Tugas, Tujuan, Anggota dan Pembubarannya

Posted on

PPKI Dibentuk pada Tanggal Berapa? Jika kamu merupakan pelajas SMP ataupun SMA yang tengah belajar Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya soal sejarah pasti sering mendapatkan pertanyaan seperti ini. Tak hanya itu saja biasanya juga akan ditanyakan siapa ketua ppki, tujuan ppki tersebut didirikan, siapa saja nama-nama anggota ppki dan apa tugas ppki ini. Jika paham soal tugasnya tentu kamu akan mengetahui juga sidang ppki ini membahas soal apa. Dan yang terakhir yang tak kalah seringnya ditanyakan juga ialah pembubaran PPKI pada tanggal berapa? Buat kamu yang masih belum mengetahuinya secara jelas dan terperinci, atau malas untuk membaca buku sejarah bisa melihat jawabannya dibawah ini.

 

Pembentukan PPKI, Tugas, Anggota dan Tanggal Pembubaran

PPKI Dibentuk pada Tanggal Berapa - Tugas Tujuan Anggota dan Pembubarannya
PPKI Dibentuk pada Tanggal Berapa – Tugas Tujuan Anggota dan Pembubarannya
  • Apa itu PPKI?

PPKI adalah suatu panitia yang berdiri untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

  • Tanggal berapa PPKI Dibentuk

PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dan diketuai oleh Ir. Soekarno. Sebelum itu, sudah ada panitia persiapan kemerdekaan yang dinamai BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Namun, BPUPKI telah menyelesaikan UUD dan tugasnya kemudian dilanjutkan oleh PPKI.  Berikut adalah fakta-fakta dari sepenggal sejarah PPKI:

  • Tugas PPKI

Setelah BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945, PPKI pun lahir di hari yang sama untuk melanjutkan tugas BPUPKI. BPUPKI dibentuk untuk membuat dasar-dasar negara, yang berujung pada Piagam Jakarta. Setelah tugas BPUPKI selesai, PPKI dibentuk pada tanggal yang sama dengan bubarnya BPUPKI dan bertugas untuk melanjutkan pembentukan undang-undang dasar negara Indonesia.

Selain itu, tugas PPKI juga termasuk memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan Moh. Hatta, serta membentuk komite untuk membantu presiden. Jadi, tujuan PPKI adalah untuk menyiapkan perpindahan kekuasaan dari pihak pemerintah Jepang kepada Indonesia, serta untuk menyiapkan hal-hal yang dapat menopang negara Indonesia sebagai negara baru.

  • Anggota PPKI

PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia memiliki anggota yang terdiri dari tokoh utama pergerakan Indonesia yang datang dari berbagai etnis dan pulau di Indonesia. Anggota PPKI ini berjumlah 21 orang yaitu 12 orang Jawa, dua orang Sulawesi, satu orang Kalimantan, tiga orang Sumatra, satu orang Maluku, satu orang Nusa Tenggara (Sunda Kecil pada saat itu), dan satu orang etnis Tionghoa. Ir. Soekarno pada saat itu menjabat sebagai ketua PPKI dan Moh. Hatta sebagai wakilnya.

Untuk jelaskan keanggotaan PPKI lebih lanjut, maka perlu digaris-bawahi bahwa PPKI beranggotakan beberapa tokoh yang penting pada masa itu. Tanpa sepengetahuan Jepang, anggota PPKI pun ditambah tokoh-tokoh krusial yang berjumlah enam orang yaitu Ki Hadjar Dewantara, Wiranatakoesoema, Mohamad Ibnu Sayuti Melik, Mr. Kasman Singodimedjo, Iwa Koesoemasoemantri, dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo yang ditunjuk sebagai penasihat ketua dan wakil.

  • Pembubaran PPKI

Pembubaran PPKI dimulai saat para pemuda mendesak Ir Soekarno dan Moh. Hatta untuk melaksanakan proklamasi tanpa campur tangan Jepang. Namun, permintaan tersebut ditolak. Kemudian para pemuda menculik Ir Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok untuk menjauhkan campur tangan Jepang.

Penculikan ini membuahkan hasil, yaitu persetujuan Soekarno untuk memproklamasikan kemerdekaan tanpa campur tangan Jepang. Setelah naskah proklamasi dibacakan, terjadilah sidang PPKI yang menghasilkan UUD 1945, pemilihan presiden dan wakil presiden RI, serta pembentukan komite nasional untuk membantu presiden. Dengan demikian, berakhirlah tugas PPKI dan PPKI dibubarkan pada tanggal 29 Agustus 1945.

  • Tujuan PPKI

PPKI bertujuan untuk memindahkan kekuasaan pemerintahan Jepang kepada Indonesia, namun dibalik itu masih ada campur tangan Jepang. Meskipun PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dan dibubarkan 22 hari kemudian, jasa dari kepanitiaan ini menghasilkan kemerdekaan bangsa Indonesia yang masih dapat kita nikmati hingga saat ini.

Nah, itu dia berbagai jawaban dari pertanyaan PPKI Dibentuk pada Tanggal Berapa hingga Tugas, Tujuan, Anggota dan tanggal Pembubaran PPKI yang dapat kita ketahui bersama. Semoga dengan membaca dan memahami tulisan penjelasan yang ada diatas, dapat membuat kamu menjawab semua pertanyaan terkait PPKI ini ya.

Baca: 2 Cara Memberi Perhatian Pada Wanita atau Pacar! Dijamin DIA makin CINTA